July 14, 2017

Gelar Bug Bounty, GRAB Tantang Hacker untuk Retas Sistem Keamanannya

Penulis: Eko Lannueardy
Gelar Bug Bounty, GRAB Tantang Hacker untuk Retas Sistem Keamanannya  

MOBITEKNO – GRAB mengumumkan peluncuran sebuah program yang terbuka untuk umum, yakni bug bounty atau sebuah ajakan untuk mencari celah sistem keamanan dari aplikasi mobile GRAB yang ada di tangan mitra pengemudi dan juga penumpang. Tak main-main, dalam program ini GRAB telah menyediakan hadiah senilai US$ 10.000.

Dalam program bug bounty ini, GRAB juga menggandeng HackerOne dan mengajak lebih dari 100.000 peretas untuk menemukan kerentanan yang tidak diketahui dalam sistem keamanannya. GRAB sendiri juga menjadi salah satu perusahan terkini yang mengandalkan HackerOne untuk meningkatkan sistem keamanan miliknya.

Lewat rilis yang dikirim ke Mobitekno.com, Ditesh Kumar, Director of Engineering GRAB menegaskan bahwa sistem pengukuran keamanan yang canggih dan menyeluruh, seperti yang tersedia melalui platform HackerOne merupakan elemen vital yang dibutuhkan untuk meraih kepercayaan para penumpang dan mitra pengemudi. 

"Oleh sebab itu, kami yakin tidak ada teknologi yang sempurna. Dengan begitu, bekerja sama dengan para peneliti keamanan yang memiliki portofolio beragam menjadi krusial. Pada akhirnya, kami pun bisa menciptakan sebuah teknologi serta aplikasi yang aman serta nyaman digunalan oleh mitra pengemudi dan juga penumpang," ucap Kumar.

Hal senada juga ditegaskan oleh Alex Rice, CTO sekaligus Co-founder HackerOne. Ia menegaskan, bekerja sama dengan komunitas peretas adalah cara yang efektif untuk menemukan kerentanan dalam sebuah sistem keamanan. Dengan begitu, sebuah sistem yang dibangun bisa benar-benar dijamin keamanannya.

"GRAB memperkenalkan program bug bounty kepada publik menandakan komitmennya untuk bekerja sama dengan peretas terbesar di dunia. Hal lainnya dari kerja sama ini juga memiliki tujuan yang baik, yakni menjaga atau melindungi lebih dari 45 juta penggunanya," ujar Alex Rice.

GRAB akan memberikan hadiah senilai US$ 100 hingga US$ 10.000 untuk setiap kerentanan validitas yang diidentifikasi oleh para peretas. Hal ini juga tergantung dari dampak dan tingkat keparahan masalahnya.

Jika tertarik untuk berpartisipasi dalam program ini, Anda bisa langsung mengakses tautan berikut. Untuk berpartisipasi atau mempelajari lebih lanjut seputar program umum bug bounty Grab, silakan kunjungi https://hackerone.com/grab.

Tags: , , , , ,


COMMENTS