October 20, 2017

Berbekal DeX Station, Pengguna Galaxy S8 Bakal Dapat Menjalankan Aplikasi Linux Desktop

Penulis: Iwan RS
Berbekal DeX Station, Pengguna Galaxy S8 Bakal Dapat Menjalankan Aplikasi Linux Desktop  

MOBITEKNO – Docking station DeX diumumkan setelah Samsung merilis flagship Galaxy S8 dan S8 Plus tahun ini. DeX merupakan solusi Samsung bagi pengguna S8/S8 Plus untuk menjalankan dan menampilkan aplikasi secara lebih nyaman melalui desktop computing environment dengan menghubungkan DeX dengan layar monitor, keyboard, dan mouse.

DeX station mirip seperti solusi Microsoft Continuum dengan Display Dock untuk menjalankan aplikasi pada smartphone Windows 10 Mobile melalui sebuah desktop computing environment Windows.

Tidak puas hanya dengan menjalankan aplikasi Android pada samrtphone dalam sebuah desktop environment, Samsung kembali mengumumkan niatnya agar pengguna Galaxy S8/S8 Plus dengan aksesori DeX station juga dapat menjalankan berbagai aplikasi Linux dalam sebuah Linux desktop sebenarnya.

""

Rencana ini diumumkan Samsung di ajang Developer Conference, San Francisco belum lama ini (19/10/2017). Melalui proyek yang dinamakan ‘Linux on Galaxy’ ini, Samsung ingin mengajak para developer untuk menggunakan DeX-compatible Linux environment dan menjalankan aplikasi Linux di dalamnya.

Kemampuan komputasi Galaxy S8/S8 yang relatif mumpuni dan platform Linux yang dibawa sistem Android dipandang oleh Samsung cukup memadai untuk dieksploitasi lebih lanjut oleh pengguna/developer. 

Fitur ‘Linux on Galaxy’ memungkinkan pengguna dapat langsung mengakses sistem operasi Linux dalam Galaxy S8/S8 melalui DeX station untuk selanjutnya menjalankan berbagai aplikasi Linux yang ditampilkan di layar monitor. Tentunya dengan pengoperasian yang lebih nyaman dengan keyboard dan mouse.

Menurut Samsung, ‘Linux on Galaxy’ menghadirkan kemampuan smartphone untuk menjalankan multi-OS dan membuka jalan bagi para developer untuk bekerja dengan distribusi Linux yang biasa digunakan oleh mereka.

Samsung belum memberikan jadwal pasti kapan project ‘Linux on Galaxy’ ini akan diluncurkan secara resmi. Prediksi awal, project ini sudah dapat diimplementasikan tahun depan. Bagi para developer yang tertarik untuk mengetahui lebih jauh mengenai project ini dapat melakukan registrasi melalui layanan notifikasi email Samsung. 

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS