October 17, 2017

Fitur Keyboard Satu Tangan iOS 11 untuk Pengalaman Mengetik Lebih Mudah

Penulis: Rizki Romdoni
Fitur Keyboard Satu Tangan iOS 11 untuk Pengalaman Mengetik Lebih Mudah  

MOBITEKNO – Perangkat lunak mobile terbaru milik Apple, iOS 11, telah dilengkapi banyak fitur baru yang menarik. Namun ada satu hal yang mungkin tidak Anda ketahui, yakni fitur one-handed keyboard, yang memudahkan Anda bisa mengetik dengan satu tangan.

Dikutip dari Technobuffalo.com, apapun kondisinya, fitur terbaru IOS ini dirancang untuk mempermudah pengetikan – dan ramah bagi individu kanan dan kiri (kidal, red).

Anehnya, Apple tidak ingin mengiklankan fitur tersebut, yang bisa diaktifkan dan dinonaktifkan dengan cepat. Ini adalah salah satu dari sekian banyak fitur yang ditanam Apple di dalam iOS 11 yang mungkin tidak Anda ketahui.

Aktivasi One-handed Keyboard

Apakah Anda sedang mengetik catatan, membalas email, atau mengetik pesan, fitur keyboard satu tangan memudahkan proses mengetik lebih nyaman dengan menggeser keyboard ke kiri atau kanan. Idenya adalah membuat keyboard lebih terjangkau dalam satu genggaman, daripada harus meregangkan tangan Anda.

""

  1. Untuk mengaktifkan keyboard satu tangan, cukup tekan dan tahan tombol globe atau emoji yang berada di sebelah tombol 123.
  2. Anda akan melihat pop-up di mana Anda dapat memilih keyboard kiri atau kanan.
  3. Agar keyboard kembali normal, ketuk panah mungil itu, yang berada di sisi kiri atau kanan tergantung pada keyboard yang Anda pilih. Lakukan langkah yang sama setiap kali ingin mengaktfikan fitur ini bila diperlukan.

Jika Anda memilih untuk membuat keyboard satu tangan menjadi default, Anda dapat melakukannya dengan menavigasi ke Settings> General> Keyboard. Anda akan melihat opsi di One Handed Keyboard, di mana Anda dapat memilih kiri atau kanan untuk berada secara permanen.

""

Keyboard satu tangan mungkin bukan sesuatu yang Anda gunakan secara teratur, tapi tidak ada yang meragukan kenyamanannya. Penulis merasa fitur ini sangat berguna dalam situasi ketika tangan yang lain sedang sibuk, (saat melakukan pekerjaan satu tangan, red).

Tags: , ,


COMMENTS