September 18, 2017

Begini Royal Enfield Continental GT Diubah Jadi "Silver Bullet"

Penulis: Eko Lannueardy
Begini Royal Enfield Continental GT Diubah Jadi "Silver Bullet"  

MOBITEKNO – Geliat antusiasme budaya modifikasi di kalangan bikers Indonesia kian berkembang. Hal ini seiring dengan semakin banyaknya penggiat modifikasi di Indonesia yang menampilkan karyanya baik melalui channel pribadi, berpartisipasi di berbagai festival, maupun sekedar menyalurkan hobi kesenangannya. 

Salah satu penggiat budaya modifikasi ini adalah White Collar Bike, yakni private shop milik builder Ram Ram Zanuar dimana karya teranyarnya ‘Silver Bullet’, baru saja ditampilkan pada acara pembukaan Exclusive Store Royal Enfield di Bali yang digelar pada tanggal 26 Agustus 2017 lalu.

Berkolaborasi dengan PT Distributor Motor Indonesia (dealer resmi Royal Enfield di Tanah Air), White Collar Bike memilih untuk memodifikasi salah satu varian motor Royal Enfield, yakni Continental GT karena memiliki karakter kuat sebagai motor ikonik yang terinspirasi dari budaya rocker & café racing.

Modifikasi Continental GT yang dilakukan oleh White Collar Bike terinspirasi dari konsep classic racing, namun tetap mempertahankan karakter aslinya. Dengan filosofi desain yang simple dan kerangka yang sederhana, motor-motor Royal Enfield telah lama dikenal sebagai kanvas modifikasi yang menarik perhatian para custom builders di dunia.

Roda depan dan belakang berukuran 160/50/17 diganti oleh jari-jari padat dengan velg TK serta ban Bridgestone. Fork depan dibuat lebih merunduk untuk menghasilkan tampilan racing yang lebih kental. Swing arm asli pada motor dimodifikasi sedikit dengan menambahkan beberapa inci ke dasar roda karena pipa knalpot yang letaknya terlalu dekat dengan ban belakang. 

Salah satu keunikan terlihat pada garis yang terletak di tangki bensin yang tampak seperti dilukis. Namun, garis tersebut sesungguhnya adalah lembaran aluminium berlapis yang di las dari sisi dalam dengan menggunakan mesin router sehingga tampak seperti diukir. Shock breaker belakang diganti dengan model yang lebih klasik dan masing-masing shock ditutup menggunakan lembaran aluminium.

Speedometer GT juga turut dimodifikasi dimana builder menambahkan komponen dengan menggunakan kabel manual. Untuk menghasilkan tampilan modifikasi yang lebih elegan, starter mesin menggunakan tombol berwarna hijau untuk menyalakan dan tombol merah untuk mematikan mesin. Switch pada motor ini dikembangkan selama beberapa bulan dan terbuat dari aluminium CNC yang berisikan beberapa tombol. 

Sedangkan lampu rem dibuat dari produk LED aftermarket yang dilapisi dengan aluminium dan ditempatkan pada posisi yang lebih mudah terlihat. Foot peg diperkokoh dengan menambah ketebalannya dengan material billet aluminium dan sisinya dipercantik dengan logo stainless steel Royal Enfield yang diukir. 

Tak ketinggalan, White Collar Bike juga mengubah handle bar dengan sudut yang dapat disesuaikan dan spion juga diganti dengan ukuran lebih kecil. Selain itu, logo Royal Enfield yang terukir dari stainless steel juga tampak di masing-masing sisi tangki bensin sehingga terlihat lebih elegan.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS