November 14, 2017

Tidak Suka dengan Layar OLED iPhone yang Coak? Ini Solusi Praktisnya!

Penulis: Iwan RS
Tidak Suka dengan Layar OLED iPhone yang Coak? Ini Solusi Praktisnya!  

MOBITEKNO – Antrian panjang pembeli di banyak toko resmi Apple di berbagai kota besar dunia sudah cukup membuktikan bahwa iPhone X (baca: iPhone Ten) akan kembali menuai sukses di pasar.

Animo dan antusiasme tinggi setiap kali iPhone terbaru dirilis sudah bukan sebuah kejutan lagi. Apalagi ditambah dengan banyaknya inovasi baru pada iPhone X yang juga diluncurkan untuk menandai eksistensinya selama satu dekade.

Beberapa inovasi baru iPhone X, setidaknya bagi Apple, diantaranya fitur wireless charging, layar OLED, kamera dual lensa dengan depth sensing, dan sistem pengenalan wajah Face ID yang didukung TrueDepth camera system.

Desain layar OLED iPhone X sendiri, khususnya bagian notch (coak) di tengah atas layar menjadi salah satu hal yang cukup diperbicangkan. Ada yang menyukainya dan ada pula yang kurang menyukainya.

Penilaian positif karena Apple dianggap tetap meneruskan tradisinya mengedepankan desain yang unik dan baru pada iPhone X. Sedangkan pandangan negatif karena notch tersebut dianggap mengganggu (distracting) mata pengguna saat menonton atau membaca konten di layar. Adanya notch juga dianggap bertentangan dengan ‘misi’ layar bezel-less dengan frame minimalisnya.

""

""

Sekadar informasi, adanya notch pada layar iPhone X diperlukan Apple untuk memberi ruang pada TrueDepth camera system untuk menghadirkan fitur Face ID. TrueDepth camera system membutuhkan modul sensor, seperti dot projector, infrared camera, flood illuminator, camera 7 MP, dan proximity sensor.

Adanya pandangan pro dan kontra terkait layar yang coak ini akhirnya melatarbelakangi hadirnya sebuah aplikasi khusus bernama ‘Notch Remover’ Dari namanya kita dapat meniduga fungsi utama aplikasi tersebut.

Aplikasi Notch Remover memang berfungsi untuk ‘menghilangkan’ notch pada layar iPhone X, tapi bukan dengan menghilangkan notch melainkan ‘menghilangkan’ layar di kedua sisi notch (bagian atas layar) dengan tampilan hitam agar lebih menyatu dengan notch. Indikator baterai, sinyal, waktu, dan lain-lain sendiri masih tetap tampil meski dengan latar belakang hitam.

Sudah pasti, aplikasi Notch Remover (US$ 0,99) akan membuat diagonal layar iPhone X menjadi lebih kecil. Namun, bagi pengguna yang selama ini merasa terganggu dengan coak pada layar, solusi ini masih yang paling efektif membuat layar iPhone X terlihat lebih ‘utuh’.

Tags: , , , ,


COMMENTS