May 21, 2017

Tiga Bulan Bergulir, Inilah Keberhasilan ‘Grab 4 Indonesia’

Penulis: Eko Lannueardy
Tiga Bulan Bergulir, Inilah Keberhasilan ‘Grab 4 Indonesia’  

MOBITEKNO – Grab kembali menunjukkan komitmennya di Indonesia dengan memaparkan sejumlah target yang terangkum dalam master plan 2020 'Grab 4 Indonesia'.

Sejak mengumumkan 'Grab 4 Indonesia' yang pertama kali pada tiga bulan lalu, Grab telah membuka pusat R&D di Jakarta dengan merangkul ratusan engineers.

Tak hanya membuka R&D, Grab juga mengakuisisi Kudo, salah satu startup O2O di Indonesia dan mengintegrasikannya secara penuh ke dalam sistem yang dikembangkan oleh Grab.

Dijelaskan oleh Anthony Tan, Group CEO dan Co-founder Grab bahwa sejumlah uang telah diinvestasikan oleh Grab ke dalam 'Grab 4 Indonesia'.

"Sebagai perusahaan global, tentu saja tak hanya sebatas modal yang kami investasikan. Kami juga memiliki tanggung jawab untuk berbagi ketrampilan teknologi terdepan," ungkap Anthony.

Bahkan Anthony juga menegaskan bahwa Grab telah berinvestasi untuk membentuk talenta engineering lokal yang mumpuni serta menciptakan jutaan wirausahawan mikro.

Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia juga menyambut gembira langkah-langkah yang dilakukan oleh Grab di Indonesia.

Ia menuturkan bahwa untuk mewujudkan visi Indonesia, terutama dalam hal "Digital Economy 2020", masyarakat dan sektor swasta harus bisa bekerja sama dengan baik.

"Kolaborasi Grab dengan Kudo dan membangun R&D di Jakarta sebagai upaya untuk mendorong kemajuan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja di Indonesia. Ini contoh yang patut kita tiru," ujar Rudiantara.

Ditambahkan oleh Rudiantara, pengembangan R&D di Jakarta oleh Grab juga menjadi contoh bahwa tenaga IT di Indonesia patut diperhitungkan dan diharapkan jadi pemain utama di wilayah Asia Tenggara.

Dengan berhasilnya pencapaian 'Grab 4 Indonesia' dalam waktu tiga bulan, Grab menargetkan hingga 2018 mampu melahirkan 5 juta wirausahawan mikro di Indonesia.

Target lainnya yang masih berkaitan dengan 'Grab 4 Indonesia' adalah meningkatkan jumlah tenaga kerja Indonesia dalam sektor teknologi menjadi ratusan orang hingga akhir tahun ini.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS