February 20, 2017

Di Tiongkok, iPhone ada di Posisi Lima, Huawei Teratas

Penulis: Desmal Andi
Di Tiongkok, iPhone ada di Posisi Lima, Huawei Teratas  

MOBITEKNO – Pasar smartphone di negara Tiongkok memang diramaikan oleh produk-produk buatan dalam negeri. Hanya brand-brand ternama saja yang bisa menembus dan mendapat perhatian dari masyarakat di negara tersebut, seperti Apple. Namun, walaupun memiliki banyak potensi dan peluang untuk industri smartphone, Apple tetap kesulitan bersaing dengan produk yang sudah terlebih dahulu memikat masyarakat Tiongkok. Bahkan, sebuah survei yang dilakuka Canalys baru-baru ini memperlihatkan iPhone ada di posisi lima di pasar smartphone Tiongkok.

Brand-brand lokal memang mampu memberikan tingkat persaingan yang sengit. Pada tahun lalu, Apple berhasil mengapalkan 43.800.000 iPhone di Tiongkok. Angka ini turun sebesar 18,2 persen dari tahun sebelumnya. Hal inilah yang menyebabkan posisi iPhone meluncur ke bawah di urutan lima. Bahkan, posisi iPhone berada di bawah Xiaomi yang berhasil mendistribusikan 51.400.000 unit smartphone di negara tersebut. Padahal, Xiaomi juga mengalami penurunan sebesar 21 persen. 

Lalu siapa di posisi teratas menurut survei Canaly ini? Huawei, perusahaan lokal ini berhasil menduduki posisi teratas dengan jumlah unit 76.200.000 yang berhasil didistribusikan ke seluruh negara Tiongkok. Posisi kedua diduduki Oppo dengan 73.200.000 unit, dan disusul Vivo di posisi tiga dengan 63.200.000 unit smartphone. 

""

Walaupun turun, CEO Apple, Tim Cook tetap menganggap bahwa pasar smartphone di Tiongkok masih menjanjikan dan menguntungkan. Namun, Apple harus melawan semua tantangan dari brand-brand lokal. Apple juga menyatakan bahwa salah satu faktor perangkat smartphonenya turun karena unit iPhone dijual dengan harga lebih tinggi dibandingkan smartphone-smartphone lainnya di negara Tiongkok. 

Sumber: ubergizmo

Tags: , , , ,


COMMENTS