June 21, 2017

Firefox Focus: Browser Android ini Andalkan Fitur Minimalis dan Privasi Pengguna

Penulis: Iwan RS
Firefox Focus: Browser Android ini Andalkan Fitur Minimalis dan Privasi Pengguna  

MOBITEKNO –¬†Mozilla meluncurkan browser terbarunya untuk platform Android, Firefox Focus. Mobile browser dengan interface minimalis ini disebut sudah menyediakan fitur ad blocker terintegrasi dan mode private browsing’ yang selalu aktif (always-on).

Firefox Focus versi Android ini hadir setelah versi iOS-nya sudah dirilis delapan bulan lalu (November 2016). Menurut Mozilla, versi Androdi ini dibuat setelah mereka mendapat respons yang sangat positif dari pengguna Firefox Focus versi iOS.

Kedua browser beda platform ini pada dasarnya memiliki fitur identik, seperti interface yang sangat simpel. Itu artinya, berbeda dengan browser Firefox terdahulu, Focus tidak menampilkan berbagai elemen GUI yang dianggap mengganggu kenyamanan pengguna dalam berselancar di perangkat mobile.

Seberapa ringkas interface-nya? Browser Firefox Focus hanya berwujud sebuah browser frame dan menu yang ada di kanan atas. ‘Kesederhanaannya’ juga terlihat pada tidak adanya fitur bookmark atau multi-tab.

Saat pertama kali dijalankan, mode Private Browsing akan langsung diaktifkan. Setelah browser ditutup, semua URL webste, cookies, dan jejak (histories) digital pengguna akan secara otomatios dihapus.

Mozilla menargetkan Firefox Focus sebagai browser bagi untuk pengguna yang sangat peduli dengan privasi dan keamanan, sedangkan browser Firefox standar Android untuk pengguna yang membutuhkan fitur yang lebih lengkap.

Selain fitur untuk menjaga privasi pengguna, Firefox Focus juga sudah mengintegrasikan fitur ad-block yang bukan hanya memblokir iklan, tapi juga ad trackers, analytics trackers, social trackers, web font, dan kompoenen lainnya yang dianggap memboroskan data.

Apabila halaman web yang ditampilkan browser kurang sempurna, fitur ad blocker dapat dinonaktifkan via menu ‘Settings’. Dengan fitur minimlais dan kesederhanaan interface-nya, Mozilla optimis browser ini akan diserposn pengguna. Browser Firefox Focus dapat diunduh dari PLay Store dari URL ini.

Tags: , , , , ,


COMMENTS