April 15, 2017

Berawal dari Reparasi Masalah Bootloop, Pengguna Nexus 5X Ketiban Bonus RAM 4 GB!

Penulis: Iwan RS
Berawal dari Reparasi Masalah Bootloop, Pengguna Nexus 5X Ketiban Bonus RAM 4 GB!  

MOBITEKNO – Tidak seperti PC yang bisa di-upgrade beberapa komponennya (CPU, RAM, storage), smartphone hampir tidak memberi ruang untuk mengupgrade komponen. Pengguna samrtphone hanya dapat mengganti komponen lama yang rusak dengan komponen baru dan bukan meng-upgrade-nya. Benarkah?

Pengecualian selalu ada. Tahun lalu, seorang teknisi kreatif pernah sukses melakukan upgrade smartphone denga komponen yang lebih baru. Contohnya, upgrade internal storage Nexus 5, dari sebelumnya 32 GB (eMMC 5.0) menjadi storage 64GB (eMMC 5.0).

""

Membuka cover belakang Nexus 5X dengan tool khusus (foto: ifixit.com)

Kini, smartphone Google kembali menjadi objek upgrade. Namun, kali ini bukan internal storage-nya yan di-upgrade melainkan kompenen RAM. Smartphone Google pun tidak lagi Nexus 5, melainkan smartphone Google hasil kolaborasi berikutnya dengan LG, yaitu Nexus 5X.

Salah anggota forum XDA-Developers (Cathair2906) melaporkan kesuksesannya via sebuah screenshot yang menampilkan bagaimana Nexus 5X miliknya sukses di-upgrade RAM dari semula 2 GB menjadi 4 GB. Cathair2906 mengaku sukses meng-update firmware dari Android 6.0.1 menjadi versi 7.1.2 (Nougat terbaru).

Menurut Cathair2906, kejadian ini berawal dari masalah bootloop pada Nexus 5X miliknya. Oleh karena masa garansinya telah habis, pihak LG Hong Kong (dibeli di Hong Kong) tidak menerima jasa perbaikan Nexus 5X yang berakitan dengan masalah bootloop. Meski di beberapa negara, misalnya LG Korea masih menerima masalah yang berakitan dengan bootloop.

Cathair2906 akhirnya berinisiatif menggunakan jasa perbaikan smartphone yang berlokasi di Cina. Setelah Nexus 5X dicek lebih lanjut, teknisi menyarankan untuk mengganti prosesor (Snapdragon 808) agar masalah bootloop bisa teratasi.

Setelah chip baru dipasang, ternyata bukan masalah bootlooop saja yang teratasi tapi Cathair2906 juga mendapai Nexus 5X miliknya telah memakai RAM baru dengan kapasitas 4 GB.

""

Motherboard Nexus 5X dengan rangkaian chip yang terpasang padanya. Kotak merah menunjukkan modul RAM yang berada di atas prosesor Snapdragon 808 (foto: ifixit.com).

Apabila dilihat lebih lanjut skema mainboard Nexus 5X yang pernah dibongkar oleh iFixit, dapat diketahui bahwa modul prosesor hexa-core Snapdragon 808 1.8 Gz (Qualcomm MSM8992) memang dipasang bertumpuk dengan modul RAM (Samsung K3QF3F30BM-QGCF LPDDR3). Inilah yang mungkin menjadi alasan Nexus 5X milik Cathair2906 akhirnya juga memiliki RAM baru (4 GB).

Bagi Anda yang masih memiliki Nexus 5X dan ingin mencoba meng-upgrade Nexus 5X milik bisa bertanya langsung ke Cathair2906 di forum XDA-Developers ini. Menurut Cathair2906, ongkos yang harus dikeluarkannya pun tidak mahal hanya sekitar US$ 60. Tertarik?

""
 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES