February 19, 2017

Pertama Tawarkan MicroSDXC 256 GB, Ini Keinginan SanDisk untuk Pengguna Smartphone

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Pertama Tawarkan MicroSDXC 256 GB, Ini Keinginan SanDisk untuk Pengguna Smartphone  

MOBITEKNO – Setelah mengumumkan card microSD dengan performa A1 Class (Application Performance Class) di ajang CES bulan lalu, SanDisk akhirnya resmi meluncurkan microSDXC dengan kapasitas tertinggi saat ini, yakni 256 GB. 

Menurut SanDisk, peningkatan performa MicroSD akan sangat dirasakan penguna smartphone, terlebih saat mereka menjalankan aplikasinya yang ukurannya besar. 

Apa yang menarik dari card dengan performa A1 Class ini? Selain kapasitasnya yang besar, kecepatan menjadi daya tarik lainnya. SanDisk mengklaim microSDXC 256 GB menawarkan kecepatan random read (baca) dan write (tulis) berturut-turut 1.500 IOPS dan 500 IOPS.

Istilah ‘IOPS’ atau Input Output Operations per seconds sering digunakan sebagai satuan unit 'pengukuran' untuk mengukur kecepatan storage device saat mengakses file dari lokasi yang acak (random).

Berkaitan dengan kecepatan data, microSDXC SanDisk 256 GB disebut-sebut telah mencapai 95 MBps. Dengan kecepatan tersebut, para penguna umumnya akan langsung dapat merasakan perbedaannya. Perlu diketahui juga, jika peningkatan kecepatan bisa bervariasi tergantung beberapa faktor, seperti controller, jenis RAM, dan lain sebagainya.

Pengguna smartphone yang tidak ingin meng-install beragam aplikasi pada internal storage tapi membutuhkan external storage dengan performa mumpuni menjadi target utama MicroSDXC dari SanDisk ini.

MicroSDXC SanDisk 256 GB sudah tersedia di pasaran global dengan harga sekitar US$ 200. Selain 256 GB, masih ada varian lain dengan kapasitas berbeda (200 GB). Tertarik?

 

Tags: , , , ,


COMMENTS