April 16, 2017

Mengenal G-Vectoring Control (GVC) pada Mazda CX-3

Penulis: Desmal Andi
Mengenal G-Vectoring Control (GVC) pada Mazda CX-3  

MOBITEKNO – Telah diketahui bersama bahwa tipe tertinggi dari Mazda CX-3, yaitu GRAND TOURING sudah mengadopsi G-Vectoring Control (GVC). Fitur ini merupakan teknologi tinggi yang dibuat Mazda untuk produk kendaraannya. Baru Mazda yang mengadopsi sistem ini untuk menambah tingkat keamanan dan kenyamanan berkendara. Namun, apa sih GVC itu?

G-Vectoring Control (GVC) merupakan bagian dari SKYACTIV-VEHICLE DYNAMICS yang melengkapi jajaran SKYACTIV-Technology. Mazda mengembangkan teknologi ini untuk kendaraannya, sehingga GVC merupakan teknologi terbaru dan luar biasa dari Mazda yang baru pertama kali digunakan pada kendaraan.

Melalui GVC, kendaraan bisa mengurangi torsi mesin sebanyak maksimal 3% (sangat sedikit dan tidak akan terasa) saat mobil mulai memasuki tikungan, dan mengembalikannya lagi saat keluar dari tikungan. Namun, kerja yang sederhana ini berlangsung berulang-ulang dengan sangat cepat hingga sepersekian detik termasuk saat mobil berjalan lurus. Perlu diingat bahwa mobil bejalan lurus bukan berarti bisa lurus dengan sempurna, namun sebenarnya mobil masih berjalan berkelok-kelok, walau dalam skala sangat kecil.

Nah, saat torsi mesin dikurangi, bobot mobil pun akan berpindah ke depan sehingga hal ini dapat menambah daya cengkeram (grip) ban depan yang akan mengurangi kemungkinan understeer, sekaligus secara otomatis mengalihkan gaya sentrifugal ke samping menjadi sedikit ke depan.

Disaat torsi mesin dikembalikan, bobot mobil pun akan pindah ke belakang lagi sehingga menambah grip ban belakang yang akan mengurangi kemungkinan oversteer, sekaligus secara otomatis mengalihkan gaya sentrifugal ke samping menjadi sedikit ke belakang.

Dari sisi kenyamanan, tentu saja teknologi GVC akan mengurangi derita pengemudi maupun penumpang akibat gaya sentrifugal ke samping saat mobil melaju di tikungan. Dengan demikian,fitur ini dapat mengurangi risiko kelelahan pengemudi maupun penumpang sehingga merekaa tetap nyaman dalam kendaraan.

Dari sisi keselamatan, GVC juga akan mengurangi derita mobil itu sendiri akibat gaya sentrifugal ke samping saat mobil melaju di tikungan, sehingga kemungkinan understeer maupun oversteer akan jauh berkurang. Jadi, dengan teknologi ini, tentu saja Mazda CX-3 GT memiliki tingkat keselamatan yang baik. Todak heran, harganya pun berbeda cukup signifikan dibandingkan tipe TOURING.. Tipe GT ini dijual denngan harga Rp. 435.000.000.

 

Tags: , ,


COMMENTS