August 18, 2017

Halodoc dan GO-MED Bagikan Masker untuk Mitra Pengemudi GO-JEK

Penulis: Karyo
Halodoc dan GO-MED Bagikan Masker untuk Mitra Pengemudi GO-JEK  

MOBITEKNO – Dalam rangka memperingati Perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72, Halodoc , aplikasi konsultasi kesehatan berbasis online, hari ini mengawali inisiasi kampanye #INDONESIASEHAT bekerjasama dengan GO-MED – layanan pesan antar obat dari aplikasi GO-JEK, membagikan 20.000 masker kepada para mitra pengemudi GO-JEK.

Kampanye Indonesia Sehat, ini didasari oleh latar belakang bahwa tingkat polusi udara di wilayah DKI Jakarta, sudah sangat tidak sehat yang disebabkan oleh asap kendaraan bermotor. Hal itu dirujuk dari data Badan Pusat Statistik, pada tahun 2015 saja terdapat 121,139 juta unit kendaraan bermotor. Sementara di kota besar seperti Jakarta, sepeda motor menguasai populasi kendaraan bermotor yang mencapai angka sekitar 14 juta.

Menurut Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU), pada tahun 2016 udara Jakarta pernah mencapai kondisi sangat tidak sehat  yang berarti kualitas udara dapat merugikan kesehatan pada populasi yang terpapar. Belum lagi ditambah berbaurnya asap kendaraan tersebut dengan asap industri dan polusi ruangan seperti asap rokok. Hal itu  tentunya sangat berpengaruh buruk pada kesehatan.

Atas dasar itulah menurut Jonathan Sudharta, Founder dan CEO Halodoc, pihaknya menggagas  Kampanye #INDONESIASEHAT  dengan tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan dari paparan polusi udara. Menurutnya kesadaran masyarakat akan hal itu seringkali terabaikan.

“Guna menumbuhkan rasa kepedulian dan kesadaran akan hal tersebut, kami menyelenggarakan rangkaian kegiatan sosial sebagai jembatan untuk mewujudkan #INDONESIASEHAT agar tercipta kualitas hidup masyarakat Indonesia yang lebih baik. Langkah sederhana yang kami ingin sosialisasikan sebagai tahap awal adalah edukasi manfaat penggunaan masker kepada para mitra pengemudi dan pengguna GO-JEK,” ujar Jonatan saat acara penyerahan secara simbolik 20.000 masker kepada mitra pengemudi Go-Jek di Jakarta, Senin (14/08/2017).

Sementara itu menurut dr. Irwan Heriyanto, MARS, Chief Medical Halodoc, polusi udara dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti batuk, asma, infeksi saluran pernafasan, jantung koroner hingga penyakit paru kronik.  Untuk mencegahnya menurut dr. Irwan, satu tindakan awal sederhana seperti menggunakan masker akan sangat berguna menyaring udara kotor terhirup dengan bebas.

Menyambut program tersebut, Ingrid Silalahi, Head of GO-MED, mengungkapkan bahwa inisiasi yang digagas oleh Halodoc tersebut akan didukung penug oleh pihak Go-Jek.   “Dengan jumlah mitra pengemudi GO-JEK yang mencapai lebih dari 300.000 mitra pengemudi di berbagai kota di Indonesia, kami percaya edukasi mengenai manfaat pengunaan masker sangat perlu dilakukan secara berkelanjutan. Di GO-JEK sendiri, kami juga telah menyediakan masker untuk para pengguna GO-RIDE dan mitra pengemudi. Kami berharap pesan dari kampanye kesehatan ini bisa menginspirasi masyarakat untuk menggunakan masker,” ujar Inggrid pada kesempatan tersebut.

Tags: , , , ,


COMMENTS