October 18, 2017

Penuhi Nilai TKDN, Trio iPhone Teranyar akan Segera Dijual di Indonesia

Penulis: Iwan RS
Penuhi Nilai TKDN, Trio iPhone Teranyar akan Segera Dijual di Indonesia  

MOBITEKNO – Apple menandai kehadiran iPhone selama satu dekade ini dengan meluncurkan tiga varian sekaligus pada 13 Septemeber 2017. Ketiganya antara lain iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan varian paling fenomenal, iPhone X.

(Baca juga: Satu Dekade Eksis, Apple Buka Lembaran Baru untuk Dekade Berikutnya dengan iPhone X).

Meski selalu ditunggu oleh pengguna setianya di seluruh dunia setiap tahun, siklus 10 tahun iPhone kali ini diperkirakan akan semakin meningkatkan animo konsumen di seluruh dunia untuk mebelinya, termasuk di Indonesia.

Tingginya animo iPhone di Tanah Air terhadap ketiga smartphone Apple terbaru ini sudah disadari PT Apple Indonesia. Tidak menunggu lama, representasi resmi Apple di Tanah Air tersebut sudah mulai melengkapi persyaratan untuk menjual ketoga iPhone tersebut secara resmi di pasar Tanah Air.

Seperti dilansir dari Kompas.com, Gusti Putu Suryawirawan, Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika sudah menyatakan bahwa PT. Apple Indonesia sedang mengurus TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) untuk ketiga iPhone tersebut sesuai Permenperin No. 29 tahun 2016.

Kabar terbaru, berdasarkan website P3DN (Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri), ketiganya diketahui telah lolos syarat nilai TKDN 30 persen dari Kementerian Perindustrian.

Setelah mendaftar dan mememenuhi syarat nilai TKDN, baik iPhone 8 (A1905), iPhone 8 Plus (A1897), dan iPhone X (A1901) dalam waktu dekat ini dierpkirakan akan sudah tersedia secara resmi di pasar Tanah Air.

""

""

""

Sejauh ini, iPhone 8 terbaru sudah mulai ditawarkan di beberapa toko online meski masih dalam garansi internasional dan bukan garansi resmi di Tanah Air. Mengenai harga jual  resminya di Indonesia besar kemungkinannya akan menembus angka di atas Rp 13 jutaan bahkan Rp 15 jutaan. Kita tunggu saja.

Meski datang dengan desain berbeda (iPhone 8/8 Plus vs iPhone X), ketiganya sama-sama diperkuat chipset hexa-core Apple A11 Bionic yang menawarkan peningkatan performa signifikan dibandingkan chipset A10 sebelumnya. 

A11 Bionic juga merupakan chip pertama Apple yang diketahui telah menyertakan unit AI hardware khusus untuk membantu mepercepat jalannya proses atau aplikasi berbasis AI.

Yang mungkin perlu Anda cermati juga adalah daya tahan baterainya mengingat Apple masih saja ‘pelit’ dengan kapasitas baterai iPhone yang di bawah 3000 mAh.

Tags: , , , , ,


COMMENTS