September 13, 2017

Review ACMIC A10Pro: Pantas Mendapat Julukan Power Bank Premium

Penulis: Eko Lannueardy
Review ACMIC A10Pro: Pantas Mendapat Julukan Power Bank Premium  

MOBITEKNO – Tak sedikit orang yang memiliki smartphone tetap membutuhkan power bank. Pasalnya, dengan adanya power bank di sisi smartphone bisa membantu para pemilik untuk mengisi ulang catu daya dengan cepat. Artinya, mereka tak perlu disibukkan lagi untuk mencari-cari sumber listrik disekitarnya.

Di pasar Indonesia, kita pun dapat dengan mudah membeli power bank dengan beragam kapasitas baterai yang disediakan, mulai dari yang berukuran mini hingga super jumbo. Terkait dengan hal itu, ada pemain baru yang ingin menjajal pasar Indonesia, yakni ACMIC yang dikembangkan oleh Shenzen Utopia Originnaly Technology.

Masuk pasar Indonesia, ACMIC pada pertengahan Agustus 2017 lalu telah memperkenalkan satu produk perdananya, yakni ACMIC A10Pro. Memiliki kapasitas baterai 10.000 mAh, power bank ini diklaim masuk ke dalam jajaran kelas premium. Salah satu daya tariknya adalah dukungan Qualcomm Quick Charge 3.0.

Lalu, seperti apa kinerja ACMIC A10Pro dan keunggulan apa saja yang ditawarkan power bank premium ini, selain dukungan Qualcomm Quick Charge 3.0? Berikut reviewnya!

Kelengkapan

Masuk ke dalam jajaran power bank premium, tentu saja ACMIC A10Pro dipasarkan dengan kelengkapan yang tak bisa dianggap entang oleh kompetitornya. Bisa dipastikan, kelengkapan yang disediakan, termasuk buku manual dan aksesoris pendukungnya bisa membantu lebih mudah bagi pengguna untuk memanfaatkan seluruh fitur yang ada di dalam power bank ini.

Selain itu, kemasan atau boks penjualan ACMIC A10Pro juga dikemas dengan baik. Konsumen yang ingin membeli pun bisa melihat langsung wujud ACMIC A10Pro yang dipasarkan tanpa perlu membuka kemasannya. Hal ini terbilang menarik, dan bisa disimpulkan bahwa konsumen tak lagi membeli “kucing dalam karung”.

Berikut paket penjualan ACMIC A10Pro:

Power Bank ACMIC A10PRO 10.000mAh
Kabel USB to microUSB
Adapter microUSB to USB Type-C
Adapter microUSB to Lightning
Buku Petunjuk Pemakaian

Desain

Jika berbicara soal desain dari ACMIC A10Pro, sangat pantas power bank ini masuk ke dalam jajaran premium. Sekujur bodinya dibalut dengan material logam alumunium (aluminium alloy). Tak hanya itu, warna yang ditawarkan pun sangat beragam sehingga konsumen diberikan banyak pilihan.

Sudah barang tentu balutan logam atau alumunium (aluminium alloy) disekujur tubuhnya membuat ACMIC A10Pro terlihat solid dan kokoh. Selain itu, material logam ini juga dipastikan mampu melindungi komponen serta baterai yang ada di dalamnya dari benturan atau saat terjatuh dari tangan.

Dibalut dengan material logam, apakah menjadikan power bank ini berat ditangan pengguna? Untuk diketahui bersama, ACMIC A10Pro hanya memiliki bobot seberat 235 gram. Desain bentuknya juga ergonomis. Jadi, masih terasa nyaman jika pengguna memanfaatkan ACMIC A10Pro ini sebagai teman setia smartphone yang dimilikinya.

 

Masuk ke kantong atau saku celana juga tak merepotkan. Sebab, ACMIC A10Pro memiliki dimensi yang tak berbeda jauh dengan ukuran smartphone dengan layar 5,5 inci. Dimensinya sendiri berukuran 138 x 72 x 15.2 mm. Lekukan di setiap sudutnya juga menjadi nilai tambah terkait dengan desain yang ditawarkan.

Tak berbeda dengan kebanyakan power bank lainnya, ACMIC A10Pro juga menyediakan dua port USB untuk pengisian. Menariknya, port USB yang memiliki warna oranye sudah mendukung fitur Quick Charge 3.0. Sedangkan port USB satunya lagi sudah mendukung fitur Smart IC yang mampu memberikan arus pengisian sebesar 2.4A.

 

Tombol Power (On/Off) serta Empat lampu LED sebagai penanda kapasitas atau jumlah daya yang masih tersimpan di dalam power bank bisa ditemukan disisi samping perangkat. Begitu juga port microUSB untuk mengisi power bank ini ada di sisi sebelahnya. Tak ketinggalan, ACMIC juga membekali port microUSB tersebut dengan dukungan Quick Charge 3.0.

Hal menarik lainnya yang juga bisa menjadi nilai jual dari ACMIC A10Pro adalah tersedianya port Lightning. Tentu saja, hadirnya port tersebut membawa angin segar bagi pencinta produk-produk Apple, seperti iPhone misalnya. Apalagi, power bank ini juga menyertakan adapter microUSB to Lightning dalam paket penjualannya.

Pengujian

Kelengkapan paket penjualan dan desain sudah kita ketahui bersama, lalu bagaimana jika ACMIC A10Pro ini kita uji untuk mengisi sebuah smartphone. Sekali lagi, perlu kita ketahui bersama, power bank ini memiliki kapasitas baterai sebesar 10.000 mAh dan dalam pengujian ini, ACMIC A10Pro diisi penuh alias 100%.

Pengujian pertama, ACMIC A10Pro diminta untuk mengisi baterai smartphone Moto M yang memiliki kapasitas 3.050 mAh dengan kemampuan Fast Charging. Pengujian dilakukan dengan kondisi smartphone dalam keadaan off alias dimatikan dan baterai yang ada di dalam Moto M sendiri adalah 0 persen.

Hasilnya, ACMIC A10Pro mampu mengisi baterai Moto M hingga penuh alias 100 persen dengan waktu kurang dari 1 jam berkat pemanfaatan port USB yang juga mendukung fitur Quick Charge 3.0. Setelah pengujian pertama ini selesai, tercatat kapasitas baterai yang ada di dalam ACMIC A10Pro masih tersisa sekitar 75 persen. Hal ini terlihat dari indikator lampu LED yang menyala hanya tiga.

Pengujian kedua, ACMIC A10Pro masih tetap diminta untuk mengisi baterai Moto M yang sudah dikuras habis alias 0 persen. Kali ini, pengisian dilakukan melalui port USB 2.4A. Hasilnya baterai Moto M bisa terisi penuh alias 10 persen dalam waktu yang lebih lama, yakni sekitar 1,5 jam hingga 2 jam. Dan baterai ACMIC A10Pro sendiri tersisa sekitar 30 persen.

Pengujian ketiga, dalam kapasitas baterai ACMIC A10Pro yang tersisa sekitar 30 persen diminta untuk mengisi smartphone Vivo V5s. Untuk diketahui bersama, kapasitas baterai Vivo V5s adalah 3.000 mAh, yang artinya tak berbeda jauh dengan baterai yang terpasang di dalam smartphone Moto M.

Hasilnya, dari pengisian 0 persen melalui port USB yang mendukung fitur Quick Charge 3.0, baterai Vivo V5s hanya bisa terisi sampai sekitar 80 persen. Hal ini menandakan bahwa power bank ACMIC A10Pro hampir bisa mengisi penuh baterai tiga smartphone yang memiliki kapasitas baterai 3.000-an mAh.

Rasa penasaran pengujian dilanjutkan dengan mengisi penuh power bank ACMIC A10Pro itu sendiri. Pengujian pengisian power bank ini sendiri menggunakan kabel USB to microUSB yang tersedia dalam paket penjualan serta adaptor listrik milik Moto M yang memiliki Input: 100-240V-50/60Hz 0.3A dan Output: 5.2V-2.0A.

Hasilnya yang dicatat, dalam waktu sekitar 4 jam, ACMIC A10Pro baru bisa terisi penuh alias 100 persen. Patut diketahui bersama, pengujian yang dilakukan oleh Mobitekno.com juga sengaja menyisipkan sebuah powermeter sebagai perantara. Ini dilakukan untuk mengukur arus dan voltase yang dialirkan selama proses pengisian baterai berlangsung.

Spesifikasi

Tak hanya didukung dengan Quick Charge 3.0 yang merupakan sertifikasi resmi dari Qualcomm dan Smart IC, ACMIC A10Pro juga memiliki sembilan fungsi perlindungan (9 Smart Protection). Bisa dikatakan, kesembilan perlindungan yang dihadirkan akan menjadi nilai tambah tersendiri dari power bank yang didistribusikan oleh PT Satu Pro Global Niaga di Indonesia ini.

Kesembilan perlindungan tersebut adalah Smart Temperature Protection, Smart Over-Charge Protection, Smart Over-Discharge Protection, Smart Short-Circuit Protection, Smart Input Over-Voltage Protection, Smart Output Over-Voltage Protection, Smart Recovery Protection, Smart Output Over-Current Protection, dan Smart PTC Cell Protection.

Spesifikasi ACMIC A10Pro:

Model: A10Pro
Kapasitas: 10.000 mAh/37Wh
Daya Masuk (Lightning): 5V – 1.5A
Daya Masuk Quick Charge 3.0: 5V – 2A/9V – 1.8A
USB Daya Keluar: 5V – Maksimal 2.4A
USB Quick Charge 3.0: 5-6V – 3A/6-9V – 2.0A/9-12V – 1.5A
Dimensi: 138 x 72 x 15.2 mm
Berat: 235 gram

Kesimpulan

Bisa dikatakan, brand ACMIC merupakan pemain baru yang sepertinya kepincut dengan pasar perangkat gadget, terutama pasar power bank di Indonesia. Masuk ke Indonesia, ACMIC A10Pro akan didistribusikan oleh agen tunggal di bawah payung PT SatuPro Global Niaga.

Sebagai produk yang siap berkompetisi di jajaran power bank premium, ACMIC A10Pro juga tak bisa dianggap enteng oleh para kompetitornya. Pasalnya, power bank ini datang dengan segala fitur menarik yang dibenamkan.

Sebut saja, dukungan yang bisa menjadi nilai jual power bank berkapasitas 10.000 mAh ini adalah Quick Charge 3.0 yang juga sudah sertifikasi langsung dari Qualcomm, Smart IC, serta 9 Smart Protection.

Selain itu, sangat pantas jika ACMIC A10Pro dijadikan sebagai “teman dekat” bagi smartphone papan atas, seperti milik Samsung dan juga iPhone. Pasalnya, balutan logam diseluruh tubuhnya membuat power bank ini terlihat lebih elegan dan kokoh.

Berbicara soal kinerja yang dihasilkan, kemampuan power bank ini pun juga tak memalukan. Dengan kapasitas baterai 10.000 mAh, ACMIC A10Pro sangat mampu menyuplai daya tiga baterai smartphone yang memiliki kapasitas 3.000-an mAh.

Tak hanya itu, proses pengisian baterai dari sumber listrik ke ACMIC A10Pro juga bisa dilakukan dengan cepat meskipun kapasitas baterainya terbilang jumbo. Begitupun dari ACMIC A10Pro ke smartphone, hal ini berkat dukungan Quick Charge 3.0.

Hadir di pasar Indonesia, ACMIC A10Pro yang juga menyediakan port Lightning ini tersedia dalam lima pilihan warna, yakni Space Grey, White Silver, Rose Gold, Gold, dan Black. ACMIC A10Pro dipasarkan seharga Rp499.000 dengan garansi 18 bulan.

Tags: , , , , ,


COMMENTS