November 20, 2017

Bersama Cloudera, Komatsu Bantu Tingkatkan Kinerja Pertambangan dengan Platform Industrial IoT

Penulis: Desmal Andi
Bersama Cloudera, Komatsu Bantu Tingkatkan Kinerja Pertambangan dengan Platform Industrial IoT  

MOBITEKNO – Komatsu, perusahaan yang berpengalaman dalam hal alat-alat berat di berbagai industri, baru-baru ini memanfaatkan platform Industrial IoT dari Cloudera untuk meningkatkan kinerja pelanggannya, terutama dalam industri pertambangan. Platform yang dimiliki Cloudera ini dianggap Komatsu mampu memantau kinerja berbagai peralatan berat yang digunakan di area pertambangan secara terus menerus. Platform ini juga diyakini dapat meningkatkan utilisasi aset dan produktivitas dari klien Komatsu.

Plafrom Industrial IoT dari Cloudera ini diterapkan dalam JoySmart Solutions dari Komatsu sehingga dapat membantu para pelanggan dalam mengoptimalkan kinerja mesin melalui data dan analitik mesin. Platform JoySmart ini dapat menjaring, menyimpan, dan memproses berbagai macam data yang dikumpulkan dari peralatan pertambangam yang beroperasi di seluruh dunia.

“Dengan meningkatnya permintaan pelanggan dan semakin banyaknya mesin yang terhubung, kami melihat pertumbuhan data yang mencapai 30 terabyte per bulan. Lingkungan kami sebelumnya membatasi kemampuan kami untuk meningkatkan kapasitas, berkembang dan berinovasi,” ungkap Anthony Reid, Senior Manager of Analytics, Komatsu. “Dengan platform modern dari Cloudera, kami menggunakan analitik data dan pembelajaran mesin canggih guna memperkuat kesuksesan IIoT kami. Kini, kami dapat memberikan pelanggan rekomendasi yang lebih baik mengenai pemanfaatan mesin dan menghadirkan layanan yang lebih cepat,” tambah Anthony.

Adapun, Jenis peralatan yang dipantau meliputi sistem penambangan longwall, sekop tali elektrik, penambang kontinu dan wheel loader. Data yang dihasilkan peralatan ini mencakup metrik time-series, misalnya tekanan mesin, suhu, arus, dll, serta alarm dan data kejadian, dan informasi lainnya dari sistem pihak ketiga. Satu mesin dapat memiliki ratusan hingga ribuan metrik data dan menghasilkan 30.000-50.000 catatan khusus dengan informasi waktu yang spesifik setiap menit.

“Komatsu membutuhkan suatu platform data modern yang tidak hanya menghadirkan pembelajaran mesin generasi mendatang dan kemampuan analitik canggih di cloud, namun juga yang skalabel sesuai dengan peningkatan utilisasi peralatan dan produktivitas para pelanggan mereka,” kata Dave Shuman, IoT and Manufacturing Industry Leader, Cloudera. “Dengan Cloudera, Komatsu kini dapat menggunakan sejumlah besar data untuk membantu para pelanggan mereka dari sektor pertambangan dalam mengelola tekanan yang semakin meningkat untuk menjadi lebih pintar dalam hal lingkungan hidup dan lebih produktif dengan biaya operasi yang lebih rendah.”

""

Dengan penggunaan platform Industrial IoT dari Cloudera ini,  ilmuwan data dari Komatsu kini dapat mengembangkan dan menerapkan model pembelajaran mesin secara lebih cepat guna memahami peralatan. Selain itu, mereka juga bisa menghadirkan wawasan yang lebih baik bagi pelanggannya. Dengan memanfaatkan komponen-komponen seperti Apache Kudu dan Apache Spark, Komatsu dapat mendorong pemrosesan secara real-time, pembelajaran mesin, dan analitik pada semua data IoT mereka, termasuk data yang sedang bekerja maupun yang tidak.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS