January 21, 2017

Jobplanet: Tak Mudah Wawancara di 10 Perusahaan Terbaik Ini

Penulis: Eko Lannueardy
Jobplanet: Tak Mudah Wawancara di 10 Perusahaan Terbaik Ini  

MOBITEKNO – Di penghujung tahun 2016 lalu, Jobplanet telah merilis Daftar Perusahaan Terbaik di Indonesia 2016. Daftar tersebut disusun berdasarkan survei dan riset yang dilakukan terhadap data yang terkumpul melalui situs Jobplanet.com sejak November 2015 hingga Oktober 2016.

Dalam daftar tersebut, Jobplanet mengelompokkan perusahaan-perusahaan terbaik berdasarkan jenisnya, yakni korporasi dan startup. Semua perusahaan yang masuk dalam daftar tersebut memiliki tingkat kepuasan karyawan tertinggi secara keseluruhan.

Perusahan yang masuk ke dalam daftar yang kami susun memiliki tingkat kepuasan karyawan tertinggi. Artinya, perusahaan tersebut dinobatkan secara langsung oleh karyawannya sendiri sebagai perusahaan terbaik untuk bekerja," ujar Kemas Antonius, Chief Product Officer Jobplanet di Indonesia.

Masih terkait dengan daftar tersebut, Jobplanet belum lama ini juga telah merilis informasi tentang perusahaan-perusahaan terbaik dengan tingkat kesulitan wawancara kerja paling tinggi.

Tingkat kesulitan wawancara kerja dinilai memiliki korelasi dengan tingkat kepuasan karyawan di suatu perusahaan. Semakin baik reputasi suatu perusahaan dalam memberikan kesejahteraan bagi para karyawannya, akan semakin ketat pula proses rekrutmen karyawan di perusahaan tersebut.

Informasi ini disusun berdasarkan survei yang juga dilakukan melalui situs Jobplanet.com sejak 1 Januari hingga 31 Desember 2016. Survei ini melibatkan sebanyak 1.090 responden karyawan dan calon karyawan yang pernah mengikuti proses wawancara di salah satu dari 23 perusahaan terbaik (15 korporasi dan delapan startup) di Indonesia.

Hasilnya, Jobplanet menemukan 10 perusahaan terbaik dengan tingkat kesulitan wawancara kerja paling tinggi. Delapan di antaranya adalah korporasi dan dua lainnya adalah startup.

Kesepuluh perusahaan tersebut juga memiliki rata-rata tingkat kesulitan wawancara paling tinggi, dengan penilaian di atas 3,0; serta cukup jauh di atas rata-rata tingkat kesulitan wawancara secara keseluruhan.

Perlu diketahui, tingkat kesulitan wawancara kerja dalam platform Jobplanet dinilai dari skala 1 hingga 5, di mana nilai 1,0 mewakili “sangat mudah” dan nilai 5,0 mewakili “sangat sulit”.

Sementara, rata-rata tingkat kesulitan wawancara dari semua perusahaan yang terdaftar di Jobplanet pada rentang waktu pengumpulan data (1 Januari hingga 31 Desember 2016) adalah 2,73.

Delapan korporasi terbaik dengan tingkat kesulitan wawancara kerja paling tinggi:""
Dua startup terbaik dengan tingkat kesulitan wawancara kerja paling tinggi:""

"Kami berharap, informasi tentang wawancara kerja di berbagai perusahaan terbaik ini dapat bermanfaat, khususnya bagi para pencari kerja atau calon karyawan yang ingin mempersiapkan diri untuk berkarier di perusahaan-perusahaan tersebut," pungkas Kemas.

Tags: , , , , ,


COMMENTS