July 12, 2017

Pertegas Dominasi Android dan iOS, Microsoft Resmi Stop Dukungan Windows Phone 8.1

Penulis: Iwan RS
Pertegas Dominasi Android dan iOS, Microsoft Resmi Stop Dukungan Windows Phone 8.1  

MOBITEKNO – Waktunya tiba juga. Microsoft akhirnya mengakhiri perjalanan sistem operasi (OS) mobile Windows Phone 8.1 (WP 8.1) setelah dirilis tiga tahun lalu (2014). Terhitung mulai 11 Juli 2017, Windows Phone generasi ketiga tersebtu tidak lagi didukung oleh Microsoft alias tidak mendapatkan update atau patch terbaru.

Suka atau tidak, 'siklus hidup' mobile OS ini memang sudah sewajarnya berakhir mengingat Microsoft sejauh ini belum mempunyai roadmap yang jelas berkaitan dengan platform Windows Phone.

WP 8.1 yang dirilis sebagai pengganti Windows Phone 7 dalam berbagai aspek teknis, diakui tidak kalah dibandingkan rivalnya yang lebih populer, seperti Apple iOS dan Googel Android. Device atau perangkat berbasis WP 8.1, seperti smartphone Nokia Lumia memiliki pengguna loyal tersendiri. Sayangnya, platform ini bisa dikatakan gagal secara finansial karena kuatnya dominai Android dan iOS.

Microsoft masih memiliki mobile OS lainnya, yaitu Windows 10 Mobile sebagai penerus WP 8.1. Meskipun masa depan Windows 10 Mobile pun dianggap masih belum cerah seperti halnya WP 8.1. Minimnya perangkat berbasis Windows 10 Mobile di pasaran masih menjadi kendala utama Microsoft agar ekosistemnya dapat sesehat iOS dan Android.

Sejauh ini, Microsoft masih menyatakan akan 'jalan terus' dengan platform mobile OS besutan mereka tersebut. Meski faktanya, berbagai divisi mobile-nya satu per satu kian menyusut. Microsoft diperkirakan masih akan mengembangkan perangkat mobile baru, misalnya smartphone Surface Phone yang mungkin akan diperkenalkan pada ajang konferensi developer tahunannya.

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS