April 20, 2017

Review Epson EB-1795F: Ringan, Kompak, Fleksibel, Seperti Membawa Notebook 12 Inci

Penulis: Desmal Andi
Review Epson EB-1795F: Ringan, Kompak, Fleksibel, Seperti Membawa Notebook 12 Inci  

MOBITEKNO – Ingin melakukan presentasi dan membutuhkan sebah proyektor? Biasanya proyektor yang akan digunakan memiliki ukuran standar yang tebal dan bobot agak berat. Hal ini lumrah ditemukan di setiap ruang rapat. Namun kini, apa yang dilakukan Epson melalui perangkat proyektor EB-1795F, membuat presentasi menjadi sebuah aktivitas yang lebih mudah dilakukan.

Apa yan membuat mudah? Hal ini tidak lain berkat hdirnya Proyektor EB-1795F yang berukuran kompak, sederhana, dan mudah dibawa-bawa. Proyektor yang diperkenalkan Epson untuk masyarakat Indonesia di bulan Februri 2017 kemarin inimemang memiliki desain yang berbeda dibandingkan kebanyakan proyektor lainnya. Masih dengan teknologi 3LCD, bentuk proyektor ini begitu tipis dan kompak. Jika dibandingkan, ukurannya setara dengan notebook 12 inci.

Dengan ukuran tersebut, tentunya Epson sudah membuat sebuah proyektor yang mudah untuk dibawa-bawa. Bagi pekerja sibuk yang selalu membutuhkan proyektor, EB-1895F ini bisa menjadi solusiya. Bobot ringan, bentuk kompak, serta desainyang tipis, membuat Anda seperti membawa sebuah notebook 12 inci. Dengan begitu, setiap presentasi yang akan Anda lakukan bisa lebih lancar dan nyaman.

Kelengkapan

Epson EB-1795F dijual dalam paket yang lengkap. Setidaknya, inilah yang hadir di meja kerja Mobitekno. Apa saja isi paket penjualannya. Selain unit proyektor, ada tambahan aksesori pendukung untuk kemudahan penggunaan. Berikut ini paket proyektor yang datang ke redaksi Mobitekno.

  1. Satu unit  proyektor Epson EB-1895F
  2. Kabel Power untuk koneksi ke sumber listrik
  3. Kabel konektor USB2
  4. Kabel VGA
  5. Remote Control
  6. Tas unik dengan desain seperti tas notebook.

Desain

Saat diuji di redaksi Mobitekno, proyektor Epson EB-1795F berwarna putih ini langsung kami pegang dan diletakkan I atas meja. Saat mengangkat proyektor ini memang bobotnya berbeda dari kebanyakan proyektor sejenis.EB-1795 lebih ringam. Jika dilihat dari data yang ada, Epson EB-1795 ini hanya berbobot 1,83 kg.

Warna putih sebenarnya hanya meliputi bagian atas saja, karena disini lah letak berbagai tombol fungsi utama proyektor ini. Selebihnya dibalut dengan warna hitam,  mulai dari setiap sisi dan bagian bawah.

Sekarang kita lihat di bagian atas. Mulai dari bagian depan, dimana lensa berada, persis di belakang lensa terdapat fungsi untuk mengatur fokus proyeksi. Putar saja ke kiri atau ke kanan sampai Anda mendapatkan fokus yang pas, dimana tampilan huruf pada hasil proyeksi bisa terbaca dengan jelas dan detail.

Selanjutnya, di belakang fungsi fokus tadi, terdapat satu area khusus untuk menempatkan berbagai tombol fungsi. Di sinilah fungsi utama proyektor bisa diatur. Mulai dari tombol power On/Off hingga pengaturan suara dari speaker internal bisa dilakukan dari sini. Fungsi-fungsi ini dioperasikan secara manual, cara alternatif jika Anda tidak menggunakan remote control.
Selain tombol power, terdapat juga tombol Auto focus untuk mendapatkan gabar proyeksi yang paling jelas. Ada juga fungsi ‘Screen Fit’. Fungsi ini bisa mengatur tampilan proyeksi agar tetap baik, walaupun posisi proyektor tidak tegak lurus dengan layar proyeksi. Hal ini tentunya sangat membantu, terutama di ruang-ruang yang ukurannya terbatas.

Tombol ‘Home’ juga terdapat di sini. Telan tombol ini maka tampilan proyektor akan ke bagian utama, dimana Anda bisa mengatur banyak hal dari bagian Home ini. Seperti pada proyektor-proyektor lainnya, Anda juga bisa memanfaatkan fungsi ‘Sourch Search’ untuk mencari sumber konten yang akan diproyeksikan ke layar.

Masih di bagian yang sama, pada posisi kanan terdapat empat tombol melingkar dengan tombol Enter di tengahnya. Tombol-tombol ini berfungsi untuk mengatur proporsi gambar agar tampil lebih sempurna. Pengaturan volume speaker juga bisa dilakukan dari sini.

Saat proyektor bekerja dan terkoneksi dengan berbagai perangkat, statusnya bisa dilihat pada bagian atas kanan bawah. Ada lima lampu indikator yang dapat memberikan informasi mengenai status energi listrik, pengoperasian, lapu proyektor, temperatur, dan koneksi wireless.

Sekarang beralih ke bagian depan. Di sini terdapat lensa LED yang bisa dibuka dan ditutup dengan menggeser penutupnya. Di bagian depan juga terdapat sensor untuk remote control. Semantara di sisi kiri, terdaat lubang ventilasi udara. Epson EB-1795F menempatkan lubang pembuangan di bagian depan sehingga tidak mengganggu orang lain yang sedang ikut menyaksikan presentasi dari proyektor ini.

Pindah ke bagian belakang. Di sini terdapat banyak port koneksi untuk menghubungkan proyektor EB-1795F dengan berbagai perangkat lainnya. Mulai dari kiri ke kanan, terdapat port video berwarna kuning. Di sebelahnya terdapat port VGA untuk jenis PC atau notebook lama yang masih menggunakan konektor VGA. Selanjutnya, ada port USB -B USB-A, HDMI, dan audio 3,5 mm. Sementara posisi paling kiri terdapat port untuk kabel listrik.

Menariknya, Epson mendesain proyektor ini cukup stylish. Di keempat sudut-sudutnya, tampil tidak kaku, dengan desain melengkung. Karekter permukaan di bagian atas ini juga tidak didesain polos dan mulus. Epson membuatnya agak kasar sehingga tidak begitu licin saat dipegang.

Terakhir, kita lihat bagian bawah. Di sini terdapat akses untuk menggantungkan proyektor di langit-langit. Cukup tempelkan dengan bracket, proyektor ini sudah bisa diletakkan di atas langit-langit sehingga memudahkan untuk memproyeksikan gambar, tanpa harus terhalang dari objek-objek di depannya. Masih di tempat yang sama, Epson mendesain kaki pengatur ketinggian dengan bentuk melengkung. Bentuk ini cukup enak dilihat. Untuk membukanya, tekan satu tombol di depannya.

Fitur & Performa

Proyektor Epson EB-1795F tidak hanya membanggakan ketipisannya. Proyektor ini juga membawa berbagai fitur dan kemampuan di dalamnya. Salah satunya tentu saja fitur untuk berbagai antara berbagai perangkat yang terhubung ke proyektor ini. Fitur Shared Image ini bisa menampilkan konten dari smartphpne,  PC, atau notebook, yang proyeksinya diatur berdasarkan setting dari moderator.

Menariknya, perangkat ini bisa dihubungkan secara wireless dengan smartphone berbasis Android dan iOS. Untuk melakukannya, silakan downloa aplikasi Epson iProjection terlebih dahulu di smartphone. Selanjutnya, tinggal koneksikan melalui beberapa cara. Namun, cara yang termudah adalah melalui QR Code. Proyektor akan menampilkan  QR Code, dan selanjutnya dari aplikasi Epson iProjection, akan membaca QR code tersebut. Setelah terkoneksi, pengguna pun bisa melakukan memproyeksikan apapun melalui perangkat smartphone. Tidak hanya konten berjenis foto, tetapi juga file pekerjaan seperti PDF. Bahkan, dari aplikasi ini pengguna bisa melakukan browsing atau memanfaatkan kamera smartphone untuk memproyeksikan rekaman video dari smartphone.

Saat pertama kali dinyalakan pun, Proyektor EB-1795F ini secara otomatis akan melakukan pencarian sumber konten yang akan diproyeksikan ke layar. Jadi, pengguna tidak perlu memilihnya secara manual. Untuk setting proyeksinya sendiri, Epson melakukannya dengan mudah. Bahkan, dengan memanfaatkan dungsi “Screen Fit”, proeksi akan tetap kotak simetris walau posisi proyektor tidak tegak lurus dengan bidang layar. Semua pengaturan ini bisa dilakukan secara wireless dari Epson iProjection di smartphone.
Sebagai proyektor yang ditujukan untuk pengguna mobile, proyektor ini menyediakan juga fungsi berbagi image. Hal ini berguna jika proyektor digunakan dalam sebuah rapat kerja. Semua orang yang terlibat bisa membagikan gambar atau file. Namun tetap, gambar yang akan diproyeksikan harus melalui persetujuan moderaator. Ya, satu dari pengakses proyektor harus berstatus sebagai moderator.

Selain berbagi image, proyektor ini juga dapat melakukan split screen. Jadi, EB-1795F bisa menampilkan konten apapun dari dua sumber yang berbeda. Hal ini berguna jika membutuhkan data yang harus dikomparasi secara side by side.

Salah satu hal menarik dari proyektor ini adalah konektivitas dengan perangkat smartphone. Pengguna tidak perlu lagi membawa-bawa notebook untuk mempresentasikan sebuah file atau menampilkan konten video. Cukup melalui koneksi wireless, konten yang disimpan di dalam smartphone dapat ditampilkan dengan lebih jelas dan detail.

Untuk menggunakan secara wireless melalui smartphone, dibutuhkan aplikasi Epson iProjection. Install aplikasi ini kemudian atur setting proyektor dan nikmati konten dengan mudah dan cepat.

Dukungan Wireless LAN yang ada di dalamnya juga membuat proyektor semakin fleksibel digunakan. Dengan adanya dedicated IP di dalam proyektor, perangkat yang terhubung pun bisa dibuat lebih aman. Proyektor ini juga sudah memiliki NFC. Jadi, bagi Anda yang sudah memiliki smartphone dengan chip NFC di dalamnya, proses koneksi tidak hanya bisa dilakukan dengan QR Code, tetapi juga hanya menempelkaan NFC ke proyektor.

Performa

Saat digunakan untuk memutar konten fullHD, proyektor dapat melakukannya dengan lancar. Tidak ada setting yang rumit. Sistem akan mendeteksi secara otomatis kualitas konten yang akan diproyeksi. Tampilan warna juga terlihat cerah, baik di ruang gelap maupun pada kondisi terang.

Menariknya, posisi proyeksi akan dikoreksi dengan otomatis jika bodi proyektor tersenggol secara tidak sengaja sehingga membuat posisi proyektor berubah. Sistem akan mengembalikan tampilan proyeksi ke keadaan paling nyaman secara otomatis.

Saat digunakan untuk memutar film-film HD dengan animasi atau pergerakan yang banyak, proyektor akan terasa hangat, bahkan mendekati panas. Namun, Mobitekno menganggap panas yang dihasilkan masih dalam tahap normal. Kipas pembuangan pun akan menyala terus untuk membuang panas ke arah depan. Dengan demikian, temperatur dalam proyektor tetap terjaga.

Ada satu kekurangan yang sedikit mengganggu, yaitu respon remote control. Responnya agak lambat jika menggunakan tombol-tombol remote control untuk navigasi fitur yang ada. Bahkan, menurut kami, respon labih bagus jika menggunakan cara manual, yaitu menekan tombol-tombol fitur dari bagian atas bodi proyektor.

Spesifikasi

Dengan kemampuan fleksibel serta dibekali fitur yang yang cukup banyak, tentunya membutuhkan berbagao hardware yang mumpuni di dalamnya. Selain sudah menggunakan lensa LCD yang membuat tingkat efisiensi proyektor ini meningkat, ada unsur lain yang membuatEpson EB-1795 memiliki kinerja yang baik. Untuk lebih jelasnya dalam hal spesifikasi, Anda dapat membaca tabel berikut ini.

Kesimpulan

Dengan kemampuan yang ada di dalamEpson EB-1795F ini, pengguna sangat dimudahkan saat membutuhkan sebuah proyektor. Bodinya yang kompak ditambah dengan bobotnya yang tidak begitu berat, serta dilengkapi dengan tas khusus, Anda seperti membawa sebuah notebook. Jadi, sesuai dengan peruntukannya, yaitu proyektor untuk kalangan pebisnis yang mobile, Epson EB-1795F dapat dibawa-bawa kemanapun pemiliknya pergi dengan nyaman.

Selain mudah dibawa, desainnya yang ringkas juga membantu saat ingin meletakkan proyektor ini di atas meja. Penempatannya tidak membutuhkan ruang yang besar sehingga cukup praktis digunakan saat di ruang rapat berukuran kecil atau meja kerja yang juga tidak memiliki space yang besar. Apalagi ditambah dengan dukungan koneksi wireless, tentunya tidak ada lagi kabel salng menumpuk di sekitar proyektor. Semua bisa diatasi dengan sistem nirkabel.

Pengoperasiannya juga cukup mudah. Semua sudah hampir diatur secara otomatis oleh Epson. Bahkan, hanya dengan mengandalkan aplikasi Epson iProjection yang bisa diinstall di smartphone, semua hal yang berhubungan dengan proyektor tersebut bisa diatur dengan mudah dari smartphone. Menariknya lagi, tidak hanya pemilik saja yang bisa menyisipkan foto atau file untuk diproyeksikan. Teman dan rekan kerja lain bisa juga menyisipkan foto atau file dengan mudah, tanpa harus sibuk mondar-mandir mengganti USB flashdisk atau memindahkan kabel koneksi VGA dari notebook pemilik ke notebook peserta rapat lainnya. Proyektor ini juga dapat digunakan untuk sharing pekerjaan dengan mudah.

Remote controlnya yang menjadi pelengkap proyektor juga dapat memiliki tombol fungsi yang banyak. Remote ini juga bisa difungsikan sebagai pointer. Dengan demikian, tidak diperlukan pointer tambahan untuk navigasi presentasi. Dengan kemampuan dan fitur yang dibawa Epson EB-1795F ini, Epson pun membanderol proyektor ini dengan harga Rp 17.433.000 sudah dengan pajak. Berminat memilikinya?

Tags: , , , ,


COMMENTS