June 19, 2017

Dukung Multi-Cloud, F5 Hadirkan Beragam Layanan Aplikasi untuk Memperlancar Bisnis Perusahaan

Penulis: Desmal Andi
Dukung Multi-Cloud, F5 Hadirkan Beragam Layanan Aplikasi untuk Memperlancar Bisnis Perusahaan  

MOBITEKNO – F5 networks baru saja menginformasikan berbagai layanan aplikasinya yang dapat digunakan di lingkungan multi-cloud. Aplikasi-aplikasi ini dihadirkan dengan sistem kerja yang fleksibel, terutama untuk perusahaan-perusahaan yang mementingkan segi efisiensi dalam hal keamanan dan waktu proses yang lebih cepat ke pasar. 

Saat ini, teknologi cloud memang menjadi salah satu pilihan banyak perusahaan dalam mengelola proses kerjanya. Bahkan, menurut laporan F5 2017 State of Appliction Delivery, ada sekitar 80 persen responden yang ikut ingin menggunaakan platform multi-cloud. Sementara 20 persen menyatakan ingin memiliki lebih dari setengah aplikasi yang berjalan di public cloud dan private cloud. 

Namun, dalam memanfaatkan lingkungan cloud, terutama multi-cloud, ternyata seringkali ditemukan rintangan yang tidak terduga dan ini bisa mengganggu penerapan aplikasi-aplikasi di platform multi-cloud. Oleh sebab itu, F5 Networks pun ingin membantu para pelanggan yang ingin menggunakan multi-cloud dalam perusahaannya dengan memberikan berbagai solusi aplikasi di dalamnya. 

“Pelanggan semakin banyak memilih penyebaran aplikasi di multiple cloud, baik di public dan private, fasilitas pusat data (colocation), serta di data center sendiri. Namun, mereka sendiri masih bergelut dengan perbedaan pengembangan lingkungan aplikasi, tool sets, dan orchestration technology,” ujar Sangeeta Ananda,SVP of product Management and Product Marketing F5. “Meski cloud menyediakan layanan untuk aplikasi, cloud lebih sering dijalankan dengan cara yang kurang portabel, spesifik pada kasus, atau memberikan perlindungan yang kurang memadai. Portfolio F5 dari layanan dan solusi multi-cloud application memberikan pelanggan kebebasan dalam penyebaran aplikasi apapun,” tambah Sangeeta.

Dengan solusi aplikasi yang dihadirkan F5 Networks untuk multi-platform dan multi-cloud, aplikasi-aplikasi di dalamnya pun bisa beroperasi dengan lebih cepat, lebih pintar dan lebih aman. Solusi-solusi aplikasi dari F5 Networks ini dibagi dalam dua jenis, yaitu public cloud dan private cloud. Untuk public cloud, F5 networks menyediakan solusi seperti:

  • F5 BIG-IP Virtual Edition di Google Cloud yang daat diterapkan di semua jenis public cloud dengan penawaran yang lebih fleksibel, mulai dari 25 Mbps hingga 5 Gbps
  • Template solusi cloud untuk Amazon Web Services, Azure, dan Google dapat mengurangi kompleksitas penerapan layanan F5 untuk aplikasi di public cloud. Berbagai template dengan solusi spesifik terbaru ini mampu menyederhanakan dan mengotomatisasi kasus penggunaan public cloud yang umum. Template solusi cloud juga tersedia untuk lingkungan private cloud, OpenStack. Telah tersedia di GitHub.
  • Solusi marketplace terpadu menyediakan kemudahan akses, dikemas dari awal dengan layanan F5, seperti akses gabungan WAF (Web Application Firewall) dan Office 365 yang dapat diterapkan langsung dari marketplace public cloud sehingga perusahaan dapat memanfaatkan layanan F5 yang terpercaya ini dengan mudah untuk aplikasi di cloud.  Solusi ini telah tersedia di Azure Marketplace.

Sementara untuk solusi Private Cloud, F5 Networks menghadirkannya dalam sebuah paket sehingga pelanggan dapat bekerja dengan lebih aktif dan cepat saat menggunaan solusi dari F5. 

Selain untuk public dan private cloud, F5 Networks pun memiliki lini solusi tambahan, yaitu 

  • Application Services Proxy yang ringan memberikan fleksibilitas kepada pelanggan dalam mengembangkan, menguji, dan menskalakan aplikasi di lingkungan cloud dan container. Telah tersedia di Docker Store.
  • Container Connector menyediakan kemudahan penyediaan layanan untuk containerized applications, dan kemampuan integrasi yang ringkas dari sistem manajemen/orchestration, termasuk Kuberneter dan Mesos/Marathon. Telah tersedia di GitHub dan Docker Hub.
  • Application Connector memberikan layanan aplikasi dari bagian terluar cloud dengan menemukan secara otomatis contoh cloud-hosted dan menghubungkannya ke data center pelanggan atau lokasi yang di-hosting. Telah tersedia melalui paket penjualan F5.
Tags: , ,


COMMENTS