October 18, 2017

Review Guardian Soul: Meramu Hero RPG dan Strategi

Penulis: David Novan
Review Guardian Soul: Meramu Hero RPG dan Strategi  

MOBITEKNO – Mencari game mobile dengan bentuk permainan unik merupakan tugas yang sulit dilakukan. Saking banyaknya game yang hanya meniru permainan dari game sukses lainnya, dan membalutnya dengan kulit baru alias mengubah visualnya saja, membuat game saat ini mirip. Lalu, di manakah posisi Guardian Soul? Apakah hanya peniru seperti yang lain atau mampu mencirikan dirinya sendiri?

Bila boleh dicirikan secara kasar, Guardian Soul memiliki unsur peniru dan juga keunikan tersendiri. Peniru, karena game ini masih mengikuti sistem permainan dari game populer lain, yaitu dengan adanya energi yang digunakan untuk bertarung, mengumpulkan avatar atau hero berjumlah banyak, dan bentuk stage untuk bertarung yang dibagi ke dalam banyak node. Pada bagian tersebut, tidak banyak yang berbeda dengan game lain.

Sedangkan untuk bagian uniknya, game ini memiliki sistem pertarungan yang membutuhkan kecerdikanmu untuk menggerakkan avatar. Kemudian, pengembangan kekuatan avatar juga membutuhkan usaha yang cukup telaten, karena banyaknya bagian untuk diperhatikan. Selain itu, ada pula feature cukup menarik yang berbeda dengan game mainstream.

Berada di tengah lautan game dengan bentuk serupa, beberapa hal berbeda semacam itu tentu bisa membuat Guardian Soul menarik untuk dimainkan. Sebagai tambahan, game ini juga memiliki presentasi visual yang bagus, terlihat dengan indahnya tampilan ketika berada di tengah permainan. Sebagai tambahan, game ini juga memiliki kisah yang menarik untuk diikuti dan dibawakan dalam bentuk gambar ala komik dan dialog.

al yang cukup mengganggu adalah game ini memaksa pemainnya untuk mengikuti tutorial. Biasanya tutorial tersebut muncul setelah kamu melalui stage atau mencapai level tertentu. Terkadang pemaksaan tutorial tersebut membuatmu membuang resource berharga untuk avatar yang tidak digunakan. Sering pula resource yang terbuang percuma tersebut adalah benda langka dan butuh banyak waktu (dan energi) untuk mendapatkannya.

Gameplay

Bentuk permainan dari Guardian Soul bila disederhanakan sebenarnya tidak begitu sulit untuk dikuasai. Sebab, kamu hanya perlu bertarung untuk mencari resource, entah itu uang atau benda, dan digunakan untuk memperkuat avatarmu. Bila kamu belum mendapatkan benda yang kamu cari, tinggal mengulang stage yang memberikannya.

Pengulangan atau repetisi semacam itu akan menjadi mayoritas aktivitasmu di dalam game ini. Sayangnya, kamu masih akan terbatasi oleh dinding bernama poin energi di dalam repetisi tersebut. Poin energi merupakan hal terpenting di balik kemampuanmu dalam bertarung. Sebab, setiap kali kamu ingin bertarung di dalam sebuah stage, maka energi tersebut akan digunakan.

Poin energi sendiri sangat terbatas jumlahnya, dan ia bisa habis kamu gunakan untuk bertarung. Apalagi bila kamu tipe pemain yang suka mengulang stage demi memperkuat diri dan mencari resource. Meskipun energi dapat terisi kembali dengan sendirinya seiring waktu, tetapi waktu yang dibutuhkan cukup lama. Bila kamu adalah tipe gamer yang suka bermain seharian tanpa henti, maka poin ini dapat menghambat gerakanmu.

Selain mendapatkan resource dari menyelesaikan stage, kamu juga dapat menemui beberapa stage yang memberi hadiah tambahan. Hadiah tersebut bisa beragam jenisnya, mulai dari resource langka hingga avatar baru. Sayangnya, hadiah tersebut hanya bisa diambil sekali saja, karena besarnya nilai mereka di dalam permainan.

Satu elemen lain yang mampu memberikan kenikmatan lebih dalam bermain adalah banyaknya feature baru yang bermunculan di dalam game. Seiring dengan meningkatnya levelmu, yang bisa dinaikkan dengan sering bertarung dan menyelesaikan stage, maka feature baru akan terbuka. Meskipun pada akhirnya semua feature tersebut hanya digunakan untuk meningkatkan kekuatan avatarmu, tetapi tidak ada salahnya untuk mencobanya, terutama ketika kamu bosan mengikuti cerita.

Battle

Rasanya tidak ada elemen yang lebih penting di dalam game ini dibandingkan pertarungannya. Jelas saja, semua kegiatan yang bisa kamu lakukan di game ini adalah untuk memperkuat avatarmu di pertarungan. Itu sebabnya kamu akan merasa bagian ini dirancang dengan baik dan lebih menarik.

Sebelum memulai pertarungan, pertama kamu akan diminta untuk memilih stage dari peta dunia yang disediakan. Semakin jauh kamu bergerak di peta tersebut, yang dibagi ke dalam node sebagai representasi stage, maka semakin kuat musuhnya. Dengan demikian, kamu akan terus berusaha untuk memperkuat diri untuk menghadapi musuh uang semakin kuat.

Setelah itu, kamu bisa memilih avatar yang akan bertarung di stage tersebut. Karena jumlah avatar yang bisa kamu miliki nantinya mencapai puluhan, maka sebisa mungkin kamu harus mengembangkan lima avatar utama saja, terutama bila mereka memang cocok dengan gaya permainanmu. Meskipun terkadang game ini memberikan hadiah avatar yang kuat dan membuatmu mengembangkan avatar baru tersebut dari nol.

Pertarungan dalam game ini berjalan secara otomatis seperti game sejenisnya. Tim avatarmu akan berjalan dan menyerang musuh secara otomatis, dan kamu dapat memengaruhi targetnya dengan memilihnya secara manual. Bedanya, kamu dapat mengubah posisi dari avatar di dalam pertarungan dengan menggesernya dengan jari. Hal ini cukup penting ketika avatarmu berada di dalam area serangan spesial musuh yang dapat membuatnya mengalami luka serius.

Setiap avatar juga memiliki serangan spesial yang diwakili ke dalam tombol di bagian bawah layar permainan. Hanya dengan menekannya, avatar akan mengeluarkan serangan tersebut, yang biasanya dapat memberikan kerusakan serius terhadap musuh. Selain itu, ada pula avatar yang dapat menyembuhkan tim atau membuat musuh tidak dapat menyerang selama beberapa detik. Itu sebabnya kamu perlu mempertimbangkan dengan serius avatar apa yang kamu kembangkan.

Game ini juga memberikan kesempatan bagimu untuk memengaruhi jalannya pertarungan. Melalui tap di layar permainan menggunakan jarimu, kamu dapat memberikan serangan pada musuh atau menyembuhkan avatar. Bahkan, kamu dapat meningkatkan jumlah serangan atau penyembuhannya melalui upgrade. Namun demikian, jumlah “bantuan” tersebut terbatasi dengan poin maksimal, yang dapat meningkat seiring dengan besar level.

Hero

Cara terpenting untuk memperkuat avatar adalah melalui upgrade. Memang, peningkatan level juga mampu memberikan peningkatan kekuatan bagi avatar. Namun, cara tersebut jauh berada di bawah metode upgrade, yang mampu melipatgandakan kekuatan tergantung seberapa jauh kamu mampu melakukannya.

Kemampuanmu dalam bermain berperan besar dalam upgrade avatar tersebut. Sebab, setiap upgrade membutuhkan resource untuk melakukannya, dan resource itu berasal dari seberapa lama kamu bisa bertarung. Banyak pula resource yang butuh perjuangan mengulang stage tertentu. Untungnya, bila kamu berhasil menyelesaikan stage dengan penilaian tertinggi, yaitu tiga bintang dan biasanya didapat dengan menjaga semua avatarmu hidup, maka kamu bisa mengulang stage tanpa dimainkan!

Lalu, apa saja yang bisa di-upgrade dari avatar? Pertama, kamu bisa mengumpulkan resource untuk meningkatkan grade dari avatar tersebut. Selain digunakan sebagai bahan upgrade, resource yang ditempelkan pada avatar juga memberikan peningkatan kekuatan permanen, misalnya pertahanan atau kekuatan serangannya. Ketika kamu berhasil meningkatkan grade avatar, maka avatar tersebut akan bertambah perlengkapan tempurnya! Pertama hanya senjata, kemudian ditambah baju armor, hingga terus ke aksesoris.

Selain meningkatkan kemampuan tempur, perlengkapan tempur tersebut juga bisa kamu upgrade menjadi lebih kuat lagi. Cara meningkatkannya juga sama dengan sebelumnya, yaitu melalui mencari resource dari stage. Walaupun dua avatar memiliki grade dan level yang sama, avatar dengan perlengkapan yang di-upgrade lebih baik akan menang ketika diadu.

Meningkatkan kekuatan avatar yang cukup besar efeknya, dan juga tersulit caranya, adalah melalui upgrade bintangnya. Setiap avatar dipisahkan kekuatannya berdasarkan berapa banyak bintang yang dimilikinya. Mulai dari satu bintang, yang merupakan terlemah, hingga enam bintang sebagai avatar terkuat, dapat kamu temui ketika mendapatkan avatar baru. Cara mendapatkan avatar baru adalah dengan mengumpulkan Soul avatar tertentu, yang bisa didapat dari hadiah, menyelesaikan stage dengan kesulitan elite, atau membelinya di toko khusus.

Setelah kamu berhasil mengumpulkan sejumlah Soul, maka avatar baru dengan satu bintang bisa kamu dapatkan. Untuk meng-upgrade jumlah bintangnya, kamu harus kembali mengumpulkan Soul avatar tersebut melalui perjuangan yang panjang. Selain bintang, kamu bisa meningkatkan kemampuan avatar dengan membeli kostum, yang juga akan mengubah tampilannya menjadi lebih menarik.

Fitur

Jumlah level yang kamu miliki merupakan patokan utama untuk terbukanya feature baru di game ini. Begitu kamu mencapai permintaan level tersebut, kamu akan langsung dipaksa untuk mengikuti tutorial yang menjelaskan feature tersebut. Sayangnya, bahan yang digunakan untuk menjelaskan feature tersebut diambil dari inventori milikmu.

Hampir semua feature baru tersebut berhubungan dengan pertarungan, seperti adanya Weekly Dungeon yang akan direset setiap minggunya, atau dungeon dengan hadiah khusus senjata atau armor saja, dan menara berisi musuh dengan sistem bertahan hidup demi mendapatkan beragam hadiah menarik. Bila kamu tidak memiliki tim dengan kekuatan yang cukup baik, maka akan sulit untuk bisa menang di feature tersebut.

Akan tetapi, bukan berarti beragam feature tersebut tidak menarik untuk dimainkan. Karena, kebanyakan dungeon tersebut mampu memberikan tantangan baru yang lebih tinggi dibandingkan ketika bermain di stage biasa. Apalagi musuh yang lebih kuat akan membuatmu lebih aktif dalam menggerakkan avatar dan melancarkan serangan spesial di saat yang tepat.

Apakah musuh di stage biasa tidak terlalu menantang? Bila kamu adalah gamer yang suka meningkatkan avatarmu dengan cara repetisi stage, maka ya, mereka tidak mampu memberikan tantangan yang berarti. Sebab hanya dengan meningkatkan kekuatan avatar lebih tinggi dibandingkan permintaan di stage tersebut, misalnya sebuah stage butuh power 10 ribu, sementara timmu punya power 12 ribu, maka sudah pasti kamu akan menang. Bahkan kamu tidak perlu repot menggerakkan avatarmu.

Namun, semua feature tersebut memiliki batasan pula. Kamu hanya bisa menantang mereka beberapa kali saja per harinya. Bila kamu sudah tidak punya tiket lagi untuk masuk ke dalam dungeon, maka kamu perlu menunggu esok hari untuk kembali. Begitu pula bila kamu gagal di sana, maka sudah terhitung satu kali menggunakan tiket, yang biasanya hanya dibatasi sebanyak tiga tiket saja.

Shop

Bermain game gratis seringkali disertai dengan penalti bila dibandingkan dengan gamer yang rela berbelanja menggunakan uang asli. Wajar saja, sebab developer game juga butuh uang untuk menghidupi dirinya. Itu sebabnya gamer yang rela membayar akan mendapatkan keuntungan tersendiri, biasanya dalam bentuk kekuatan untuk avatar yang digunakannya.

Pada Guardian Soul, peranan shop terhadap gamer berbayar juga besar, sama seperti game lainnya. Bukan hanya kamu mampu membeli poin Diamond yang digunakan untuk beragam elemen di dalam game, biasanya digunakan untuk mempersingkat waktu menunggu, tetapi kamu juga bisa membeli beragam hal lain yang berpengaruh langsung pada kekuatan timmu. Untuk game yang mementingkan kekuatan avatar, penawaran tersebut jelas sangat berharga.

Bermodalkan uang asli 30 ribuan sampai sejutaan, kamu bisa memilih beragam paket penjualan. Mulai dari membeli Diamond sampai paket untuk mempermudah upgrade avatar. Bahkan kamu juga bisa menggunakan shop untuk membeli Soul, yang berguna untuk mendapatkan avatar baru serta meningkatkan jumlah bintangnya. Hal yang seharusnya butuh waktu lama menjadi lebih cepat melalui shop tersebut.

Game ini juga memperkenalkan sistem bernama G level. Melalui sistem tersebut, kamu akan diminta untuk sering berbelanja demi meningkatkan levelnya. Apa saja keuntungan memiliki G level yang tinggi? Kamu nantinya dapat berbelanja beragam benda untuk memperkuat dan membeli avatar baru, dan jumlah serta jenis bendanya ditentukan dari G level tersebut. Semakin tinggi levelnya, maka bendanya akan semakin ”Wah.”

Sedangkan untuk gamer gratisan, mereka juga bisa mendapatkan G level tersebut. Namun, jumlahnya tentu saja jauh lebih kecil bila dibandingkan dengan gamer berbayar. Melalui penyelesaian misi harian, mingguan, dan bulanan, gamer gratisan bisa mendapat G level. Tentu saja tidak dapat mengejar kekuatan yang diberikan oleh shop terhadap gamer dengan

Tips Bermain

Kunci utama dari game ini adalah ketekunan dalam bermain. Sebab semakin besar levelmu, maka semakin banyak pula feature baru yang dibuka dan semakin banyak pula cara untuk memperkuat avatarmu. Selain itu, semakin sering kamu naik level maka energi yang kamu miliki dan maksimal energi juga terus bertambah. Hal ini menjadi modal untuk bisa terus bermain.

Kemudian kamu juga perlu memperhatikan peran avatar yang dibawa ke medan pertempuran. Secara umum, peranan avatar terbagi tiga, yaitu Tank, Dealer, dan Aid. Tank adalah avatar garis depan yang menerima langsung serangan musuh di depan, dan mereka memiliki pertahanan tinggi. Dealer berada di garis belakang dan memberikan serangan terbesar pada lawan. Sedangkan Aid memberi bantuan pada tim berupa penyembuhan dan efek positif (buff) seperti mempercepat serangan.

Pilih Tank yang sesuai dengan gaya permainanmu. Sebab ada beberapa jenis Tank di game ini, misalnya mampu menarik perhatian semua musuh supaya menyerang dia, mampu membuat tameng yang melindunginya dari serangan musuh, atau juga ada yang bisa menyembuhkan diri. Sedangkan untuk Dealer, usahakan untuk memerintahkan mereka menyerang Dealer musuh di garis belakang, supaya Tank milikmu bisa kuat bertahan.

Ketika memilih avatar, perhatikan skill pasifnya, yang bisa digunakan setelah level 15. Komposisikan skill avatarmu supaya tidak bertumpuk, misalnya siapkan Tank dengan kemampuan penyembuhan, Dealer yang mampu menyerang banyak musuh sekaligus serta membuat musuh tidak bisa menyerang, dan Aid yang otomatis menyembuhkan tim serta meningkatkan kecepatan serangan.

Usahakan pula untuk meningkatkan jumlah bintang dari avatarmu. Hanya beda satu bintang saja berpengaruh besar terhadap kekuatannya. Untuk itu, selalu ikuti stage elite yang memberikan hadiah Soul. Stage elite hanya bisa dimainkan tiga kali setiap harinya. Namun, jumlah itu berlaku untuk setiap stage, jadi kamu bisa memainkan stage elite lain dengan hadiah Soul avatar lain sebanyak tiga kali juga per harinya. Jangan pernah ketinggalan! Selamat mencoba game ini!

Tags: , , ,


COMMENTS