April 12, 2017

Ingin Tingkatkan Produktivitas Manufakturnya, Nissan Gunakan Produk Universal Robots

Penulis: Desmal Andi
Ingin Tingkatkan Produktivitas Manufakturnya, Nissan Gunakan Produk Universal Robots  

MOBITEKNO –  Teknologi robot memang memudahkan segela proses yang ada di industri manufaktur. Inilah yang membuat Nissan Motor Company telah sukses mengimplementasikan salah satu produk Universal Robots, yaitu UR10 robot arms, pada pabriknya di Yokohama, Jepang. Dengan demikian, dengan digunakannya robot tipe ini, Nissan telah bergabung dengan pabrik-pabrik otomotif lainnya yang sudah terlebih dahulu menggunakan produk Universal Robots, seperti BMW dan Volkswagen. BMW dan Volkswagen telah menggunakan collaborative robots (cobots) dari Universal Robots untuk mngotomatisasi proses manufaktur mereka.

“Kami sangat senang bisa bekerja bersama dengan Nissan mewujudkan langkah mereka menuju otomatisasi. Industri otomotif dunia memegang peran utama dalam mendorong tingkat penggunaan collaborative robots (cobots) untuk menciptakan hasil produksi yang lebih baik, dan hal ini penting bagi pelaku industri agar dapat tetap kompetitif,” ujar Shermine Gotfredsen, General Manager, South East Asia dan Oceania. “Universal Robots adalah perusahaan yang memimpin dalam tren ini; produk cobots kami secara efektif membantu pengotomatisasian proses, yang mampu menghasilkan standar keamanan yang lebih tinggi serta beban kerja yang lebih ringan bagi para pekerja. Hal ini dapat diaplikasikan tidak hanya pada industry otomotif, namun juga pada pabrik manufaktur elektronik dan elektrik, farmasi dan kimia, serta pangan dan pertanian,” tambah Shermine.

Cobots sendiri merupakan sebuah cabang dari robot perindustrian tradisional. Cobots memiliki bobot yang ringan dan bisa dipasang atau dipindahkan ke berbagai tempat, serta cukup fleksibel untuk dimodifikasi bagi jenis pengaplikasian yang berbeda-beda. Industri otomotif menggunakan cobots dalam berbagai jenis proses, meliputi: penanganan, perakitan, pengemasan, peletakan, pelabelan, pengecatan, kendali mutu, serta perawatan mesin.

Tags: , , ,


COMMENTS