October 15, 2017

Hasil Kampanye 10.10, Shopee Catat Rekor 1 Pesanan Dalam 24 jam

Penulis: Karyo
Hasil Kampanye 10.10, Shopee Catat Rekor 1 Pesanan Dalam 24 jam  

MOBITEKNO – Kampanye  10.10 Big Mobile Shopping Day Shopee yang digelar untuk kedua kalinya  ini  telah mencatatkan rekor baru dengan total hampir 1.000.000 pesanan dan 2 kali peningkatan kunjungan aplikasi hanya dalam kurun waktu 24 jam.  Kampanye tersebut didukung oleh lebih dari 150.000 penjual di seluruh pelosok Indonesia dan lebih dari 30 mitra strategis termasuk Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Indonesia.  Kampanye ini juga diklaim  telah berhasil mencatatkan 5 juta chat. 

Dalam kampanye  tersebut , kategori produk yang mengalami peningkatan terbanyak adalah kategori elektronik, perlengkapan rumah tangga, dan kosmetik.  Adapun jenis produk yang mengalami peningkatan terbanyak mencakup blender dan juicer, seprai kasur dan lipstick.

Dari data yang diperoleh menunjukan bahwa sekitar 95% pesanan di kampanye 10.10 Big Mobile Shopping Day 2017 berasal dari aplikasi Shopee diponsel. Hai itu menurut Rezki Yanuar, Brand Manager Shopee Indonesia,   merefleksikan pertumbuhan tren belanja online melalui ponsel di Indonesia. “User Interface Shopee secara khusus diciptakan untuk perangkat mobile, yang memudahkan aktivitas belanja online melalui ponsel menjadi lebih cepat dan intuitif,” ungkap Rezki menjelaskan, saat acara pemaparan hasil Kampanye  10.10 Big Mobile Shopping Day Shopee, di Jakarta , Kamis (12/10/2017).

Menurut Handika Jahja, Head of Operation Shopee Indonesia hasil pencapaian tersebut merupakan  sejarah buat  Shopee. “ Di event tersebut traffic penjualan kami meningkat dua kali lipat dibandingkan program kampanye sebelumnya. Peningkatan jumlah pembelian mencapai 95%. Bagi kami ini di luar dugaan,” ujar Handika  di Jakarta. Handika juga mengungkapkan bahwa keberhasilan tersebut berkat dukungan dari mitra-mitra Shopee, seperti para penjual, JNE, serta mitra perbankan dan dukungan penuh dari tim Shopee sendiri.

Sementara itu Rezki  menambahkan bahwa rekor jumlah pesanan di event tersebut jauh melebih target awal.  “ Tadinya kami menargetkan paling tidak lebih dari hasil promo program sebelumnya. Namun ternyata melebihi bahkan bisa 3 kali lipat peningkatannya dari pencapain sebelumnya,” ujar Rezki pada kesempatan yang sama.

Rezki juga mengungkapkan bahwa saat puncak arus trafik terjadi, secara teknis tidak mengalami kendala. Hal itu menurutnya berkat dukungan dan kesiapan tim teknis dari Shopee.

Keberhasilan Shopee menggelar program kampanye tersebut, tentunya dinikmati pula oleh para mitra Shopee sendiri seperti JNE yang telah menjadi mitra logistiknya sejak awal. Begitu juga dinikmati oleh para penjual, seperti yang dinikmati oleh Evy Nurmawati, pemilik toko@Momyaisha_olshop, salah satu penjual pakaian di Shopee yang tersohor.

Menurut Evy, saat program kampanye tersebut, penjualannya  mengalami peninkatan dua kali lipat. “ Jumlah pesanan saat program tersebut bisa menjual sampai 500 , “ ujarnya sumringah. Meski tanpa mau menyebut jumlah nominal omsetnya dari hasil kampanye tersebut, namun Evy merasa sangat senang dengan pencapain peningkatan jumlah penjualannya tersebut. 

” Kami tidak sabar untuk dapat berpartisipasi di kampanye 10.10 Big Mobile Shopping Day tahun depan,” ujarnya bersemangat.

Hal senada diungkapkan juga oleh Mayland Hendar Prasetyo, Head of Marketing Communication Division JNE, pihaknya merasa senang dapat menjadi bagian dari kampanye 10.10 Big Mobile Shopping Day.  Menurutnya, saat meningkatnya jumlah pesanan saat puncak kampanye berlangsung, tim JNE pun bekerja dengan giat untuk memastikan kelancaran pengiriman pesanan bagi pengguna di pelosok negeri, dengan dukungan puluhan ribu karyawan di lebih dari 6.000 titik layanan eksklusif yang dimiliki JNE.

“Berkat dukungan sistem yang terintegrasi milik Shopee, proses pengiriman pesanan pembeli pun dapat berjalan dengan lancar, “ ujar Mayland  bangga.

Pada kesempatan pengumuman hasil program  10.10 tersebut Shopee juga menyerahkan secara simbolik hadiah sebuah mobil BMW  kepada  seorang pemenang. Saat ini, Shopee mengklaim  menempati peringkat pertama sebagai aplikasi e-commerce terbaik di Indonesia.

Tags: , ,


COMMENTS