October 13, 2017

Review D-Link DCS 2630L: Wi-Fi Camera 24 Jam dengan Pengaturan yang Mudah

Penulis: Desmal Andi
Review D-Link DCS 2630L: Wi-Fi Camera 24 Jam dengan Pengaturan yang Mudah  

MOBITEKNO – Kejahatan tidak mengenal waktu dan tempat. Mereka selalu mengincar mangsanya jika terdapat kesempatan sekecil apapun. Bagi masyarakat, terutama yang tinggal di perkotaan, keamanan menjadi faktor utama, apalagi bagi yang selalu sibuk dalam aktivitasnya sehari-hari. Oleh sebab itu, kini kamera pengawas menjadi salah satu perangkat yang banyak digunakan untuk mengawasi keamanan di sebuah tempat. Salah satu produk yang bisa dijadikan andalan untuk hal tersebut adalah D-Link DCS 2630L yang dapat beroperasi full 24 jam hanya mengandalkan jaringan Wi-Fi.

Koneksi Internet yang semakin merata, terutama di kota besar seperti Jakarta, membuat jenis kamera pengawas berbasis jaringan Wi-Fi semakin laris di pasaran. Cukup koneksikan dengan jaringan Wi-Fi di rumah atau kantor, Wi-Fi Camera ini dapat bekerja 24 jam non stop. Bahkan, setiap aktivitas yang terekam bisa lanngsing dilaporkan ke pemilik kamera.

D-Link DCS 2630L Wi-Fi Camera sudah dibekali dengan berbagai fitur yang memudahkan penggunanya untuk mengawasi keadaan di sekitar kamera dengan detail dan jelas selama 24 jam non stop. Bahkan, mulai dari proses setup hingga manajemen kamera bisa dilakukan dengan mudah, hanya melalui sebuah smartphone. Dukungan koneksi AC di jaringan Wi-Fi juga membuat koneksi lebih stabil dan cepat. Penasaran mengenai kamera pengawas ini? Simak ulasan Mobitekno berikut ini.

Kelengkapan

Paket kamera Wi-Fi D-Link DCS 2530L ini datang dengan bentuk boks yang sangat kokoh. Di sekeliling boks sudah tertera informasi mengenai kemampuan dan fitur yang ada dalam kamera. Namun, inilah isi selengkapnya di dalam boks tersebut:

  1. 1 unit kamera Wi-Fi berbentuk bundar dengan warna hitam
  2. Kabel Adaptor untuk mengubungkan kamera ke listrik di rumah
  3. Mounting Kit lengkap dengan mur untuk meletakkan kamera
  4. Buku panduan singkat
  5. Garansi

Desain

Saat dibuka dari kemasannya, pelelatakkan perangkat kamera dan aksesori pendukungnya cukup rapi. Kamera berada di bagian paling atas dan dibawahnya terdapat satu kotak berisikan power adaptor beserta buku panduannya.

Fokus ke desain kamera. Body utama kamera berbentuk bundar dengan diameter sekitar 7,2 cm memiliki desain yang menarik, dimana bagian depannya terdapat lensa berukuran 1/3 inci dengan kemampuan 3 MP Progressive CMOS sensor. Di bagian belakangnya terdapat speaker dan mikrofon karena produk ini memiliki fungsi two way audio. Dengan begitu kamera tidak hanya bisa mengeluarkan audio, tetapi juga menangkap audio. Anda pun bisa berkomunikasi dengan orang yang berada di sekitar kamera pengawas.

Masih di bagian belakang, terdapat juga tombol WPS. Tombol ini bisa difungsikan untuk mengoneksikan kamera dengan perangkat lainnya yang memanfaatkan WPS.

Body Wi-Fi Camera ini dibalut dengan frame yang memanjang ke bawah yang menyatu dengan mounting kit supaya bisa meletakkan kamera di berbagai tempat. Menariknya, framenya dibuat tidak menyatu sehingga kamera masih bisa diputar 360 derajat dan dapat mengikuti posisi yang diinginkan pemiliknya.

Di bagian atas lensa terdapat sensor infra red untuk kebutuhan fungsi Night Vision. Sensor ini bisa menangkap objek hingga hampir 5 meter dalam kondisi sangat gelap (tanpa lampu).

Sementara itu di body samping terdapat dua slot kecil. Slot pertama  berupa slot micro untuk storage dari hasil capture kamera. Slot ini dapat mendukung Micro SD hingga kapasitas 128 GB. Sementara di sampingnya adalah slot Micro USB untuk konektor kabel Power.

Untuk mounting kit di bagian bawah kamera, Anda bisa melepas bagian yang berbahan logam, kemudian menempelkannya di permukaan dinding dengan mur. Selanjutnya satukan kembali sehingga kamera bisa kokoh terpasang di diinding atau permukaan lainnya di rumah mapun kantor.

Fitur & Performa

Berbagai fitur yang memudahkan penggunanya diintegrasikan pada D-Link DCS 2630L ini. Salah satu kemampuannya yang sangat bermanfaat adalah penggunaan lensa Wide angle sehingga kemampuan tangkapan gambar mencapai 180 derajat. Cukup luas dibandingkan Wi-Fi Camera lainnya. Selain itu, lensanya juga mendukung resolusi hingga 1080p HD. Dengan resolusi ini, tentunya gambar menjadi lebih detail sehingga jika ada kejadian yang tertangkap kamera, Anda tidak kehilangan detail sebuah objek.

Lensa dapat menangkap hingga radius 180 derajat

Selain dua kemampuan tadi, D-Link DCS 2630L juga mendukung koneksi 802.11AC Wireless. AC ini merupakan teknologi terkini sehingga Anda bisa mendapatkan bandwidth yang lebih stabil dan dengan cakupan area yang lebih luas. Namun, untuk menggunakan koneksi AC ini, tentunya Wi-Fi Router yang Anda gunakan juga harus memiliki teknologi wireless yang sama.

D-Link DCS  2630L juga mendukung Two Way Audio untuk komunikasi yang lebih interaktif. Anda bisa menempatkan kamera di posisi tertentu sehingga bisa bercengkerama dengan anggota keluarga lain yang ada di hadapan kamera. Hal ini bisa dilakukan karena kamera sudah dilengkapi mikrofon dan speaker. Fungsi mikrofon ini juga dapat mendeteksi suara saat kamera sedang melakukan pengawasan. Melalui aplikasi mobile, notifikasi segera bisa didapatkan ketika kamera mendeteksi suara atau pergerakan objek di hadapannya.

Two way audio, kamera memliki speaker dan mikrofon

Satu lagi kemampuannya adalah kamera ini bisa dikontrol dari sebuah smartphone, baik ber OS Android maupun iOS. Cukup download aplikasi mydlink Lite, Anda bisa memantau banyak kamera D-Link yang terhubung ke smartphone.

Untuk proses setup kamera juga cukup mudah. Semuanya bisa dilakukan dari aplikasi mydlink Lite. Bagi pengguna Android bisa diinstal dari Google Playstore. Jalankan aplikasi tersebut dan koneksikan smartphone pada jaringan Wi-Fi rumah atau kantor. Selanjutnya, pilih jenis koneksi lokal terlebih dahulu agar smartphone dan kamera bisa di setup dalam satu jaringan. Ikuti saja perintah yang ada hingga selesai. Agar kamera bisa berlaku secara nirkabel, Anda harus melakukan proses registrasi terdahulu melalui alamat email. Detail mengenai proses inslatasi kamera ini terdapat juga di buku petunjuk singkat.

Proses instalasi yang mudah dari aplikasi mydlink LITE

Pada aplikasi mydlink Lite, Anda ditawarkan berbagai opsi untuk mengatur kamera, seperti pemilihan resolusi, yaitu 720p dan 1080p. Dari menu Setting-nya, Anda juga bisa mengatur untuk deteksi pergerakan (motion detection) dan deteksi suara (Sound detection). Untuk motion detection, Anda pun bisa mengatur area yang akan di awasi. Jadi, tidak perlu seluruh area yang tercakup kamera, tetapi area tertentu saja.

Selain melalui aplikasi mobile, akses kamera juga bisa dilakukan melalui browser. Anda tinggal mengunjungi mydlink.com lalu masukkan alamat email yang sudah didaftarkan berikut passwordnya.  Sama seperti melalui aplikasi, di sini Anda bisa mengatur motion detection, sound detection, notifikasi, dan manajemen Storage.

Akses bisa juga melalui web browser

Namun, ada satu fitur yang bisa membawa Anda ke proses setting yang lebih dalam. Melalui Advanced Settings, Anda akan dibawa ke setting bawaan hardware. Di menu ini, setting akan lebih detail. Contohnya, Anda bisa mengatur tingkat kecerahan hasil tangkapan gambar, membalik gambar (flip), hingga mengatur port untuk akses ke Internet. Namun, untuk setting ini, Anda harus mengerti tentang jaringan dan sekitarnya.

Advanced Settings

Spesifikasi

Hasil rekaman yang bagus tentunya tidak didapat begitu saja. Hal ini berkat adanya spesifikasi hardware yang baik juga. Berikut ini spesifikasi dari D-Link DCS 2630L.

Lensa 1/3 inci 3 MP progressive CMOS Sensor, Wide 180 derajat
Kemampuan Infra Red Night Vision +/- 5 meter
Zoom 8x Digital Zoom
Fitur Built in Speaker dan Microphone; Adjustable image size, quality, frame rate and bit rate; Adjustable brightness, saturation, contrast, sharpness and hue; Time stamp and text overlays; Flip & mirror; Anti-flicker (on/off); – Configurable motion detection windows
Koneksi 802.11 ac/n/g wireless with WEP/WPA/WPA2 Encryption

Dapat beroperasi di frekuensi 2.4 GHz dan 5 GHz

Storage Support Micro SD Card up to 128 GB

Kesimpulan

Dengan bantuan Wi-Fi Camera D-Link DCS 2630L ini, Anda tidak perlu lagi khawatir mengenai keadaan di rumah saat ditinggal untuk beraktivitas. Dengan satu syarat saja, yaitu koneksi Internet yang stabil dan 24 jam penuh, Anda bisa memantau rumah dengan nyaman.

Kemudahan pengoperasian dan menajemen kamera juga menjadi keunggulan dari produk ini. Selain melalui aplikasi mobile, kamera juga bisa diakses melalui browser. Bahkan, bagi yang lebih profesional, Anda bisa mengakses menu setting hardwarenya langsung agar bisa mendapatkan pengaturan yang paling optimal.

Desainnya yang bundar dengan warna hitam juga membuat produk ini nyaman ditempatkan di bagian sisi mana saja di dinding atau meja. Bahkan, dengan koneksi wireless, foto-foto serta video hasil tangkapan kamera ini dapat diakses secara wireless juga, yaitu melalui browser.

Tags: , , , , ,


COMMENTS