April 18, 2017

Review Samsung Galaxy A5: Kemampuannya Setingkat di Bawah Seri Galaxy S

Penulis: Desmal Andi
Review Samsung Galaxy A5: Kemampuannya Setingkat di Bawah Seri Galaxy S  

MOBITEKNO – Samsung Galaxy A (2017) hadir pertama kalinya di Indonesia pada awal Februari 2017. Ada tiga varian Galaxy A 2017 yang ditawarkan di sini yaitu Galaxy A3 dengan layar 4,7 inci, Galaxy A5 dengan layar 5,2 inci, dan Glaxy A7 dengan ukuran layar 5,7 inci. Sebagai smartphone kelas medium premium, Samsung pun memberikan banyak fitur dalam seri Galaxy A ini.

Mobitekno pun sempat menguji Galaxy A5 (2017) ini untuk beberapa hari. Dibalut dengan bodi warna hitam, Mobitekno melakukan banyak hal terhadap smartphone ini, termasuk menguji kemampuan tahan airnya. Ya, ketiga seri Galaxy A (2017) ini memang hadir dengan kemampuan IP68. Jadi bukan tahan terhadap cipratan saaja, tetapi jugadapat dibawa ‘celap-celup’ ke dalam air tanpa merusak hardware di dalamnya.

Saat peluncurannya beberapa bulan lalu, Samsung menargetkan Samsung Galaxy A (2017) untuk kalangan muda yang aktif. Oleh sebab itu, fitur-fitur di dalamnya dibuat untuk memenuhi keinginan anak-anak muda ang memiliki kreativitas tinggi. Bahkan, kemampuan kamera menjadi salah satu unggulannya, termasuk untuk kebutuhan selfie. Penasaran dengan Samsung Galaxy A (2017) ini? Berikut ini Mobitekno sajikan ulasan mengenai salah satu seri Galaxy A (2017), yaitu Samsung Galaxy A5.

Kelengkapan

Seperti seri-seri smartphone besutan lainnya, Samsung Galaxy A5 (2017) hadir dengan kemasan yang kompak dan berwarna putih. Setelah dibuka segel yang membungkus kemasan Galaxy A5 (2017)  dan membuka kotaknya, terlihat unit Samsung Galaxy A5 (2017).

Berikut ini isi paket lengkap kemasan Samsung Galaxy A5 (2017):

  • 1 Unit Samsung Galaxy A5 (2017) berwarna hitam
  • Adaptor dari AC ke DC
  • Kabel Data sekaligus sebagai kabel pengisian listrik dengan tipr USB Type-C
  • Sim Card Ejector
  • Earphone
  • Buku garansi dan panduan dengan bentuk yang ringkas

Desain

Saat dibuka plastik pembungkus serta pelindung layar bawaannya, terlihat bodi Samsung Galaxy A (2017) yang mulus dengan desain melengkung di keempat sudutnya. Tombol ‘Home’ terletak di sisi bawah, sekaligus sebagai tempat sensor sidik jari (fingerprint). Layarnya berukuran 5,2 inci FHD Super AMOLED sehingga saat dinyalakan, semua yang muncul di layar terlihat sangat jernih. Salah satu kemampuan AMOLED memang dapat membuat tampilan gambar menjadi lebih detail dan jernih.

Beralih ke bagian bawah. Di sini terdapat dua port penting, yaitu USB Type-C dan Audio 3,5 mm. Samsung Galaxy A5 (2017) dan dua varian seri Galaxy A lainnya memaang sudah menggunakan USB Type-C untuk transefer data dan pengisian daya listrik. Port ini juga mendukung Fast charging untuk pengisian daya lebih cepat. Namun, walaupun sudah menggunakan USB Type-C, Samsung tetap menempatkan port audio di sebelahnya. Jadi, hal ini bisa menambah kenyaamanan saat mendengarkan musik karena tidak lagi butuh konverter dari USB Type-C ke port audio 3,5. DI antara port USB Type-C dan audio terdapat satu lubang kecil yang berfungsi sebagai mikrofon.

Di bagian atas, terdapat akses untuk memasukkan memory card. Gunakan ejector untuk melepas casingnya. Galaxy A5 (2017) ini mampu mendukung memori tambahan hingga kapasitas 256 GB. Di bagian atas ini juga terdapat lubang kecil untuk mikrofon.

Sementara itu tombol volume terdapat di sisi kiri (jika smartphone dihadapkan ke atas) dan tombol power ada di sisi kanan. Dengan ukuran layar sebesar 5,2 inci, smartphone masih cukup nyaman digenggam oleh satu tangan saja. Sehingga mengakses seluruh tombol di berbagai sisi smartphone masih mudah dilakukan. DI sini juga terdapat port SIM card yang harus dibuka dengan ejector. Samsung Galaxy A5 hanya mendukung single SIM Card saja.

Untuk kamera, smartphone Samsung Galaxy A5 (2017) dibekali kamera yang cukup mumpuni. Baik kamera belakang maupun depan sudah berkemampuan 16 MP dengan bukaan f1.9. Kamera belakangnya dilengkapi dengan LED flash untuk membantu pencahayaan saat membidik objek.

Untuk material bodi, Samsung menggunakan bahan metal di seluruh bagian. Desain ini membuat smartphone terasa licin saat digenggam. Namun, dengan bodi seperti itu, kesan mewah terlihat jelas pada smartphone. Bodi metal ini menyatu dengan layar AMOLED yang dibalut pelapis Corning Gorilla Glass.

Satu lagi fitur yang tidak terlihat oleh mata tetapi dapat dirasakan manfaaatnya. Smartphone Galaxy A5 (2017) sudah dilindungi oleh sertifikasi IP68. Jadi, smartphone ini tidak hanya tahan terhadap cipratan air, tetapi bisa dibawa ke dalam air tanpa khawatir bagian dalamm smartphone kemasukan air. Samsung telah membekali dengan proteksi yang bagus di setiap port atau lubang yang terbuka. Bahkan sensor kelembaban udara juga ditanamkan di dalamnya sehingga jika dideteksi port masih terdapat sedikit air, beberapa fungsi tidak bisa dioperasikan sampai menunggu benar-benar kering.

Fitur & Performa

Untuk fitur, Samsung Galaxy A5 (2017) telah dibekali dengan banyak kemampuan. Namun, tiga fitur berikut ini yang Mobitekno anggap sebagai fitur utama dalam Galaxy A5 (2017). Yang pertama adalah tentu saja kemampuan bertahan terhadap debu dan air melalui sertifikasi IP68. Fitur ini membuat Galaxy A5 seperti Galxy S7. Mobitekno pun mengujinya dengan melakukan perendaman smartphone ini ke dalam air. Satu yang menarik dari fitur ini memang tidak perlu repot-repot menutup berbagai lubang yang ada di sisi luar smartphone. Samsung sudah memberikan perlindungan di bagian dalam. Bahkan, terdapat juga sensor kelembaban air yang dapat mendeteksi apakah smartphone sudahbenar-benar kering saat diangkat dari air.

Fitur berikutnya adalah Samsung pay. Ya, di Galaxy A (2017), termasuk Galaxy A5, Samsung telah membekali dengan fitur Samsung Pay. Fitur ini memang belum begitu berguna di Indonesia. Namun, kehadiran Samsung Pay di Galaxy A membuat smartphone ini hampir selevel dengan Galaxy S. Fitur ini memanfaatka  NFC sebagai alat pembayaran secara cashless.

Terakhir adalah kamera. Kamera di Samsung Galaxy A5 sudah berkemampuan 16 MP baik depan maupun belakang. Dengan demikian, objek yang ditangkap menjadi lebih detail. Fitur kamera ini masih ditambah dengan fungsi pendukung lainnya sepertu HDR, panorama, face detection, hingga touch focus. Bahkan, kamera utamanya bisa merekam video dengan resolusi Full HD @30 fps.

Untuk sistem operasinya, Samsung Galaxy A5 sudah menggunakan Android 6.0 Marshmallow. Saat diuji di Mobitekno, belum ada informasi apakah bisa diupdate ke Nougat atau tidak. Namun, dengan Android 6..0 pun performanya sudah cukup meyakinkan.

Fitur-fitur lainnya yang bisa dinikmati diantarana adalah Always On Display untuk tampilan layar. Sistem ini membuat layar tetap menampilkan informasi waktu dan lainnya walau dalam keadaan mati. Selain itu, ada juga Samsung Apps. Seperti smartphone Samsung lainnya, Samsung Apps menjadi pllaystore khusus bagi aplikasi Samsung. Aplikasi-aplikasi ini sudah pasti bisa berjalan mulus di smartphone Samsung Galaxy A5 (2017).

Chip NFC yang ada di Samsung Galaxy A5 juga bisa digunakan untuk banyak hal. Jika Anda pengguna beberapa pembayaran sistem cashless, seperti mandiri e-Money atau BCA Flash, Anda bisa meng-install aplikasinya dan selanjutnya bisa memeriksa berapa saldo yang tersisa di kartu tersebut. Jadi, tidak perlu meminta bantuan alat khusus untuk memeriksa sldo e-Money Anda.

Performa

Mobitekno menguji kinerja Samsung Galaxy A5 (2017) dengan memanfaatkan tiga aplikasi benchmark, yaitu, Antutu, Geekbench, dan PC Mark. Berikut ini hasilnya.

Spesifikasi

Samsung galaxy A5 (2017) dibekali dengan spesifikasi hardware yang cukup tinggi. Selain menggunakan prosesor 1,9 GHz Octa core, Galaxy A5 menggunakan memori 3 GB RAM dan 32 GB ROM. Hal ini asih bisa ditambah dengan dukungan micro SD hingga 256 GB. Baterainya sendiri berkapasitas 3.000 mAh yang dapat bertahan cukup lama.
Untuk spesifikasi detailnya, bisa dilihat dalam tabel di bawah ini.

SamsungGalaxy A5 (2017)
Jaringan LTE Cat.6
Tampilan Layar 5.2” FHD Super AMOLED
Prosesor 1.9GHz Octa Core
OS Android6.0.16
(Marshmallow)
Kamera Belakang :16MP (F1.9)
Depan :16MP (F1.9)
Video MPEG4, H.265(HEVC),
H.264(AVC), H.263, VC-1,
MP43, WMV7, WMV8, VP8,
VP9
Audio MP3, AAC
LC/AAC+/eAAC+,AMR-NB,
AMR-WB, WMA, FLAC,
Vorbis, Opus
Fitur Tambahan Samsung KNOX, S-Voice,
Dual SIM
Konektivitas Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac,
Bluetooth® v 4.2, ANT+,
USB Type-C, NFC (UICC, eSE)
Sensor Accelerometer, Proximity,
Geomagnetic, RGB Light,
Hall
Fingerprint scanner,
Barometer
IP68 Tersedia
Memori 3GB RAM +32GB
Micro SD slot (hingga
256GB)
Dimensi 146.1 x 71.4 x 7.9mm
Baterai 3,000mAh,dengan Fast
Charging

Kesimpulan

Samsung Galaxy A5 (2017) memiliki desain bodi yang berbeda dari varian sebelumnya. Tetap dengan bodi metal, Galax A5 terlihat mewah bagi penggunanya. Samsung sendiri sempat menyebutkan bahwa varian Galaxy A ini hanya setingkat di bawah varian Galaxy S. Bahkan, beberapa aplikasi dan fitur sudah setingkat dengan Galaxy S.

Untuk fitur, sudah jelas bahwa IP68 menjadi jualan utamanya. Kemampuan tahan air ini yang membuat Samsung Galaxy A5 (2017) dan dua varian Galaxy A lainnya terlihat berbeda dari varian tahun sebelumnya. Smartphone menjadi lebih berkelas. Apalagi ditambah dengan layar yang menggunakan Super AMOLED, membuat tampilan apapun di layar terlihat lebih jernih dan detail.

Samsung juga perlahan tapi pasti menggunakan USB Type-C pada produkproduk barunya. Namun, perusahaan asal Korea Selatan ini tetap menyediakan port audio, walaupun fungsi audio bisa juga digabung dalam USB Type-C. Adanya port audio terpisah ini membuat nyaman bagi pengguna yang gemar mendengarkan musik.

Secara keseluruhan, Samsung Galaxy A5 (2017) merupakan smartphone ideal yang dapat digunakan harian oleh siapapun. Fitur dan fungsinya bisa menunjang aktivitas dengan lancar. Dengan kemampuan yang dimilikinya tersebut, Samsung membanderol Galaxy A5 (2017) ini dengan harga Rp 4.999.000.

Tags: , , , ,


COMMENTS