December 15, 2017

ViBi Cloud Hadirkan Layanan Hybrid Cloud dengan Menggunakan Platform Microsoft Azure Stack

Penulis: Karyo
ViBi Cloud Hadirkan Layanan Hybrid Cloud dengan Menggunakan Platform Microsoft Azure Stack  

MOBITEKNO – Transformasi digital yang dilakukan perusahaan saat ini tak akan lepas dari berbagai solusi cloud. Namun terkadang penggunaan solusi cloud masih terkendala dengan adanya rasa keraguan dan terkendala dengan Peraturan Pemerintah No.82 tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik, yang salah satunya mengharuskan penempatan data centernya di wilayah Indonesia.

Menyikapi hal itu  ViBi Cloud sebagai Penyedia Layanan Cloud di Indonesia, kini menghadirkan solusi inovasi Hybrid Cloud dengan layanan end-to-end pertama dengan platform Microsoft Azure Stack.

Solusi Hybrid Cloud yang dihadirkan ViBiCloud tersebut  merupakan solusi hasil kolaborasi dengan Microsoft, Hypernet, Megaport, dan HPE. Solusi Cloud  tersebut merupakan solusi Azure Stack yang dijalankan di atas platform Microsoft Hybrid Cloud.

Dengan solusi tersebut, perusahaan dapat menentukan mana data yang boleh disimpan di awan (public), dan mana yang harus dijaga privasinya sehingga harus disimpan secara internal (private). Solusi ini merupakan pilihan ideal bagi perusahaan di Indonesia yang berkewajiban untuk menjaga privasi data namun tetap mendapatkan jasa layanan dan maintenance aplikasi dari tim teknis ViBiCloud selama 24 jam setiap hari.

Dengan menggunakan solusi tersebut berarti telah memenuhi persyaratan sesuai dengan PP. No. 82 tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik, yang salah satu pasalnya menyatakan bahwa Penyelenggara Sistem Elektronik untuk pelayanan publik wajib menempatkan pusat data dan pusat pemulihan bencana di wilayah Indonesia untuk kepentingan penegakan hukum, perlindungan, dan penegakan kedaulatan negara terhadap data warga negaranya.

Menurut  Alfonsus Bram, CEO ViBiCloud, banyaknya perusahaan yang masih meragukan untuk mengimplementasikan solusi berbasis komputasi awan disebabkan karena mereka tidak ingin data perusahaan mereka diakses oleh pihak luar. Namun dengan solusi Hybrid Cloud yang dihadirkan ViBiCloud tersebut hal itu berati sudah terjawab.

“Solusi Hybrid Cloud yang Simple, Secure, Reliable juga menjadi solusi bagi perusahaan yang mencari mitra penyedia jasa komputasi awan namun tetap ingin mengikuti peraturan perundangan yang berlaku,” ujar Bram, di Jakarta,Kamis ( 14/12/2017).

Sementara itu menurut Mulia Dewi Karnadi, Director – One Commercial Partner & Small Medium Corporate (OCP&SMC), Microsoft Indonesia, lebih dari 90% pemimpin bisnis di Indonesia menunjukkan perlunya melakukan transformasi digital untuk dapat terus bertumbuh, sebagai bagian dari Revolusi Industri keempat.

“Sebagai dampaknya, kami melihat beberapa perusahaan mulai memprioritaskan penggunaan komputasi awan hybrid, dibandingkan solusi komputasi awan publik atau private,” ujar Dewi pada kesempatan yang sama.

"Pergeseran komputasi awan intelijen akan menciptakan lebih banyak kesempatan untuk memperbesar kapasitas, mengurangi biaya operasional dan meningkatkan efisiensi. Microsoft dan ViBiCloud berkomitmen untuk membantu pelanggan enterprises di Indonesia mempercepat proses transformasi digital mereka dengan solusi yang aman, terukur, fleksibel dan berkelanjutan," tegas Dewi menambahkan.

Hal senada diungkapkan pula oleh Imelda Setijadi, Mid Market and Channels Director HPE. “Kami menyediakan platform berkinerja terbaik dengan lebih fleksibel untuk memberikan konfigurasi yang sesuai untuk berbagai ukuran perusahaan seperti RAM hingga 768 GB, berbagai pilihan CPU serta storage dan menyediakan konfigurasi Azure mulai dari empat sampai dua belas node,” ujar Imelda.

Solusi yang didukung oleh Hypernet Technologies tersebut memungkinkan penggunaan infrastruktur jaringan dengan koneksi jaringan tertutup langsung menggunakan fiber optic ke Data Center Cloud Global seperti Microsoft Azure.

“Dengan adanya dukungan jaringan ini, peningkatan kualitas layanan dari sisi kecepatan akses dan keamanan data menjadi lebih aman dan terjamin dibandingkan jaringan internet pada umumnya,” ujar Sudianto Oei, CEO Hypernet.

Solusi Hybrid Cloud yang dihadirkan oleh ViBi Cloud yang telah mendapat dukungan dari mitra expertnya tersebut memiliki keunggulan layanan bagi para pelanggannya. Pasalnya, ViBiCloud memiliki tim lokal bersertifikasi resmi dari Microsoft yang secara khusus didedikasikan untuk memberikan pelayanan selama 24 jam bagi para pelanggan bisnis di Indonesia.

Tags: , , ,


COMMENTS