October 19, 2017

Hari ini, Google Doodle Merayakan Ilmuwan yang Menerangkan Bagaimana Bintang-bintang Mati

Penulis: Rizki Romdoni
Hari ini, Google Doodle Merayakan Ilmuwan yang Menerangkan Bagaimana Bintang-bintang Mati  

MOBITEKNO – Mirip dengan organisme hidup, bintang memiliki siklus hidupnya sendiri: ia lahir dari gumpalan gas dan debu, kemudian berevolusi dan berubah selama jutaan atau miliaran tahun, dan mati dengan meninggalkan sisa-sisa benda yang pernah ada.

Ini adalah proses yang sangat penting dalam mempelajari astrofisika. Banyak hal yang kita ketahui tentang siklus ini berasal atas karya penghormatan doodle Google hari ini, yaitu Subrahmanyan Chandrasekhar.

Chandrasekhar, yang lebih dikenal dengan Chandra, adalah seorang astrofisikawan kelahiran India yang mengembangkan penemuannya yang paling terkenal sebelum berusia 20 tahun.

Saat bepergian ke Inggris untuk belajar di Cambridge, Chandra mengemukakan apa yang sekarang dikenal sebagai “Chandra’s Limit”, sebuah konsep yang merinci apa yang terjadi pada bintang-bintang setelah mereka menghabiskan semua bahan bakar mereka dan mati.

Jika sebuah bintang berukuran kurang dari 1,4 kali massa matahari kita, ia akan runtuh menjadi sesuatu yang disebut white dwarf, yakni inti bintang sisa yang sangat panas dan padat. Namun bila sebuah bintang lebih dari 1,4 kali massa matahari kita, maka tidak akan membentuk white dwarf melainkan akan meledak dalam supernova atau runtuh ke dalam lubang hitam.

Awalnya “Chandra’s Limit” bukan teori yang paling populer, dan teori ini secara terang-terangan diejek oleh Sir Arthur Eddington, salah satu astrofisikawan terkemuka saat itu dalam sebuah pertemuan Royal Astronomical Society pada tahun 1935.

Tapi di kemudian hari, karya Chandra ternyata memenangkan Hadiah Nobel Fisika di tahun 1983.

Nama Chandra juga diberikan ke salah satu teleskop luar angkasa NASA yang mengamati emisi sinar X dari bagian panas alam semesta. Chandra meninggal pada tahun 1995, empat tahun sebelum satelit yang menjadi namanya diluncurkan. Jika dia masih hidup hari ini, dia akan berusia 107 tahun.

Tags: ,


COMMENTS