January 14, 2017

Tampil Lebih Segar, Honda Mobilio Facelift Resmi Meluncur. Berapa Harganya?

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Tampil Lebih Segar, Honda Mobilio Facelift Resmi Meluncur. Berapa Harganya?  

MOBITEKNO – Honda melalui ATPM-nya di Indonesia, PT Honda Prospect Motor (HPM), untuk pertama kalinya di dunia meluncurkan wajah baru (facelift) New Honda Mobilio 2017. Setelah video teaser-nya beredar beberapa waktu lalu, Honda akhirnya memenuhi janjinya meluncurkan Honda Mobilio 2017 yang mengusung perubahan pada eksterior, interior, dan beberapa fitur lainnya di Jakarta (12/1/2017).

Perubahan signifikan (major model change) ini merupakan kali pertama bagi Honda Mobilio sejak peluncuran perdaananya tiga tahun lalu (2014). Indonesia sebagai negara pertama di dunia disambangi Honda Mobilio 2017 Facelift ini bisa menjadi salah satu indikasi pentingnya pasar Low MPV di Tanah Air bagi produsen Jepang tersebut. 

Dalam pernyataan di rilis yang diterima, Tomoki Uchida, Presdir PT Honda Prospect Motor, menyatakan, “New Honda Mobilio hadir sebagai mobil paling bernilai (Most Valuable Player / MVP) di kelas MPV dengan menawarkan sebuah pengalaman berkendara sensasional melalui desain yang sporty dan modern, kabin luas yang semakin nyaman, serta didukung performa prima sekaligus hemat bahan bakar, dan fitur keselamatan yang lengkap.”

""

New Honda Mobilio tampil dengan desain baru yang canggih pada grille depan, kap mesin, dan lampu depan yang kini juga telah dilengkapi dengan LED Light Guide. Pada bagian samping, New Honda Mobilio menampilkan Alloy Wheels 15” dengan desain baru, sementara tampilan belakang semakin mewah dengan desain baru pada Rear License Garnish. Khusus tipe RS, New Honda Mobilio juga menampilkan desain baru yang lebih sporty pada Alloy Wheels 15 inci dan Power Retractable Door Mirror.

Perubahan yang paling menonjol seperti halnya facelift terbaru adalah desain ‘wajah’ barunya yang canggih pada grille depan, kap mesin, dan lampu depan dengan LED Light Guide (DRL LED). Selain desain bumper baru, peleknya yang masih berukuran 15 inci juga tampil dengan desain baru.

Pada bagian kabin, New Honda Mobilio menggunakan jok desain baru yang dibungkus bahan fabric dan didukung fitur headrest adjustable. Hadir pula fitur Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Assist (VSA), tilt streeing, AC digital, dan auto door lock by speed, serta fitur keselamatan Dual SRS airbag.

""

Bagaimana dengan jeroan mesinnya? Honda tampaknya masih percaya bahwa mesin Mobilio sebelumnya, 1.500 cc SOHC i-VTEC (118PS pada 6.600 RPM) masih mumpuni untuk bersaing dengan mobil lainnya di segmen Low MPV. Dismaping transmisi manual, varian bermesin bensin New Honda Mobilio juga hadir dengan trasmisi (gearbox) otomatis CVT (Continuously Variable Transmission).

New Honda Mobilio akan ditawarkan dalam tiga tipe, yaitu tipe S seharga Rp 189,5 juta (hanya tersedia transmisi manual), tipe E seharga Rp 210 juta untuk Manual dan tipe E CVT seharga Rp 221 juta. Versi paling tinggi atau tipe RS akan hadir dalam versi Manual (Rp 233 juta) dan CVT (Rp 243,5 juta).

Akankah New Mobilio 2017 yang harga varian termurahnya hampir Rp 200 juta ini bisa bersaing dengan beberapa Low MPV lainnya yang lebih terjangkau?  Sejak didistribusikan pada Januari 2014 hingga Desember 2016, Honda Mobilio telah terjual hingga 161.402 unit di Indonesia. Tahun lalu, Honda Mobilio berhasil meraih pangsa pasar hingga 16 persen di segmen Low MPV.

 

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS