April 17, 2017

Ini Penjelasannya Kenapa RAM 2 GB pada Nexus 5X Bisa di-Upgrade Menjadi 4 GB

Penulis: Iwan RS
Ini Penjelasannya Kenapa RAM 2 GB pada Nexus 5X Bisa di-Upgrade Menjadi 4 GB  

MOBITEKNO – Nexus 5X merupakan smartphone kerjasama Google dan LG yang cukup digemari konsumen tertentu karena kepastian update software (firmware), ‘kesederhanaan’ UI/UX, dan bebas bloatware.

Salah satu kelebihan lain yang baru saja diketahui adalah fleksibelnya smartphone ini untuk diperbaiki atau di-upgrade komponennya. Ini diketahui setelah seorang anggota forum XDA-Developers (Cathair2906) yang kebetulan bermasalah Nexus 5X-nya (masalah bootloop) menceritakan pengalamannya memperbaiki Nexus 5X di forum XDA-Developers.

Singkat cerita, bukan hanya Nexus 5X milikinya kembali normal, Cathair2906 juag RAM dengan kapasitas lebih besar, yaitu 4 GB.

Baca juga: ‘Berawal dari Reparasi Masalah Bootloop, Pengguna Nexus 5X Ketiban Bonus RAM 4 GB!

Apa yang menyebabkan Nexus 5X milik Cathair2906 dapat di-upgrade menjadi 4 GB (semula 2 GB)? Sebelumnya, Cathair2906 hanya melaporkan jika teknisi yang memperbaiki Nexus 5X (berlokasi di Cina) merekomendasikan penggantian CPU tanpa menyebutkan apakah CPU yang diganti sama (Snapdragon 808) atau CPU dengan model berbeda.

Mengingat Nexus 5X yang telah diperbaiki tersebut kini telah memiliki RAM 4 GB dan modul RAM dipasang bertumpuk dengan modul CPU (baca artikel sebelumnya), ada beberapa kemungkinan yang dapat menjelaskan kenapa kapasitas RAM pada Nexus 5X yang telah direparasi bisa menjadi 4 GB.

Kemungkinan pertama, CPU yang diganti masih berjenis sama (Snapdragon 808) tapi ditandem dengan RAM jenis berbeda (4 GB). Kemungkinan pertama ini kecil terjadi mengingat komponen PoP (package on package) pada Nexus 5X sejauh ini tidak menyediakan kombinasi CPU Snapdragon 808 dengan RAM 4 GB.

""

Kemungkinan ini dapat terjadi meski mengganti RAM (2 GB dengan 4 GB) yang saling bertumpuk dengan CPU bukan pekerjaan yang mudah. Terlebih karena teknisi juga menyarankan mengganti CPU (sekaligus RAM) terkait masalah bootloop-nya.

Kemungkinan kedua adalah komponen CPU dan RAM yang diganti tersebut berasal dari komponen smartphone lain yang juga menggunakan CPU Snapdragon 808. Misalnya, LG G4, Xiaomi Mi 4c, dan LG V10.

Smartphone yang paling cocok dengan Nexus 5X yang telah direparasi (RAM 4 GB) adalah LG V10. Argumennya adalah konfigurasi CPU dan RAM yang sesuai (Snapdragpon 808 dan RAM 4 GB) dan keduanya dibuat oleh produsen yang sama (LG).

Namun, kedua smartphone (Nexus 5X dan LG V10) belum tentu menggunakan desain/skema motherboard yang sama dan ada kemungkinan LG V10 pun tidak menggunakan komponen PoP.

Kemungkinan terakhir adalah menggunakan komponen POP (package on package) dengan RAM 4GB tapi dengan CPU berbeda (bukan Snapdragon 808). Smartphone dengan RAM 4GB mulai banyak diadopsi produsen smartphone sejak CPU berbasis 64 bit, seperti Snapdragon 810 diluncurkan oleh Qualcomm.

Seperti apa pastinya yang dilakukan saat reparasi Nexus 5X dilakukan mungkin hanya teknisi di Shenzhen, Cina atau pengguna Nexus 5X tersebut (Cathair2906) yang mengetahuinya.

Tags: , , , , ,


COMMENTS