December 14, 2017

Apple Akuisisi Shazam dengan Nilai US$ 400 Juta

Penulis: Rizki Romdoni
Apple Akuisisi Shazam dengan Nilai US$ 400 Juta  

MOBITEKNO – Apple pada hari Senin mengonfirmasi telah mencapai kesepakatan untuk mengakuisisi Shazam Entertainment, aplikasi yang memungkinkan pengguna mengidentifikasi lagu dengan mengarahkan ponsel cerdas ke sumber audio.

Apple tidak memberikan harga untuk akuisisi tersebut. Namun, situs berita teknologi TechCrunch melaporkan kesepakatan tersebut pada hari Jumat dengan harga sebesar US$ 400 juta, jauh dari valuasi US$ 1 miliar terbaru untuk Shazam yang dipegang secara pribadi.

Apple mengatakan bahwa aplikasi yang berbasis di Inggris ini akan menjadi "natural fit" dengan layanan streaming Apple Music. Dengan cara ini, Apple membantu pengguna untuk menemukan lagu baru. Apple Music sendiri saat ini memiliki 27 juta pengguna dan terus bersaing melawan Spotify, yang memiliki 60 juta pengguna. Apple mengatakan tim Shazam akan bergabung dengan perusahaannya di Cupertino.

Dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir NYpost, juru bicara Apple Tom Neumayr mengatakan, “Shazam digunakan oleh ratusan juta orang di seluruh dunia, di berbagai platform. Kami memiliki rencana menarik di toko, dan kami berharap dapat menggabungkan dengan Shazam setelah menyetujui kesepakatan hari ini. "

Apple tidak menjelaskan rencana ke depan dengan detail. Saat ini, Shazam juga tersedia di perangkat berbasis Android. Dengan pembelian ini, Apple belum mengatakan apakah versi Android akan tetap tersedia untuk selanjutnya. Sebagai informasi, Shazam mengakhiri dukungan untuk versi perangkat lunaknya yang berjalan di PC Windows Microsoft Corp awal tahun ini.

Tags: , , ,


COMMENTS