September 18, 2017

Review Top Drives: Game Balapan Seru Tanpa Perlu Mengemudi!

Penulis: David Novan
Review Top Drives: Game Balapan Seru Tanpa Perlu Mengemudi!  

MOBITEKNO – Bermain game balapan merupakan aktivitas pengisi waktu luang yang sangat mengasyikkan, terutama bila kamu adalah salah satu penggila otomotif. Selain bisa mendapat kesempatan untuk memacu mobil berkecepatan tinggi, kamu juga bisa mengagumi keindahan mobil super mahal dari dekat. Namun, harus diakui bahwa pasti ada penggila mobil yang tidak nyaman memainkan game balapan.

Alasannya tentu karena mereka tidak terbiasa mengendalikan mobil melalui interface controller atau layar sentuh pada smartphone. Gamer hardcore balapan bahkan sampai rela merogoh kantongnya hingga puluhan juta Rupiah demi membeli controller berbentuk setir, biasanya disertai kokpit plus bangku pembalap di dalamnya! Akan tetapi, cara itu sulit diterapkan pada game balapan di smartphone.

Bagi penggemar balapan seperti di atas, maka Top Drives memberikan jawabannya. Game balapan ini sangat unik, sebab untuk memainkannya kamu tidak perlu memiliki ketangkasan yang biasanya dibutuhkan game balapan lain. Mengapa demikian? Ternyata semua balapan di game ini dijalankan otomatis tanpa campur tangan manusia! Kamu hanya perlu memilih mobilnya dan menonton pertandingan berjalan!

Bila disimpulkan secara kasar, game ini memberimu kesempatan untuk menjadi manajer tim balapan. Hanya saja ruang lingkupnya lebih sempit, yaitu terbatas pada mengumpulkan mobil, meningkatkan kemampuannya, memilih event balapan, dan memilih mobil yang diturunkan pada balapan tersebut. Jadi kamu tidak perlu pusing memikirkan beragam aspek kompleks, seperti keuangan, gaji pembalap, sampai biaya maintenance.

Sekilas game ini terlihat dangkal, karena konsepnya memang sederhana. Namun pendapat itu bisa berubah setelah kamu memainkannya selama beberapa waktu. Ketika kamu mulai terjerat dengan keinginan mendapatkan mobil idaman dan menang bersamanya, saat itulah kamu akan memainkan game ini untuk waktu yang lama. Belum lagi ketika kamu bertemu lawan yang kuat di mode multiplayer, yang mengadu kamu dengan pemain lain dari seluruh belahan dunia!

Gameplay

Bentuk permainan Top Drives yang terkesan simulasi manajemen menitikberatkan pada keputusanmu, terutama ketika memilih mobil untuk bertanding. Sebelum bertanding, kamu harus menentukan lima mobil yang dibawa menuju arena pertandingan. Itu sebabnya kamu harus mampu menentukan dengan baik jajaran mobil tersebut, sesuai dengan bentuk pertandingannya.

Misalnya, untuk bertanding di arena yang didominasi oleh lintasan aspal, maka sewajarnya kamu memilih mobil dengan ban standar atau performance. Begitu pula dengan balapan di medan offroad, maka kamu sebaiknya memilih ban yang sesuai serta opsi drive 4WD. Kesalahan memilih mobil bisa saja merugikan kamu, karena mobil tersebut tidak bisa digunakan secara efisien.

Beragam statistik yang bisa ditemui pada mobil tersebut adalah elemen terpenting di dalam game ini. Sebab, nantinya statistik tersebut yang akan diadu dengan mobil lawan. Contohnya, pada Drag Race sepanjang satu mil, elemen terpenting yang harus dipertimbangkan adalah akselerasi dan kecepatan maksimum mobil. Bila mobilmu lebih unggul di keduanya dibandingkan mobil lawan, maka sudah pasti kamu akan menang. Namun bila hanya salah satu saja, maka ada hal lain yang perlu dipertimbangkan, misalnya jarak lintasan. Bila pendek, maka akselerasi menjadi yang terpenting.

Setelah kamu memasangkan lima mobil yang dimiliki dengan mobil lawan, balapan akan segera dimulai. Simulasi balapannya dapat kamu saksikan hingga usai atau bisa dilewati dengan menekan layar. Menyaksikan mobil yang diturunkan di balapan berjuang ketat melawan mobil lain ternyata cukup seru. Akan tetapi bila kamu sudah tahu pasti akan memenangkan balapan, terutama karena lawannya terlalu lemah, seluruh balapan bisa dilewati dan langsung ke layar kemenangan.

Kemenanganmu akan mendapatkan nilai, yang ditentukan oleh dari selisih waktu finish dengan lawan. Semakin lama jeda waktunya, maka semakin besar nilainya. Namun perlu diingat pula bila kamu kalah, maka jeda waktu itu juga yang akan mengurangi nilai keseluruhan. Nilai tersebut nantinya akan menentukan berapa bintang yang didapat (maksimum tiga bintang). Bintang tersebut berguna untuk membuka venue balapan baru dan jumlah bonus di akhir balapan.

Bonus tersebut diwakili oleh 15 kartu yang tertutup. Melalui kartu tersebut, kamu bisa menemukan beragam keuntungan yang menarik, misalnya mobil baru, uang, koin Gold, atau poin Experience. Karena sifatnya yang acak, rasanya sulit sekali untuk bisa mendapatkan apa yang kamu mau (misalnya mobil baru). Untungnya, kamu bebas mengulang kembali balapan dan kembali mendapatkan bintang, yang setiapnya mewakili satu kartu. Cukup ingat-ingat urutan mobil yang digunakan untuk memenangkan balapan sebelumnya dan bisa dipastikan kamu akan selalu menang!

Campaign Mode

Campaign Mode merupakan mode permainan yang menjadi jantung dari game ini. Tanpa mode permainan ini, kamu tidak dapat mengumpulkan modal untuk mendapatkan jajaran mobil terbaik. Namun perjalanan untuk itu tentunya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Sebab, semakin jauh kamu bermain, musuhmu akan semakin hebat. Terutama dari jajaran mobil yang dimilikinya.

Itu sebabnya ada titik di dalam permainan yang membuatmu perlu mengumpulkan modal, demi membeli mobil yang lebih baik. Karena pertempuran di dalam game ini adalah berdasarkan nilai statistik, maka ketika nilai musuh lebih baik darimu, sudah bisa dipastikan kamu tidak akan bisa menang! Meskipun diulang beberapa kalipun, kenyataan itu tidak akan berubah.

Balapan yang bisa ditemui pada Campaign Mode sendiri dipisahkan menjadi beberapa stage, yang diwakili oleh negara tempat balapan diadakan. Stage tersebut juga menentukan tingkat kesulitan dari musuh di dalamnya. Melawan musuh yang lemah tentu saja memiliki keuntungan tersendiri, terutama untuk mengumpulkan rating tiga bintang serta modal untuk meningkatkan jajaran mobilmu.

Setiap stage nantinya akan diisi oleh beberapa event balapan. Setelah kamu berhasil memenangkan semua balapan di stage tersebut, kamu akan mendapatkan kesempatan untuk melawan musuh terkuat atau Boss di sana. Tingkat kesulitannya tentu saja lebih tinggi, tetapi hadiahnya bila menang juga sepadan. Kamu bisa langsung mendapatkan mobil yang digunakan Boss tersebut dan juga kesempatan untuk menemukan bonus mobil kelas atas!

Satu hal yang perlu diperhatikan ketika mengikuti balapan di sini adalah adanya kebutuhan untuk memperbaiki mobil. Setiap mobilmu memiliki sepuluh token maintenance, yang satu token akan terpakai ketika mengikuti satu kali balapan. Token tersebut akan terisi kembali secara otomatis seiring berjalannya waktu. Namun, ketika kamu mulai sering mengulang balapan yang sama demi mendapatkan semua bonusnya, maka sudah pasti mobilmu akan terbentur oleh habisnya token tersebut. Bila itu terjadi, kamu hanya bisa bersabar menunggu token terisi kembali, menggunakan mobil lain, atau menggunakan poin Gold untuk mengisi penuh token.

Car Grade

Mobil yang bisa digunakan di dalam game ini dipisahkan kemampuannya oleh Grade, yang ditandai oleh strip warna dan huruf. Grade terendah yang bisa kamu temui, yang juga mewarnai mobil di awal permainan, adalah Grade F dengan warna strip kelabu. Kemampuan mobil pada tingkatan ini adalah yang terendah dan secepatnya perlu kamu ganti dengan Grade lebih tinggi.

Perbedaan Grade tersebut juga memperlihatkan jenjang statistik yang cukup signifikan. Mobil dengan tingkatan lebih baik jelas akan menang bila melawan mobil dengan Grade lebih rendah. Hal ini pula yang menjadi alasan mengapa kamu nantinya akan bertemu dengan tembok yang tak bisa dilewati, bila kamu tidak mencari mobil dengan Grade lebih baik.

Bagaimana caranya mendapatkan mobil dengan tingkatan lebih baik? Cara pertama adalah dengan membelinya. Metode pembelian dalam game ini bisa kamu lakukan dengan bantuan uang dalam game yang bisa didapat dari hasil balapan, atau bisa juga menggunakan koin Gold. Koin Gold bisa kamu dapatkan melalui bonus di akhir balapan atau dengan membelinya dengan uang asli (Rupiah) di Shop.

Pembelian mobil pada game ini tidak sama dengan game balapan biasanya. Sebab, kamu akan membeli satu bungkus kartu kolektor, yang berisi beberapa kartu dengan konten acak! Jadi, kamu tidak bisa memastikan mobil apa yang akan kamu dapatkan di sana. Bahkan Grade dari mobilnya juga acak, kecuali bila kamu membeli paket kartu premium yang dipastikan di dalamnya ada kartu dengan Grade tertentu. Harganya tentu saja lebih mahal! Untungnya, ada pula opsi untuk membeli paket kelas mobil tertentu, negara pabrikannya, atau jenis Drive-nya.

Cara berikutnya adalah mendapatkan mobil melalui bonus balapan. Mobil hasil sitaan setelah mengalahkan Boss di setiap stage bisa dipastikan memiliki Grade D, dua tingkat di atas mobil biasa. Jadi mobil tersebut bisa kamu gunakan sebagai modal untuk balapan demi mendapatkan mobil yang lebih baik.

Catatan lain yang perlu diperhatikan menyangkut mobil adalah adanya ukuran kuota untuk setiap mobil. Semakin besar Grade dan statistiknya, maka kuotanya akan semakin besar. Hal ini berhubungan dengan Racing Quota (RQ) yang kamu miliki. Bila RQ milikmu lebih kecil dari jumlah kuota jajaran mobil yang akan dibawa balapan, maka kamu mau tidak mau harus menggantinya dengan mobil berkuota lebih kecil. Artinya, mobil dengan kemampuan lebih rendah.

Untungnya, RQ dapat diperbesar dengan mudah. Kamu hanya perlu mendapatkan bonus poin Experience (Exp) setelah balapan. Poin tersebut akan meningkatkan jumlah RQ, dan secara otomatis juga memperbesar kesempatan memenangkan balapan. Sebab, mobil berkuota besar dengan kemampuan tinggi kini bisa kamu bawa balapan.

Upgrade

Cara untuk menang tidak melulu bertumpu pada mobil dengan peringkat tinggi. Selama kamu masih melawan musuh yang berada satu tingkat lebih baik, kamu bisa menggunakan langkah upgrade mobil untuk mengalahkannya. Tentu saja dengan catatan lawanmu tidak melakukan upgrade pada mobilnya yang lebih baik tersebut!

Modal utama untuk melakukan upgrade adalah dengan menyediakan uang di dalam game. Setiap kali kamu membeli upgrade, maka uang yang dibutuhkan akan semakin besar. Selain itu, besar ongkos melakukan upgrade juga tergantung dari Grade mobilnya. Semakin tinggi peringkatnya, maka biayanya juga akan semakin membengkak.

Pada dasarnya, ada tiga bagian yang bisa di-upgrade dari setiap mobil. Pertama adalah mesin, yang memengaruhi statistik kecepatan maksimum dan akselerasi. Kemudian berat mobil, yang berhubungan langsung dengan akselerasi. Terakhir adalah chassis guna meningkatkan kemampuan Grip mobil, supaya ia mampu melakukan manuver lebih baik di lintasan berliku.

Meskipun demikian, kamu tidak bisa lantas meng-upgrade ketiga bagian itu sampai penuh. Sebab, setiap mobil diberikan batasan maksimum upgrade. Konsep batasan tersebut akan memaksamu untuk merencanakan bagian mana saja yang perlu ditingkatkan dan yang ditinggalkan. Oleh karena itu, mengenali kelebihan dan kelemahan mobilmu adalah keharusan.

Upgrade pada setiap bagian tersebut akan dibatasi juga oleh stage. Setelah kamu meningkatkan mesin sebanyak empat kali misalnya, kamu perlu meningkatkan stage upgrade sebelum bisa membeli lagi. Untuk peningkatan tersebut, kamu perlu mengorbankan tiga mobil untuk disatukan ke dalamnya! Selain itu, kamu juga harus menunggu selama beberapa waktu sampai prosesnya selesai. Sementara itu, mobil tersebut tidak bisa digunakan untuk balapan.

Multiplayer & Shop

Semua cobaan yang kamu temui pada mode Campaign merupakan persiapan untuk melawan pemain lain pada mode Multiplayer. Pemain lain bisa dipastikan memiliki jajaran mobil yang lebih baik dibandingkan pada Campaign. Selain itu, mobilnya juga dilengkapi oleh beragam upgrade, yang pastinya akan membuatmu lebih tertantang.

Konsep permainannya sama persis dengan mode Campaign. Bedanya, kamu akan mendapatkan poin dan peringkat pada liga yang kamu ikuti. Perlu diingat pula bahwa tim kamu juga akan ditantang pemain lain. Jadi, sebisa mungkin siapkan tim dengan mobil terbaikmu supaya meminimalisir kekalahan di tangan pemain lain.

Mengapa demikian? Kemenangan dan kekalahanmu akan dihitung selama masa liga berlangsung, dan akan menjadi patokan peringkatmu nantinya. Semakin baik peringkatmu, maka hadiah yang diterima juga semakin besar! Apalagi mode Multiplayer adalah cara terbaik untuk mendapatkan banyak koin Gold yang sulit didapat di Campaign, atau perlu dibeli melalui Shop menggunakan uang asli.

Keberadaan Shop sendiri di dalam game ini hanya menyediakan dua komoditi saja, yaitu uang di dalam game dan koin Gold. Harga yang dipatok di sini berkisar mulai dari 15 ribu Rupiah hingga hampir 400 ribu Rupiah. Dari dua barang dagangan tersebut, koin Gold memegang peran penting di beberapa aspek penting permainan.

Pertama, Gold dapat digunakan untuk membeli token maintenance mobil, sehingga ia bisa terus digunakan untuk balapan. Kemudian, Gold juga digunakan untuk membeli paket mobil premium dengan Grade kelas atas. Setelah itu, Gold berperan penting dalam mempercepat proses penyatuan mobil ketika membeli stage di upgrade. Jadi, bisa dikatakan bahwa gamer yang berbelanja akan mendapatkan posisi lebih tinggi dibandingkan gamer gratisan.

Tips Bermain

Perkembanganmu di dalam game ini seringkali terhambat oleh waktu. Misalnya saja akibat token maintenance akan menyebabkanmu berhenti main hingga setengah jam atau satu jam demi menunggu token penuh kembali. Padahal game ini mendorong pemainnya untuk melakukan pengulangan di stage yang sama demi mendapatkan semua bonus (sebanyak 15 bonus per stage).

Oleh sebab itu, kamu harus merencanakan langkah yang membutuhkan waktu, seperti menggabungkan mobil untuk upgrade, bersamaan dengan habisnya token maintenance. Biasanya lama penggabungan atau fusion adalah 15 menit. Sementara itu, kamu bisa melakukan hal lain, seperti membaca buku, bekerja, atau mungkin memainkan game lain.

Sedangkan untuk mempermudah pemilihan mobil sebelum balapan, perhatikan jenis balapannya terlebih dahulu. Untuk balapan drag, pilih mobil dengan akselerasi 0-60 mph yang lebih kecil angkanya dibandingkan lawan untuk lintasan pendek, dan kecepatan maksimum lebih besar untuk lintasan panjang (1 mil). Balapan dengan lintasan berliku lebih membutuhkan grip lebih besar dibanding lawan, baru akselerasi untuk menang.

Perhatikan pula jenis ban berbanding dengan jenis lintasan. Lintasan aspal membutuhkan ban standar untuk balapan berliku, sementara drag race lebih baik menggunakan ban performance. Begitu juga dengan lintasan offroad, gunakan ban offroad. Kecuali, lawan tidak menggunakan ban offroad, maka kamu bisa menggunakan ban standar.

Untuk upgrade, sebaiknya kamu memperhatikan apa yang menjadi kelemahan mobilmu. Muscle car dari Amerika biasanya memiliki akselerasi dan kecepatan yang tinggi, tetapi grip rendah. Bila kamu ingin menggunakannya di luar drag race, disarankan untuk meng-upgrade chassis-nya sampai full supaya sedikit membantu sekitar 5 poin. Mobil Jepang biasanya punya grip tinggi tetapi kecepatannya rendah. Sedangkan mobil Eropa kecepatannya tinggi tetapi akselerasinya kurang.

Menemukan kelebihan dan kekurangan mobilmu, serta memanfaatkannya dengan baik merupakan salah satu kenikmatan memainkan game ini. Belum lagi mengumpulkan mobil performa tinggi seperti Bugatti Chiron atau McLaren P1 tentunya akan memberikan keasyikan tersendiri untuk dirimu. Happy Collecting!

Tags: , , , , ,


COMMENTS