January 16, 2017

CBN dan IDC Gelar Kopdar Terbesar Para Admin Open IXP Seluruh Indonesia

Penulis: Karyo
CBN dan IDC Gelar Kopdar Terbesar Para Admin Open IXP Seluruh Indonesia  

MOBITEKNO – PT Cyberindo Aditama ( CBN ) dan IDC Indonesia baru saja menggelar acara kopidarat (kopdar) bagi para para System Administrator (SysAdmin) bertajuk Open IXP Gathering 2017. Ajang yang dihadiri 1500-an orang SysAdmin yang dijuluki  ‘Opisboy’ ini di klaim sebagai ajang pertemuan SysAdmin terbesar se-Asia Tenggara.

Menurut Johar Alam Rangkuti, Komisaris PT IDC Indonesia, saat ini terdapat 735 Aotonomous System Numbers ( ASN ), yang merupakan nomor unik secara global yang digunakan untuk mengidentifikasi sistem otonom ( Ases)  dan yang memungkinkan sebuah AS untuk bertukar informasi routing eksterior antara ASes tetangga.  ASN adalah group terhubung jaringan IP yang mematuhi satu dan kebijakan routing yang didefinisikan dengan jelas.

“ASN yang terdaftar dalam exchange routing Indonesia tersebut berasal dari beragam industri, mulai dari ISP, pemerintahan, NAP, pendidikan, operator telekomunikasi, bisnis dsb. Masing-masing ASN tersebut digawangi oleh SysAdmin/’opisboy’ utama dan tim yang menjaga kestabilan traffic internet di Indonesia selama 24 jam per hari, 7 hari per minggu dan 365 hari per tahun. Para opisboy ini saling bahu-membahu menjaga dan bertukar informasi traffic setiap harinya untuk dunia maya, seperti mailing list atau group social messanger,” ujar Johar Alam Rangkuti saat gathering para opisboy tersebut di Jakarta, Jum’at (13/01/2017).

Perkembangan penggunaan internet yang terus berkembang, menurut Johar merupakan hal yang mengembirakan sekaligus menjadi tantangan para opisboy tersebut. Saat ini menurut data APJII tahun 2016, tercatat 132,7 juta penduduk Indonesia sudah terhubung dengan internet, mengalami kenaikan 51,8 % dari tahun 2014. Sementara data traffic internet secara nasional saat ini  yang digawangi oleh para opisboy tersebut sebesar 165562,75Mbps2

Sementara itu menurut Marcelius Ardiwinata, Chief Operating Officer CBN, ajang pertemuan para opisboy tersebut merupakan ‘kado’ pada para opisboy sebagai ‘ pahlawan tanpa tanda jasa’ di bidang internet Indonesia pada HUT CBN ke 21 yang jatuh pada 8 Januari.  “OpenIXP terbentuk karena kebersamaan, saling membutuhkan, saling membantu, saling menjaga dan saling memiliki,” ujar Marcelius pada kesempatan yang sama.

Marcelius berharap dengan adanya kopdar yang didukung oleh FiberStar, NOKIA, MMP Solution, dan Clicksquare tersebut, selain sebagai ajang silaturahmi, saling tukar informasi dan pengalaman secara langsung, para opisboy  juga  diharapkan semakin solid dalam menghadapi tantangan kestabilan jaringan internet di Indonesia.

Tags: , , , , ,


COMMENTS