April 12, 2017

Universal Robots: 10 Tahun Ke Depan Industri Otomotif Indonesia Bisa Salip Thailand

Penulis: Desmal Andi
Universal Robots: 10 Tahun Ke Depan Industri Otomotif Indonesia Bisa Salip Thailand  

MOBITEKNO – Industri otomotif di Indonesia ada di posisi strategis untuk terus berkembang dengan keberadaan teknologi robot kolaboratif (cobots). Hal ini diungkapkan Universal Robots yang terus mengembangkan robot-robot kolaboratif untuk berbagai industri di Indonesia. Sebaagai wilayah pusat produksi untuk wilayah Asia dan dunia, sektor otomotif di Asia Tenggara saat ini mengalami peningkatan CAGR sebesar 11 persen antara tahun 2010-2015. Oleh sebab itu, kawasan Asia Tenggara sudah siap untuk menyambut pertumbuhan yang tinggi seiring dengan pertumbuhan penjualan di pasar negara-negara besar.

Indonesia dan Thailand khususnya merupakan kawasan pusat manufaktur yang cocok untuk memproduksi produk-produk kendaraan yang bisa diekspor ke berbagai wilayah di Asia, maupun yang lebih luas. Indonesia merupakan negara terbesar kedua di wilayah ini yang memiliki kawasan manufaktur otomotif setelah Thailand, dengan pangsa pasar regional sebesar 34%. Merk-merk mobil dari Jepang seperti Nissan merupakan pemain dominan dalam industri otomotif. Didukung oleh pertumbuhan yang kuat dalam beberapa tahun terakhir, Indonesia berada dalam posisi strategis untuk bisa menyalip Thailand dalam 10 tahun mendatang. Dan seiring dengan keinginan pemerintah yang kuat untuk mengubah Indonesia menjadi pusat produksi otomotif secara global, otomatisasi menggunakan robot kolaboratif akan menjadi kunci keberhasilan industri ini.

“Universal Robots adalah perusahaan yang memimpin dalam tren ini; produk cobots kami secara efektif membantu pengotomatisasian proses, yang mampu menghasilkan standar keamanan yang lebih tinggi serta beban kerja yang lebih ringan bagi para pekerja,” kata Shermine Gotfredsen, General Manager, South East Asia dan Oceania

Cobots milik Universal Robot merupakan lengan robot kolaboratif khusus untuk kegiatan industri yang dapat mengotomatisasikan proses dan berbagai pekerjaan yang memiliki beban mencapai 10 kg, serta membutuhkan ketepatan dan kehandalan tinggi. Dengan radius jangkauan mencapai 1300mm, Cobots didesain untuk bekerja lebih efektif pada pekerjaan di area yang luas, serta menghemat waktu produksi ketika jarak menjadi faktor yang menentukan. Cobots milik Universal Robots sangat mudah untuk diprogram dan disiapkan. Produk ini didesain untuk mampu bekerja bersama dengan manusia, sebagai sebuah alat, yang dapat mempermudah dan mempercepat pekerjaan yang rumit, atau membutuhkan tenaga yang besar.

Tags: , , ,


COMMENTS