May 21, 2017

Digital Hub BSD City Dapat Dukungan dari Vendor IT Multinasional

Penulis: Karyo
Digital Hub BSD City Dapat Dukungan dari Vendor IT Multinasional  

MOBITEKNO – Ambisi Sinar Mas Land ( SML ) untuk menghadirkan Silicon Valley di Indonesia, rupanya kini mendekati kenyataan. Pasalnya, kawasan Digital Hub yang digagas beberapa waktu lalu sebagai Silicon Valley ini, kini telah menunjukan perwujuadan yang nyata. Pasalnya, fasilitas bangunan fisik Silicon Valley ini baru saja dilakukan groundbreaking.

Acara groundbreaking menandakan secara simbolis dimulainya pembangunan kawasan Digital Hub seluas 25,86 Ha di bagian selatan Green Office Park, BSD City. Digital Hub yang merupakan inovasi Sinar Mas Land untuk mewujudkan transformasi BSD City sebagai integrated smart digital city di Tanah Air.

 Kawasan Digital Hub diperuntukan bagi perusahaan start up company, technology leaders, hingga institusi pendidikan yang bergerak di bidang IT Science. Dalam membangun kawasan tersebut, Sinar Mas Land menggandeng NBBJ sebuah konsultan arsitek terkemuka dunia yang kerap mendesign sejumlah kantor perusahaan IT dunia seperti Amazon dan markas Samsung di Amerika Serikat. Proyek kawasan Digital Hub yang menelan biaya hingga Rp 7 Triliun ini akan dilengkapi dengan berbagai macam infrastruktur teknologi canggih untuk menjawab kebutuhan masyarakat di era teknologi digital,

Kawasan yang didedikasikan sebagai ‘Silicon Valley’ nya Indonesia ini dipersembahkan khusus untuk menunjang operasional dan aktivitas keseharian perusahaan berbasis teknologi dan digital, mulai dari startups company, technology leaders, hingga institusi pendidikan yang bergerak di bidang IT Science dan industri kreatif seperti animasi film dan games .

Digital Hub kini didukung oleh berbagai pihak dan kalangan. Berbagai perusahaan IT dan institusi pendidikan telah hadir di kawasan ini. Digital Hub  dikembangkan dengan konsep mixed use yang terdiri atas fasilitas, sarana dan prasarana bisnis, retail dan lifestyle.

Keberadaan berbagai fasilitas, sarana dan prasarana tersebut memperkuat peran Digital Hub sebagai lokasi sentra usaha dan tempat strategis bagi perusahaan teknologi, start up companies, dan komunitas digital.

Saat ini Digital Hub telah berhasil menarik perusahaan teknologi raksasa asal Amerika Serikat, Apple. Perusahaan ini akan membangun pusat inovasi aplikasi teknologinya (Research and Development Center). Selain itu berbagai tenant di bidang IT seperti Huawei, MyRepublic, Sale Stock, Orami, evhive, Purwadhika, GeeksFarm dan Plug and Play telah hadir di BSD City dan akan berkantor di Kawasan Digital Hub pada tahun 2019 mendatang.

Selain dukungan dari berbagai vendor IT tersebut, Digital Hub juga mendapat dukungan dari Pemda serta dari pihak pemerintah pusat, termasuk dari Badan Ekonomi Kreatif. Dukungan juga hadir dari kalngan pendidikan. Sinar Mas Land berharap kehadiran institusi pendidikan dapat berkontribusi bagi perkembangan ekosistem Digital Hub.

Tags: ,


COMMENTS