January 12, 2017

Masuk ‘Kandang Singa’, Apple Store akan Segera Dibuka di Korea Selatan

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Masuk ‘Kandang Singa’, Apple Store akan Segera Dibuka di Korea Selatan  

MOBITEKNO – Apple iPhone boleh berjaya di negara asalnya Amerika Serikat, Eropa, Jepang, dan beberapa negara Asia lainnya. Namun, dominasi beriktnya di negara dengan pasar smartphone terbesar, Cina dan India, masih perlu pembuktian lebih lanjut mengingat sengitnya persaingan di kedua negara tersebut.

Di tengah melambatnya pertumbuhan penjualan iPhone di seluruh dunia, selain mengincar pasar Cina dan India, Apple pun mengincar satu negara lain yang dianggapnya penting bukan hanya dari potensi pasar tapi juga berkaitan dengan image ‘Apple’ sebagai brand smartphone kelas dunia.

Negara tersebut adalah Korea Selatan yang menjadi markas riival utama Apple di produk smartphone, yakni Samsung. Meski sudah memiliki 490 toko retailnya (Apple Store) di seluruh dunia, Apple memang belum membuka tokonya di Negara Ginseng tersebut.

Saat ini 450 Apple Store sudah tersebar setidaknya 20 negara di dunia, mulai dari AS, Inggris, Cina, Australia, Hong Kong, Swiss, Brazil, Turki, Belgia, hingga neagar tetangganya Meksiko.

Indikasi dibukanya Apple Store di kota Seoul ini disampaikan melalui pernyataan resminya ke Reuters, “Kami sekarang merekrut tim yang akan menawarkan layanan, edukasi, dan hiburan yang selama ini disukai konsumen dunia ke konsumen di Seoul.”

Baru hadirnya Apple Store di Korea Selatan di tahun 2017 ini bisa dipahami karena beberapa alasan. Salah satunya, Apple belum menganggap kehadiran toko retailnya bukanlah prioritas utama warga Korea masih lebih cinta produk dalam negerinya, dalam hal ini smartphone Samsung Galaxy atau LG.

Apple sejauh ini hanya mengandalkan penjualan produk-produknya melalui para reseller-nya di Korea Selatan. Namun, akhirnya pada tahun 2017 ini Apple memastikan akan membuka toko retailnya seluas 557 meter persegi di distrik Gangnam, Seoul.

Selain di Seoul, Apple juga akan disinyalir akan membuka toko retailnya (Apple Store) pada akhir tahun di Singapura, tepatnya di mal Knightsbridge, Orchard Road. Akankah menysul di Jakarta di tahun berikutnya? Kita tunggu saja.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS