April 13, 2017

Hingga April 2017, UC News Catat 100 Juta Pelanggan Aktif Bulanan

Penulis: Desmal Andi
Hingga April 2017, UC News Catat 100 Juta Pelanggan Aktif Bulanan  

MOBITEKNO – Setelah memperkenalkan program We-media Reward plan 2.0 pada pertengahan bulan Maret 2017 kemarin, UC News, salah satu bagian dari UCWeb milik Alibaba Group, berhasil menoreh angka penggunaaktif bulanan yang cukup signifikan, yaitu 100 jutaa pengguna aktif setiap bulannya di Indonesia dan India. Dengan hasil ini, UC news menjadi salah satu aplikasi dengan pertumbuhan tercepat di negara ini, dengan lebih dari 20 juta pengguna aktif bulanan di Indonesia hanya dalam kurun waktu 7 bulan. 

“Mulai Februari lalu, ada lebih dari 1.300 juta pembaca artikel hingga bulan April. Artinya kami memiliki 45 juta pembaca artikel setiap harinya di Indonesia. Juga, kami melihat pertumbuhan signifikan pada rata-rata waktu yang dihabiskan oleh pengguna UC News, yang saat ini mencapai lebih dari 20 menit perorang. Digitalisasi konten ini benar-benar mengubah bentuk akuisisi informasi harian pada era ‘fragmented reading’ ini,” kata Donald Ru,General Manager UCWeb Indonesia, Alibaba Mobile Business Group. 

Kesuksesan UC news ini tidak terlepas dari dukungan teknologi Big Data Artificial Intelligence yang dapat membaca perilaku pelanggan, kesukaan mereka, kecepatan koneksi Wi-Fi, dan berbagai elemen lainnya. Teknologi AI ini juga dapat memprediksi topik yang akan sering diperbincangkan di waktu mendatang dan merupakan rahasia UCWeb untuk selalu cerdas dalam mengikuti tren. 

“Di masa lalu, untuk menyaring konten bagi pembaca membutuhkan banyak tenaga manusia. Namun, menjadi hal yang tidak mungkin untuk memproses 250.000 artikel setiap hari yang terdapat di UC News. Disitulah teknologi Big Data & AI hadir untuk memastikan pengalaman membaca berkualitas dan juga bekerja secara dekat dengan mitra-mitra kami untuk meregulasi dan mencegah datangnya konten berkualitas rendah dan juga melakukan perlindungan terhadap konten berkualitas,” lanjut Donald.

Progam We-Media Reward Plan 2.0 yang dilincurkan pada pertengahan Maret lalu diihadirkan guna menyediakan layanan distribusi konten serta pengalaman menikmati konten yang lebih baik bagi mitra dan pengguna. Program ini akan memilih 1.000 penerbit independen dari Indonesia dan India seperti blogger dan penulis independen yang secara bersamaan dikenal dengan sebutan “We-Media”, melalui program bernama ‘Super 1000’ yang bisa mendapatkan penghasilan minimum Rp 10.000.000 setiap bulan untuk artikel UC We-Media. Ini mencerminkan komitmen UCWeb untuk menciptakan kesempatan bagi tiap penulis bertalenta di Indonesia untuk memiliki kemampuan dan menciptakan personal branding yang kuat. 

Tags: , , ,


COMMENTS