March 14, 2017

Grab Boyong Layanan Carpool yang Sukses di Singapura ke Jakarta

Penulis: Eko Lannueardy
Grab Boyong Layanan Carpool yang Sukses di Singapura ke Jakarta  

MOBITEKNO – Tak mau kalah berkompetisi dengan kompetitornya yang lebih dahulu terjun ke layanan carpool, Grab pada pertengahan Maret 2017 ini kembali memperkenalkan layanan barunya, GrabShare.

Lewat presentasi yang dijabarkan di hadapan sejumlah media di Jakarta, (13/3), Ridzki Kramadibrata, Managing Director Grab Indonesia menegaskan bahwa lewat GrabShare penumpang bisa menikmati perjalanan lebih nyaman dengan tarif terjangkau.

"Tak hanya nyaman bagi penumpang, GrabShare juga memberi keuntungan bagi mitra pengemudi, yakni pendapatan lebih besar karena menerima dua pemesanan penumpang dalam satu perjalanan," ungkap Ridzki.

Tak hanya itu, Ridzki juga menambahkan bahwa GrabShare merupakan sebuah solusi yang ditawarkan oleh Grab untuk mengatasi masalah kemacetan yang terjadi di Ibu Kota Jakarta.

GrabShare sendiri merupakan layanan transportasi ketujuh yang tersedia di Jakarta, melengkapi layanan roda empat Grab lainnya, yakni GrabTaxi dan GrabCar.

Sebelum hadir di Indonesia, khususnya di Jakarta, GrabShare juga sudah sukses diperkenalkan di Singapura, Malaysia dan Filipina sejak Desember 2016.

"Grab melihat adanya peluang untuk meningkatkan kualitas perjalanan harian dan mengurangi kemacetan dengan menekan jumlah komuter yang melakukan perjalanan seorang diri. Untuk itulah, kami menghadirkan GrabShare," tutur Ridzki.

GrabShare memasangkan dua pemesanan penumpang yang memiliki rute perjalanan searah dan hanya boleh maksimal empat penumpang dalam satu perjalanan untuk memungkinkan penumpang mencapai lokasi tujuannya dengan segera namun tetap merasa nyaman sepanjang perjalanan. 

Sebelum sampai di tujuan, penumpang hanya akan menempuh paling banyak dua titik pemberhentian. Contoh, jika penumpang A memulai perjalanannya dan dipasangkan dengan penumpang B, penumpang A hanya berhenti dua kali untuk menjemput dan mengantarkan penumpang B. 

Seperti dipaparkan oleh Mediko Azwar, Marketing Director Grab Indonesia bahwa algoritma sistem pencocokan GrabShare menjamin penumpang mencapai lokasi tujuan dalam waktu sesingkat mungkin.

"Algoritma berperan dalam menghitung dan menentukan pencocokan dengan mempertimbangkan ketersediaan suplai mitra pengemudi yang berada dalam jarak terdekat, waktu perjalanan serta rute perjalanan yang saling berkaitan," ungkap Mediko.

GrabShare juga difokuskan untuk memaksimalkan potensi pendapatan mitra pengemudi dengan menekan waktu dan jarak yang ditempuh dalam satu perjalanan. Dengan begitu, pendapatan bisa meningkat seraya mengurangi konsumsi bahan bakar.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS