November 19, 2017

Plomo, Aplikasi Complimentary Drinks di Berbagai Bar dan Restoran

Penulis: Eko Lannueardy
Plomo, Aplikasi Complimentary Drinks di Berbagai Bar dan Restoran  

MOBITEKNO – Menurut riset internal yang dilakukan oleh Harry Pradipta, CEO Plomo bahwa ada tiga hal yang biasa dilakukan bar dan restoran untuk menarik pengunjung. Ketiga hal itu adalah memasang iklan di media konvensional ataupun digital, menghadirkan promosi, dan mengadakan event.

"Namun, dari ketiga hal tersebut, sulit bagi bar dan restoran untuk mengetahui secara pasti berapa cost yang dikeluarkan ataupun ROI untuk satu orang pengunjung. Dan semua cost umumnya perlu dikeluarkan di muka oleh para bar dan restoran, tanpa melihat dulu hasilnya," jelas Harry lewat rilis yang masuk ke Redaksi Mobitekno.com.

Melihat masalah tersebut, untuk itulah Harry kemudian membuat sebuah startup yang diberi nama Plomo. Plomo sendiri adalah aplikasi yang ditujukan bagi pengguna untuk mendapatkan satu complimentary drink per hari di berbagai bar dan restoran terkemuka di Jakarta.

Lebih jauh Harry menegaskan bahwa dengan Plomo, bar dan restoran dapat mengatur pengeluaran marketing mereka dengan lebih efisien dan juga mengukur secara lebih akurat cost yang dikeluarkan serta ROI yang didapatkan dari tiap-tiap pengunjung. Tak hanya itu, Plomo juga mengurangi resiko dari pengeluaran marketing bagi bar dan restoran.

Plomo sendiri memilih minuman sebagai fokus complimentary item-nya bukan tanpa alasan. "Ketika kami sering pergi ke sebuah bar atau restoran dan menjadi regular customer di sana, terkadang bartender memberikan kami minuman on the house. Hal tersebut sebenarnya sebuah gesture yang sangat sederhana, tetapi masih sangat diapresiasi oleh customer." 

Saat ini Plomo sudah dapat langsung diunduh dari Google Play Store ataupun Apple App Store. Setelah mengunduh, pengguna dapat langsung mendaftarkan diri menggunakan akun e-mail, Facebook atau Google. Pengguna juga dapat melihat daftar dari semua bar dan restoran yang bekerja sama dengan Plomo, termasuk termasuk complimentary drinks yang ditawarkan. 

Untuk me-redeem sebuah complimentary drink dari Plomo, pengguna bisa langsung mengunjungi sebuah bar atau restoran yang bekerja sama dengan Plomo, membuka aplikasi Plomo dan memberitahukan kepada floor staff dari bar atau restoran pilihan complimentary drink yang ingin di-redeem. 

Untuk bisa menggunakan aplikasi tersebut, pengguna hanya perlu membayar biaya berlangganan setiap bulannya. “Sampai dengan saat ini, kami masih menghadirkan layanan secara gratis, karena kami masih dalam fase beta,” ujar Harry. “Namun ke depannya, kami akan memberlakukan subscription fee bagi penggguna aplikasi Plomo. 

Saat ini Plomo telah bekerja sama dengan beberapa bar dan restoran populer di daerah SCBD, Kuningan, Senayan, Thamrin, dan Kemang. Menurut Harry, ia memilih wilayah tersebut karena cocok dengan target pengguna mereka, yaitu para profesional muda. Kedepannya, sudah ada 20+ bar dan restoran yang akan bergabung dalam waktu dekat.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS