February 14, 2017

Hadirnya Banyak Coworking Space Bantu Pertumbuhan Startup di Kota Malang

Penulis: Eko Lannueardy
Hadirnya Banyak Coworking Space Bantu Pertumbuhan Startup di Kota Malang  

MOBITEKNO – Hadir di Malang, Jawa Timur, Ignition ke-2 Gerakan Nasional 1000 Startup Digital berbicara banyak mengenai pengembangan ekosistem yang terkait, mulai dari pelaku dunia startup digital, komunitas, media, akademisi hingga pemerintahaan lewat coworking space.

Brillyanes Sanawiri, salah satu pembicara Ignition ke-2 yang juga pendiri Ruang Perintis menegaskan bahwa coworking space memiliki peranan penting dalam memfasilitasi terciptanya ekosistem startup digital yang kuat.

"Lewat coworking space, komunitas di industri ini dapat saling berbagi gagasan, mendapatkan mentor, belajar bersama sekaligus menggali bersama lahirnya inovasi menarik dibidang startup digital," ujar Brillyanes.

Masih menurut Brillyanes, meski kini banyak bermunculan coworking space yang menawarkan fasilitas untuk para perusahaan rintisan atau startup bekerja, namun hal itu tidak menjadikan antar coworking space terjebak dalam kejenuhan persaingan.

"Sebagai contoh di Kota Malang, kehadiran beragam coworking space semakin memperkaya ruang bagi pelaku industri startup digital maupun calon founder untuk memiliki lebih banyak fasilitas incobator," tambah Brillyanes.

Selain Ruang Perintis, coworking space baru yang juga hadir di Malang adalah Ngalup.co yang didirikan oleh BEON Intermedia Group. Naglup.co mengusung nilai kolaborasi untuk melahirkan ide-ide kreatif dan solutif dalam memecahkan masalah di Malang.

"Ngalup.co adalah sebuah tempat untuk memulai sesuatu yang besar. Kehadiran coworking space ini juga diharapkan dapat menumbuhkan ekosistem bisnis kreatif dan bisnis digital di Kota Malang," ujar Danton Prabawanto, CEO BEON Intermedia Group.

Coworking space dalam mendukung penguatan ekosistem startup digital mendorong Gerakan Nasional 1000 Startup Digital jadi salah satu topik bahasan yang disampaikan di Ignition ke-2 yang diselenggarakan di Gedung Pascarsarjana Universitas Islam Maulana Maliki Negeri Malang, Sabtu (11/2).

Tags: , ,


COMMENTS