December 16, 2017

Internet Broadband XL Sambangi Sulteng dan Gorontalo

Penulis: Eko Lannueardy
Internet Broadband XL Sambangi Sulteng dan Gorontalo  

MOBITEKNO – Perluasan infrastruktur jaringan 4G LTE oleh PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus dilakukan di wilayah Sulawesi dan kepulauan sekitarnya. Kini masyarakat di Sulawesi Tengah dan Gorontalo bisa ikut memanfaatkan layanan internet berkecepatan tinggi tersebut. 

Dengan demikian, saat ini total 45 kota/kabupetan di seluruh Sulawesi telah terjangkau layanan internet berkecepatan tinggi ini. Keberadaan layanan 4G LTE di kedua provinsi di Sulawesi ini merupakan upaya XL Axiata dalam meningkatkan kualitas layanan serta merealisasikan komitmennya.

Head of North Region XL Axiata, Desy Sari Dewi mengatakan, “Sulawesi Tengah dan Gorontalo merupakan daerah dengan potensi ekonomi yang besar. Dalam beberapa tahun terakhir, Sulawesi Tengah dan Gorontalo juga mengalami kemajuan pembangunan yang sangat berarti."

Sementara itu, Group Head – Commercial LTE XL Axiata, Rahmadi Mulyohartono mengatakan, untuk wilayah Sulawesi Tengah, layanan 4G LTE sudah masuk di area Kota Palu, Kabupaten Parigi Moutong, Kabupaten Donggala, Kabupaten Poso, dan Kabupaten Sigi yang didukung dengan total lebih dari 50 BTS 4G. 

"Di Gorontalo ada area Kota Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo dengan total sekitar 40 BTS 4G. Perluasan berikutnya ditargetkan akan menjangkau juga Kabupaten Gorontalo Utara dan Kabupaten Pahuwato. Total BTS 4G di seluruh Sulawesi yang menopang layanan di 45 kota/kabupaten mencapai lebih dari 600 unit BTS 4G," jelas Rahmadi.

Dalam perluasan layanan 4G LTE di Sulawesi Tengah dan Gorontalo ini, XL Axiata menyesuaikan dengan pembangunan infrastruktur di berbagai bidang yang sangat gencar dilaksanakan pemerintah. XL Axiata berharap tersedianya infrastruktur 4G LTE akan bisa mendukung percepatan pembangunan di bidang lainnya. 

Perluasan layanan 4G LTE di Sulawesi masih akan terus dilakukan di tahun depan yang ditujukan untuk lebih menjangkau ke kota/kabupaten lainnya. Apalagi, di berbagai wilayah di Sulawesi terdapat daerah-daerah dengan potensi sumberdaya alam yang besar, baik pertambangan, pertanian dan perikanan, perkebunan, juga pariwisata. 

Permintaan layanan Data yang berkualitas memang terus tumbuh di seluruh area Sulawesi Tengah dan Gorontalo. Dalam setahun terakhir, trafik Data meningkat hingga lebih dari 170% di wilayah Sulawesi Tengah dan lebih dari 100% di wilayah Gorontalo. 

Tingkat penggunaan smartphone terutama 4G  oleh pelanggan di kedua provinsi, juga terus meningkat dan kini mencapai masing-masing lebih dari 50% dari total pelanggan di Sulawesi Tengah dan lebih dari 48% di Gorontalo. Sementara itu di seluruh Sulawesi, jumlah pelanggan smartphone 4G terus meningkat dan kini telah mencapai 60%. 

Saat ini secara nasional sebanyak 347 kota/kabupaten di seluruh Indonesia telah terjangkau layanan internet cepat 4G LTE (melebihi dari target 300 kota/kabupaten), termasuk di antaranya ratusan kota/kabupaten di Jawa, Bali, Lombok, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. 

Sementara itu, hingga akhir Oktober 2017 pelanggan layanan Data secara umum juga terus meningkat seiring dengan bertambahnya pelanggan yang menggunakan smartphone yang mencapai 70% dari total pelanggan. Pelanggan layanan XL 4G LTE juga terus tumbuh dan telah mencapai lebih dari 20 juta dari total pelanggan yang ada.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS