January 12, 2017

Dengan Sensor Barometer Mini BMP380, Bosch Incar Industri Drone, Wearable, dan Kesehatan

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Dengan Sensor Barometer Mini BMP380, Bosch Incar Industri Drone, Wearable, dan Kesehatan  

MOBITEKNO – Pada CES 2017 yang baru lalu, Bosch meluncurkan sensor barometer (pengukur tekanan udara) yang diklaim sangat kecil. Disebut BMP380, sensor yang aru tersedia pada kuartal kedua 2017 ini akan ditargetkan untuk produk drone, handphone/smartphone, tablet, dan berbagai produk wearable lainnya.

Dengan kemampuan BMP380 dalam mengukur tekanan udara, produk-produk di dunia gaming, olah raga, dan media dapat mengetahui perubahan ketinggian secara akurat, baik pada di dalam ruangan (indoor) maupun di luar ruangan (outdoor).

""

Berdimensi hanya 2 x 2 x 0.75 mm, BMP380 yang telah diuji langsung di lapangan (real-life environment) ini menawarkan akurasi pengukuran +/-0.06 hPa (milibar) pada kisaran suhu dari 25°C hingga 40°C.

Cakupan pengukurannya mulai dari 300 hingga 1.250 hPA dengan akurasi absolut anatar 300 dan 1100 hPa adalah +/-0.5 hPa (pada 0°C – 65 °C).  Data tekanan dan suhu juga dapat disimpan dalam storage internalnya (512byte FIFO).  Menurut Bosch, konsumsi daya sensor BMP380 relatif renda (arus 2.0μA pada clock 1 Hz).

""

Menurut Bosch, informasi/data altitude berguna untuk menyempurnakan kestabilan drone saat terbang dan pendaratan. Hal ini penting artinya bagi pengguna pemula yang membutuhkan sistem kontrol (kendali) jarak jauh drone yang mudah dan aman.

Sensor Bosch BMP380 juga berguna diaplikasikan pada produk wearable fitness (smart band). Idenya adalah meningkatkan akurasi pengukuran pembakaran kalori saat pengguna berlari, berjalan atau mengayuh sepeda dengan mengoptimalkan pengukuran perubahan ketinggian. Seperti diketahui, GPS sejauh ini belum sempurna dalam mengukur perubahan ketinggian.

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS