March 18, 2017

Lima Finalis ini Lolos ke Tingkat Nasional dalam Microsoft Imagine Cup 2017

Penulis: Eko Lannueardy
Lima Finalis ini Lolos ke Tingkat Nasional dalam Microsoft Imagine Cup 2017  

MOBITEKNO – Microsoft kembali menggelar Imagine Cup, sebuah ajang inovasi teknologi tahunan bagi pelajar dan mahasiswa berbakat dari seluruh penjuru dunia, untuk ke-15 kalinya. 

Pada pendaftaran Imagine Cup 2017 tingkat nasional yang telah dibuka sejak Desember 2016, sebanyak 521 tim yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia telah mendaftarkan diri. 

Angka ini meningkat 10% dari Imagine Cup 2016, menunjukkan semakin besarnya antusiasme pelajar Indonesia untuk menjadi developer dan digital entrepreneur.
 
"Kami, tim seleksi yang terdiri dari pegawai dan ex-pegawai Microsoft Indonesia, sempat melalui proses diskusi yang panjang sebelum akhirnya sepakat memilih 10 submission terbaik," ujar Irving Hutagalung, Audience Evangelism Manager, Microsoft Indonesia. 

Sebanyak 50% dari proses penilaian pun berfokus kepada pemanfaatan teknologi dalam pengembangan aplikasi, khususnya teknologi komputasi awan Azure. 

Ke-10 submission terpilih ini kami gabungkan dengan lima penerima wildcard, yang merupakan para juara kompetisi GEMASTIK dan Indosat Ooredoo Wireless Innovation Contest, sehingga total kami memiliki 15 semifinalis. 

"Berbeda dari Imagine Cup tahun-tahun sebelumnya, tahun ini kami tidak mengklasifikasikan Imagine Cup ke dalam kategori Innovation, Games, dan World Citizenship, sehingga membebaskan kreativitas para peserta dalam berinovasi," lanjut Irving.
 
Tepat pada Kamis, 16 Maret 2017 kemarin, ke-15 semifinalis tersebut pun hadir di kantor Microsoft Indonesia untuk mempresentasikan ide mereka di putaran semifinal Imagine Cup 2017. 

Tahap ini melahirkan lima finalis yang terdiri atas tim CaTour dari UNIKOM Bandung, tim CIMOL dari ITB, tim FRIYO dari IPB, tim GaBlind Universitas AMIKOM Yogyakarta, dan tim Miracle Studio dari UNIKOM Bandung.
 
Kelima finalis nasional tersebut akan kembali berkompetisi pada tanggal 6 April 2017 mendatang untuk mempresentasikan hasil final dari aplikasi yang mereka kembangkan. 

Pemenang babak final tingkat nasional nantinya akan diberangkatkan ke Manila, Filipina untuk bertemu dan berkompetisi dengan pemenang-pemenang dari negara-negara Asia Tenggara lainnya dan mereka akan memperebutkan tiket ke World Final Imagine Cup 2017.

World Final Imagine Cup 2017 sendiri akan berlangsung di Seattle, Amerika Serikat, bulan Juli mendatang. Para peserta di ajang final ini akan memperebutkan hadiah utama uang tunai sebesar US$ 100.000 dan layanan Microsoft Azure senilai US$ 120.000.

 

Tags: , , ,


COMMENTS