December 12, 2017

ShopBack: Diskon Besar Jadi Daya Tarik Harbolnas 2017

Penulis: Eko Lannueardy
ShopBack: Diskon Besar Jadi Daya Tarik Harbolnas 2017  

MOBITEKNO – Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang sudah memasuki tahun kelima di tahun 2017 ini memang sangat dinantikan konsumen Indonesia. Setidaknya, sebanyak 250 pelaku e-commerce di Tanah Air yang ikutan dalam gelaran ini juga menjadi daya tarik pesta belanja online tahunan ini.

Alasan lain konsumen begitu tertarik untuk berlomba-lomba berbelanja di Harbolnas setiap tahunnya adalah karena adanya promo dan diskon yang diberikan oleh pelaku e-commerce. Hal ini pun selaras dengan survei yang digelar oleh ShopBack terkait dengan perilaku konsumen Indonesia menghadapi Harbolnas 2017.

Disebutkan, kepercayaan konsumen terhadap beragam promo dan diskon dari pelaku e-commerce saat Harbolnas 2017 akan meningkat. Sebesar 37% responden ingin berbelanja di Harbolnas 2017 karena potongan voucher yang diberikan oleh banyak pelaku e-commerce yang ikutan Harbolnas 2017.

"Selain potongan voucher dan harga spesial, responden juga masih mengharapkan promo menarik lainnya saat Harbolnas 2017 berlangsung. Kepercayaan konsumen Indonesia juga meningkat terhadap beragam promo yang diadakan selama Harbolnas," ucap Indra Yonathan, Country General Manager ShopBack Indonesia.

Tercatat, sebanyak 93,1% responden mengungkapkan kepercayaannya terhadap diskon, harga spesial, dan promo-promo menarik dari pelaku e-commerce Tanah Air selama Harbolnas berlangsung. Lantas, kategori apa saja yang jadi primadona dalam Harbolnas tahun ini?

Lebih detail, Yonathan menjabarkan bahwa produk gadget dan aksesoris masih menjadi pilihan banyak konsumen. Tercatat, angkanya mencapai 56,6%. Produk lainnya yang disukai oleh konsumen berada dalam kategori fashion (53.4%) dan keperluan rumah tangga (50,1%) yang mengalami kenaikan dibandingkan tahun lalu. 

"Kategori produk lain yang juga masih sangat diminati adalah produk kecantikan (29,3%) dan tiket (16,2%). Selain itu, dari hasil survei perilaku konsumen yang dilakukan oleh ShopBack tahun ini konsumen juga menunjukkan tren baru yaitu konsumen tertarik untuk membeli pulsa (31.9%) dan membayar berbagai tagihan (16.4%), jelas Yonathan.

Survei ShopBack menjelang Harbolnas 2017 juga menemukan fakta-fakta menarik. Tahun ini banyak konsumen di Indonesia yang akan berbelanja melalui smartphone (67,4%). Mayoritas konsumen akan melakukan pembelanjaan dari rumah (58%) dan menyukai belanja di jam 09.00 WIB – 12.00 WIB (25,8%) dan jam 12.00 WIB – 15.00 WIB (17,1%).

Penemuan unik dari survei tahun ini, sebanyak 56,9% respon yang berprofesi sebagai karyawan, mengaku tidak merasa terganggu dengan kegiatan belanja saat Harbolnas. Para responden juga mengungkapkan akan berbelanja bukan hanya di satu e-commerce saja.

"Survei perilaku konsumen ini tentu saja bertujuan untuk membantu para pelaku e-commerce di Tanah Air. Melihat hasil survei perilaku konsumen menjelang Harbolnas 2017, diharapkan dapat meningkatkan strategi pemasaran dari para pelaku e-commerce itu sendiri," pungkas Yonathan.

Survei ShopBack Jelang Harbolnas 2017 dilakukan kepada 1.260 responden, yang terdiri dari 48% pria dan 52% wanita. Mereka semua memiliki kegemaran berbelanja online dan tersebar di Medan, Jabodetabek, Bandung, Surabaya, dan Makassar.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES