January 16, 2017

Mobil Nissan Otonom Akan Diuji Di Jalan Raya London Bulan Depan

Penulis: Desmal Andi
Mobil Nissan Otonom Akan Diuji Di Jalan Raya London Bulan Depan  

MOBITEKNO – Selama masih menunggu kesiapan mobil full otonom hadir dengan kemampuan sempurna, beberapa industri otomotif sudah melakukan berbagai pengujian untuk produk-produk mobil yang dapat mengemudikan sendiri di jalan raya sesungguhnya. Perusahaan otomotif ini cukup agresif dalam menampilkan dan menguji mobil-mobil tersebut. Salah satunya adalah Nissan.

Pabrikan otomotif asal Jepang ini, sebelumnya sudah melakukan banyak pengujian mobil otomatisnya di jalan raya. Akan tetapi, pengujian Nissan banyak dilakukan di jalan raya umum di negaranya sendiri. Tahun lalu, Nissan juga mencobanya di Silicon Valley, Amerika Serikat. Kini, Nissan pun akan melihat kemampuan mobil otomatisnya di jalan raya di benua Eropa. London, menjadi kota tujuan untuk menguji mobil Nissan Leaf yang sudah dibekali fitur otonom. 

Nissan yang mendapat dukungan dari pemerintah Jepang untuk menguji mobil otonomnya mengaatakan bahwa uji coba ini bisa membantu Nissan menjadi pemimpin dunia dalam hal pengembangan teknologi otomotif. Untuj pengujian di London yang akan dilakukan bulan Februari 2017 ini, Nissan akan mengambil rute yang sudah disetujui oleh otoritas setempat. Namun, rute pastinya, Nissan belum menginformasikan ke banyak pihak. 

Seperti halnya pada pengujian-pengujian mobil otonom di jalan raya, seorang pengemudi tetap harus ditempatkan di bangku belakang mobil otonom. Hal ini untuk mengantisipasi keadaan darurat bisa terjadi diluar skenario pengujian, sehingga pengemudi bisa mengambil-alih kemudi sepanjang waktu pengujian.  

Tags: , , , ,


COMMENTS