November 15, 2017

ExxonMobil Lubricants Luncurkan Mobil DTE 932 GT untuk Mesin Turbin Pembangkit Listrik

Penulis: Karyo
ExxonMobil Lubricants Luncurkan Mobil DTE 932 GT untuk Mesin Turbin Pembangkit Listrik  

MOBITEKNO – Kebutuhan akan energy listrik yang terus meningkat dari tahun ke tahun, tentu membutuhkan berbagai  upaya dan solusi penghematan dalam proses produksi maupun  penggunaan energi. Salah satu upaya dan solusi penghematan tersebut adalah dengan meningkatkan produktifitas mesin turbin pada pengbangkit listrik.

Salah satu unsur pendukung dalam meningkatkan produktifitas mesin turbin pembangkit listrik tersebut adalah menggunakan pelumas mesin turbin yang mempunyai performa tinggi untuk lebih menurunkan tingkat downtime mesin tersebut yang pada akhirnya dapat meningkatkan produktifitas kinerja mesin tersebut.

Mobil Lubricants sebagai salah satu pemain indutri pelumas yang telah berpengalaman 100 tahun lebih menjawab tantangan tersebut dengan menghadirkan produk pelumas untuk turbin pembangkit listrik berperforma tinggi.

Mobil Lubricants baru saja secara resmi menghadirkan DTE™ 932 GT, produk pelumas premium yang dirancang khusus untuk meningkatkan kinerja turbin. Mobil DTE™ 932 GT, adalah pelumas turbin generasi baru dengan performa tinggi yang dirancang untuk mesin turbin yang besar.

Menurut Colin Cui, General Manager Industrial Lubricants, ExxonMobil Lubricants Indonesia, selama lebih dari 100 tahun, jajaran produk pelumas Mobil Lubricants selalu dipilih dan digunakan oleh banyak operator mesin turbin di dunia.

“Selama kurun waktu tersebut, para ilmuwan dari perusahaan kami selalu mempertahankan hubungan yang baik dengan mereka guna memaksimalkan manfaat pelumas berperforma tinggi dapat tetap mereka rasakan, seperti perpanjangan usia peralatan dan interval pergantian pelumas serta berkontribusi meningkatkan keselamatan dan produktivitas selama kegiatan operasional, “ ujar  Colin di sela-sela acara peluncuran produk tersebut di Jakarta, Rabu  (15/11/2017).

Sementara menurut Deni Setiawan, Indonesia Power Sector Manager, ExxonMobil Lubricants Indonesia,  pihaknya berkomitmen untuk mendukung pembangkit energi dapat terus beroperasi, mengingat tingginya biaya yang akan dikeluarkan saat downtime yang juga bisa menyebabkan gangguan pasokan listrik. “Oleh karena itu, kami percaya formulasi seimbang dari Mobil DTE™ 932 GT dapat menjaga kinerja mesin turbin tetap bersih yang dikombinasikan dengan oksidasi tingkat tinggi dan stabilitas termal sehingga membantu memperpanjang performa dan keandalan kinerja mesin turbin,” ujar Deni

Mobil DTE™ 932 GT, lanjut Deni,  mampu memenuhi persyaratan dari turbin gas modern dimana produk ini dapat digunakan baik sebagai pelumas bantalan turbin maupun untuk kontrol hidrolik. Kemampuan menjaga kebersihan (keep-clean) yang paling terdepan dari Mobil DTE™ 932 GT, dikombinasikan dengan tingkat oksidatif dan stabilitas termal dapat memperpanjang dan  meningkatkan kemampuan  turbin. Mobil DTE™ 932 GT juga dirancang untuk memenuhi standar untuk turbin General Elektrik frame 3, 5, 6, 7 dan 9 dengan bantalan poros umum dan tangki penampung cairan hidrolik.

Pada kesempatan yang sama , Arief Kusniarto, Indonesia Engineering Service Manager, ExxonMobil Lubricants Indonesia, menjelaskan bahwa pruduknya telah memenuhi dan melampaui persyaratan kualitas tertinggi yang ditetapkan oleh Mitsubishi Heavy Industries , Ltd. Pelumas tersebut sudah lulus uji spesifikasi MS04-MA-CL005 yang ketat dari MHI (Mitsubishi Heavy Industries) dan juga berarti memenuhi persyaratan perlindungan MHI untuk penggunaan turbin jangka panjang dan pada temperatur tinggi.

Arief juga menjelaskan beberapa keunggulan dari produk barunya tersebut. Beberapa keunggulan Mobil DTE™ 932 GT, menurutnya diantaranya adalah sifat pelumas tersebut yang tahan panas, dapat mengurangi terjadinya varnish (kerak pada mesin), serta mempunyai umur yang lebih panjang, sehingga dapat menurunkan tingkat downtime. Bahkan menurut Arief produknya diklaim mempunyai umur pemakaian yang lebih lama 2x dari merek pelumas lainnya.

Pada akhirnya menurut Arief, dengan keunggulan tersebut, maka penggunaan Mobil DTE™ 932 GT, dapat meningkatkan produktifitas dan kinerja mesin yang ujung-ujungnya adalah mengurangi biaya produksi dan operasional dari pembangkit listrik tersebut.

Selain beberapa keunggulan dan dan performa yang tinggi dari produk tersebut, Mobil Lubricants juga, menyediakan solusi Mobil Serv Lubricant Analysis (MSLA), sebuah solusi untuk mengecek dan mendeteksi serta mengetes keberadaan pelumas pada mesin tersebut. “MSLA akan memonitor turbin dan mendeteksi kondisi pelumas jika terjadi kontaminasi serta keausan dini,” ujar Arief  pada kesempatan tersebut.

“Analisis turbin dapat diaplikasikan pada turbin gas dan uap baik yang digunakan terus menerus atau berperiode. Pelayanan ini juga termasuk pada pengujian untuk meningkatkan kualitas turbin dengan cara memonitor kebersihan sistem dan kinerja pelumas," pungkas  Arif.

Tags: , ,


COMMENTS