November 17, 2017

Luncurkan ‘Tesla Semi’, Elon Musk Ingin Tantang Truk Diesel di Segmen Komersial

Penulis: Iwan RS
Luncurkan ‘Tesla Semi’, Elon Musk Ingin Tantang Truk Diesel di Segmen Komersial  

MOBITEKNO – Tesla, Inc. adalah produsen mobil listrik yang selalu menarik perhatian banyak pihak. Bukan hanya karena komitmennya terhadap mesin (engine) listrik, tapi juga karena performa mesinnya yang mumpuni, desain menarik (modern), adanya teknologi swa-kemudi (semi otomatis), dan berbagai fitur canggih lainnya. 

Reputasinya sebagai perusahaan otomotif inovatif dan berani ‘mendobrak’ standar di industri mobil membuatnya menjadi magnet tersendiri bagi konsumen. Kiprah Tesla yang berani ‘melawan arus’ juga mengingatkan kita pada kiprah Apple di industri smartphone.

Kiprah Tesla baru-baru ini juga tidak kalah menariknya. Produsen mobil listrik yang bermarkas di Palo Alto, California, AS ini baru saja meluncurkan truk listrik yang mereka namakan Tesla Semi.

Seperti juga Model X, Model S, dan Model 3, truk Tesla Semi juga dilengkapi dengan kemampuan self-driving berkat adanya sistem Autopilot (semi-autonomous driver assist).

Truk yang diperkenalkan oleh Elon Musk, CEO Tesla, dalam sebuah acara di Hawthorne, Los Angeles, California (16/11/2017) akan memiliki jarak tempuh hingga 500 mil (sekitar 800 km) dalam kondisi baterainya penuh.

Dengan bantuan sistem Autopilot, truk kategori Class 8 Heavy Duty ini dapat ikemudikan secara mandiri (swa-kemudi) meski belum masuk kategori Autonomous Level 5.

""

""

Musk tidak menjelaskan lebih jauh mengenai daya tahan baterai yang berkaitan dengan jarak tempuh. Musk hanya menyatakan bahwa secara keseluruhan, biaya operasional truk Tesla Semi ini masih lebih rendah dari truk diesel. Produksi massal direncanakan pada 2019 nanti.

Mengingat tidak ada mesin (diesel) di bawah kap-nya, kabin kemudi Tesla Semi kini menjadi lebih lega. Setir mobil yang berada tepat di tengah berhadapan dengan kursi pengemudi akan didukung oleh dua layar sentuh di sisi kiri-kanan. 

Musk sangat bangga akan performa truk Tesla Semi ini. Ia bahkan menggambarkan performanya dengan sebutan BAMF (bad ass mother f**ker).” Kinerja truk listrik ini diklaim lebih bagus daripada truk diesel.

Tesla Semi disebut mampu berakselerasi dari 0-96 km/jam hanya dalam waktu 5 detik. Sekadar informasi, truk konvensional biasanya membutuhkan waktu selama 15 detik untuk mencapai kecepatan 96 km/jam.

""

""

Sejauh ini Tesla mengaku telah menerima order truk Tesla Semi dari perusahaan trasnportasi/ekspedisi J.B. Hunt dan jaringan toko Meijer Inc serta Wal-Mart. Jumlah pemesannya akan terus bertambah mengingat tingginya animo konsumen/perusahaan yang ingin mencobanya secara langsung.

Jumlah pemesanan Tesla Semi diprediksi lebih kecil dari saudaranya (Model X, Model S, dan Model 3) mengingat truk bertenaga listrik belum diterima semua pihak. Alasan lain adalah karena reputasi Tesla selama ini yang kerap tidak memenuhi target produksi pada waktu yang dijanjikan.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES