January 14, 2017

Setelah Patch, Apple MacBook Pro Kembali Direkomendasikan oleh Consumer Reports

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Setelah Patch, Apple MacBook Pro Kembali Direkomendasikan oleh Consumer Reports  

MOBITEKNO – Setelah sempat tidak memberikan rekomendasi untuk laptop Apple MacBook Pro karena masalah daya tahan baterai, majalah Consumer Reports (CR) akhir memberikan penilaian yang berbeda 180 derajat.

Setelah melakukan evaluasi ulang, CR akhirnya setuju memberikan penilaian positif dengan merekomendasikan kembali laptop baru Apple yang kini dilengkapi dengan OLED Touch Bar. Apa sebabnya?

Pada evaluasi pertama dengan menguji tiga unit MacBook Pro, masing-masing satu unit MacBook model 13 inci dengan Touch Bar, satu unit non-Touch Bar, dan satu unit MacBook Pro 15 inci. 

Pengujian yang dilakukan tiga kali untuk setiap model menunjukkan hasil yang tidak konsisten.  Bahkan CR mendapati bahwa salah satu unit MacBook Pro 13 inci denga TouchBar hanya memiliki daya tahan baterai selama 3,75 jam. Evaluasi ini juga diperkuat dari beberapa penguna MacBook Pro yang melaporkan borosnya baterai MacBook Pro meski hanya menjalankan software non-intensif (tidak berat).

""

Apple pun melakukan investigasi sendiri dan akhirnya menemukan sumber maslahnya. Biang keraknya adalah fitur browser cache pada browser Safari yang jika tidak diaktifkan akan menguras daya baterai. Setelah mengeluarkan path (bug fix) untuk mengatasi bug ini, Apple kembali meminta CR untuk melakukan pengujian ulang terhadap laptop mereka.

Menurut CR, tiga unit MacBook Pro yang diuji kembali di lab telah menunjukkan performa baterai jauh lebih baik.  Salah satu unit MacBook Pro  bahkan dapat bertahan hingga 18,75 jam dalam satu kali proses pengisian baterai.

Selain kembali mendapatkan rekomendasi dari CR, laporan rendahnya daya tahan baterai dari pengguna MacBook dengan fitur Touch Bar juga mulai menurun secara signifikan. Ini berbarengan terjadi setelah Apple mengeluarkan patch untuk memperbaiki bug pada browser Safari.

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS