July 21, 2017

Apa Manfaat Layar Kecil di Sisi Belakang Meizu Pro 7?

Penulis: Iwan RS
Apa Manfaat Layar Kecil di Sisi Belakang Meizu Pro 7?  

MOBITEKNO – Meizu, salah satu vendor asal Tiongkok akan mirilis produk flagship terbarunya, Meizu Pro 7, dalam waktu dekat ini. Berdasarkan poster yang telah beredar, jadwal acaranya akan digelar di Opera House, China pada 26 Juli 2017 nanti.

Sebagai produk flagship pertamanya di tahun 2017, Meizu Pro 7 mengusung spesifikasi, layar Full-HD SAMOLED 5,2 inci  (1080p), prosesor deca-core (10 core) Mediatek MT6799 Helio X30, kamera ganda utama 12 MP, kamera depan 16 MP, fingerprint scanner (depan), port USB Type-C, dan audio (headphone) jack 3,5 mm.

""

Selain model Pro 7 standar seharga 2,799 Yuan (sekitar US$ 412), Meizu juga dilaporkan akan merilis model dengan layar lebih besar, Meizu Pro 7 Plus, seharga 3,299-3,799 Yuan (US$ 485-US$ 559).

Berdasarkan berbagai bocoran selama ini, Meizu Pro 7 memiliki satu keunikan tersendiri yaitu layar kecil keduanya (secondary display) yang berada di sisi belakang. Dari video yang beredar selama ini, layar LCD berwarna tersebut terletak di bawah kamera ganda dan dual LED flash.

Dari sisi desain, penempatan layar kecil (sekitar 2 inci) ini tentu saja menimbulkan pertanyaan karena tidak lazim dan terlihat kurang estetis. Penempatan layar kedua di sisi belakang bukan pertama kali dilakukan di smartphone. Sebelumnya, produsen asal Rusia, Yota, sudah membuat layar di sis belakang pada smartphone YotaPhone.

""

Berdasarkan smartphone YotaPhone yang sudah memasuki tiga generasi ini, setidaknya ada dua manfaat dari layar kedua pada Meizu Pro 7 ini yang cukup berguna bagi pengguna. Apakah nantinya ada manfaat baru lain yang dihadirkan Meizu, dapat diketahui setelah samrpthone ii resmi diluncrukan nanti.

Manfaat pertama tentunya adalah efisiensi baterai yang lebih baik. Ukuran layar yang lebih kecil tentu akan berdampak pada pemakaian daya yang lebih rendah. Layar kedua Meizu Pro 7 yang relatif kecil ini (sekitar 2 inci) dapat digunakan untuk menjalankan aplikasi/game dan melihat berbagai notifikasi sistem. Metode layar kedua yang kecil dan hemat daya juga diterapkan LG pada seri V10/V20 untuk menampilkan berbagai notifikasi sistem.

Manfaat kedua meski tidak kalah penting, mungkin tidak berlaku bagi semua orang. Bagi penggemar selfie, layar kedua berguna sebagai viewfinder untuk melakukan sefie dengan kamera utama (belakang) seperti yang sudah dipakai oleh pengguna YotaPhone selama ini. Bagaimana meurut Anda, cukup berguna layar kedua ini?

Tags: , , , , , , , , , ,


COMMENTS