June 14, 2017

Review TP-Link RE305 Wi-Fi Range Extender: Tidak Hanya 2.4 GHz, Tetapi Juga Dukung 5 GHz

Penulis: Desmal Andi
Review TP-Link RE305 Wi-Fi Range Extender: Tidak Hanya 2.4 GHz, Tetapi Juga Dukung 5 GHz  

MOBITEKNO – Seringkali jaringan Wi-Fi di rumah atau di kantor sulit untuk mencakup seluruh area yang ada. Berbagai halangan seperti tembok rumah bisa melemahkan signal Wi-Fi dari perangkat Wi-Fi Router. Menambah Wi-Fi router tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Olehs ebab itu, sebaiknya gunakan perangkat untuk memperluas signal Wi-Fi, seperti TP-Link RE305 Wi-Fi Extender ini.

Dengan bentuk yang kompak, perangkat buatan TP-Link yang berwarna putih ini bisa meningkatkan signal Wi-Fi cukup signifikan. Tempatkan saja di area yang signalnya sudah sangat lemah.Dengan penempatan yang pas dan disesuaikan dengan kondisi signal Wi-Fi yang butuh peningkatan performa, berbagai perangkat seperti smartphone, audio plaer, hingga konsol game bisa berjalan dengan lancar, tanpa harus berdekatan dengan Wi-Fi Router utama.

Bentuknya yang kompak, setting yang mudah, serta penggunaan yang nyaman menjadi daya tarik Wi-Fi Extender ini. Untuk lebih jelasnya, berikut ini ulasan dari Mobitekno.

Kelengkapan

TP-Link RE305 Wi-Fi Extender ini datang dalam satu kemasan yang tidak besar. Warna biru muda menyelimuti hampir keseluruhan kemasan. Saat dibuka, inilah isi yang ada di dalamnya:

  1. TP-Link RE305 Wi-Fi Extender
  2. Buku petunjuk penggunaan
  3. Kartu garansi

Desain

Saat dibuka dan perangkat ini diletakkan di atas meja redaksi, warna putih menyeliputi seluruh bodi. Dua buah antenna ada di sisi kiri dan kanan dan bisa diputar menyesuaikan kondisi perangkat berada. Tiga sisi di samping kiri, kanan, dan belakang hampir semuanya memiliki lubang udara untuk mengeluarkan hawa panas saat perangat sedang digunakan. .1 x 3.0 x 3.0 in. (80 x 78 x 77mm).

Secara keseluruhan, TP-Link RE305 ini memiliki dimensi 80 mm x 78 mm x 77 mm. Satu port RJ45 juga terlihat di bagian belakang yang berfungsi untuk menghubungkan perangkat yang membutuhkan koneksi Internet dari kabel. Di bagian bawah terdapat colokan listrik beraki dua, sesuai dengan standar yang ada di Indonesia.

Sementara itu, di sisi lainnya terdapat tombol reset yang berukuran cukup besar. Tombol ini juga berfungsi sebagai tombol fungsi WPS untuk menyesuaikan perangkat Wi-Fi yang juga memiliki fungsi WPS. Masih di sisi yang sama, ada empat lampu LED indikator yang dilletakkan sejajar. Indikator-indikator ini mewakili keadaan “Power”, “Signal”, signal  “5 GHz”, dan signa “2.4 GHz”. Apabila Wi-Fi router d ruangan Anda mendukung koneksi AC 5 GHz, maka perangkat ini bisa meneruskan signal tersebut ke ruang lainnya sehingga daya pancarnya menjadi lebih kuat.

Fitur & Performa

Keunggulan dari produk ini sudah tentu adalah dual band. Jadi, bagi yang sudah menggunakan jaringan Wi-Fi 5 GHz AC, TP-Link RE305 sudah bisa mendukungnya. Kecepatan internetnya pun akan berbeda dibandingkan dengan 2.4 GHz.

Proses instalasinya pun mudah karena karena bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu melalui browser dan aplikasi di perangkat Android, yaitu TP-Link Theter. Semua setting dilakukan secara wireless sehingga lebijh mudah dan cepat. Setelah perangkat dihubungkan ke listrik di rumah atau kantor, lampu power akan menyala. Anda bisa memulai melakukan setting dari aplikasi di smartphone untuk menghubungkan Wi-Fi Extender ini dengan Wi-Fi Router.

Proses instalasi perangkat ini melalui aplikasi dapat mengikuti wizard yang sudah disediakan di dalamnya. Pilih SSID TP-Link yang muncul lalu berikan sebuah password untuk keamanan perangkat ini. Ikuti saja proses ini sampai selesai.

Proses instalasi juga bisa dilakukan melalui browser dengan membuka alamat “Tplinkrepeater.net”. Prosesnya sama saja dengan aplikasi pada smartphone. Anda harus memilih SSID TP-Link yang muncul lalu menentukan password untuk proses login agar bisa melakukan setting selanjutnya.

Sama seperti produk TP-Link Wi-Fi Extender lainnya, di dalam menu setting ini, Anda dapat menentukan kekuatan signal dari TP-Link RE305. Ada tiga pilihan yang bisa Anda ambil, yaitu Min, Mid, dan Max. Untuk kualitas signal yang paling baik, tentu saja Anda bisa memilih Max, seperti yang Mobitekno lakukan .

Di dalam aplikasi, Anda juga bisa membuat whitelist dan blacklist terhadap berbagai perangkat Wi-Fi yang terhubung ke perangkat WiFi Extender ini. Anda bisa memblok sebuah notebook yang tidak diinginkan untuk tersambung ke jaringan Wi-Fi Anda dengan mengatur IP Address dan MAC adrresnya di dalam tabel block.

Menariknya, Anda juga bisa mengatur waktu hidup dan mati perangkat ini secara otomatis melalui aplikasi di smartphone. Satu lagi fitur yang ada di TP-Link RE305 adalah sudah memiliki fitur bulit-in Access Point di dalamnya. Dengan begitu, perangkat ini tidak hanya sekaddar memancarkan signal WiFi, tetapi juga bisa menjadi access point. Anda yang ingin mengoneksikan perangkat yang tidak memiliki fitur Wi-Fi seperti notebook lama, bisa menggunakan kabel yang dihubungkan ke perangkat ini.

Performa

Untuk menguji kekuatan signal yang bisa dipancarkan dari TP-Link RE305 ini, kami menggunakan aplikasi Wi-Fi Monitor untuk mengukurnya. Hasil kekuatan signal bisa dilihat pada gambar berikut.

Spesifikasi

TP-Link RE305 Wi-Fi Extender ini memang memiliki bentuk yang kompak. Namun, dibalik bentuk yang sederhana tersebut, TP-Link sudah menyematkan teknologi terkini untuk sebuah Wi-Fi Extender. Inilah spesifikasi lengkap dari perangkat ini.

 

Spesifikasi hardware:

Plug Type Colokan Listrik berkaki dua
Standards and Protocols IEEE802.11ac, IEEE 802.11n, IEEE 802.11g, IEEE 802.11a, IEEE 802.11b
Interface 1 x 10/100M Ethernet Port (RJ45)
Button WPS Button, Reset Button
Power Consumption 7.3W(max power consumption)
Antenna 2 x external
Dimensions ( W x D x H ) 3.1 x 3.0 x 3.0 in. (80 x 78 x 77mm)

 

Spesifikasi Wireless:

Frequency 2.4GHz & 5GHz(11ac)
Signal Rate 5GHz:Up to 867Mbps
2.4GHz:Up to 300Mpbs
Reception Sensitivity 5GHz:
11a 6Mbps:-91dBm@10% PER
11a 54Mbps: -74dBm@10% PER
11ac HT20 mcs8: -68dBm@10% PER
11ac HT40 mcs9: -63dBm@10% PER
11ac HT80 mcs9: -59dBm@10% PER
2.4GHz
11g 54M: -79dBm@10% PER
11n HT20 mcs7: -77dBm@10% PER
11n HT40 mcs7: -74dBm@10% PER
Transmit Power <17dBm(2.4GHz)
<17dBm(5GHz)
Wireless Modes Range Extender/Access Point
Wireless Statistic
Concurrent Mode boost both 2.4G/5G Wi-Fi band
Wireless Functions Wireless Statistic
Concurrent Mode boost both 2.4G/5G Wi-Fi band
Access Control
LED Control
Domain Login Function
Wireless Security 64/128-bit WEP
WPA-PSK / WPA2-PSK

Kesimpulan

Dengan perangkat TP-Link RE305 WI-Fi Extender, masalah signal Wi-Fi lemah bisa diatasi dengan segera. Kemampuan memancarkan dan menguatkan signal juga cukup baik. Dengan begitu, perangkat ber-Wi-Fi pun tidak perlu lagi harus berdekatan dengan Wi-Fi Router agar bisa terkoneksi ke Internet.

Bentuk yang kompak serta kemudahan pengoperasian juga menjadi daya tarik perangkat ini. Saat dipasangkaan ke colokan listrik, bobotnya juga tidak berat sehingga tidak mudah lepas. Selain itu, sepasang antenanya juga bisa disesuaikan kedudukannya, menyesuaikan keadaan sekitar.

Proses instalasi juga bisa dilakukan dengan mudah. Ada dua opsi yang bisa dipilih, yaitu melalui aplikasi di Android, dan web browser. Namun, mobitekno menyarankan untuk menggunakan aplikasi karena untuk proses selanjutnya, pengaturan bisa dilakukan dengan cara me-remote dari smartphone.

Tags: , , ,


COMMENTS