November 11, 2017

Indonesia Kedatangan Mozilla Firefox Quantum and Firefox Rocket

Penulis: Rizki Romdoni
Indonesia Kedatangan Mozilla Firefox Quantum and Firefox Rocket  

MOBITEKNO – Laporan dari Internet World Stats menyebutkan bahwa penggunaan internet berkembang lebih cepat di Asia Tenggara dibandingkan wilayah lain di dunia. Untuk Indonesia sendiri merupakan negara ke-5 terbesar di dunia untuk jumlah pengguna internet.

Selain itu, Indonesia adalah negara mobile first yang hampir 70% populasinya mengakses internet menggunakan perangkat mobile, ketimbang 28% untuk penggunaan laptop dan desktop.

Hal tersebut membuat Indonesia menjadi pasar internet penting dunia. Baru-baru ini, pelopor dan penyokong Open Web, Mozilla, telah memperkenalkan Firefox Quantum, browser baru untuk desktop ataupun laptop yang menggunakan mesin web generasi berikutnya dari Mozilla, dan Firefox Rocket, browser Android yang cepat dan ringan, di mana secara khusus dipasarkan untuk Indonesia.

David Slater sebagai Chief of Staff dan SVP of Operations, Mozilla dalam sambutannya, mengatakan, “Misi kami ialah memastikan bahwa Internet adalah sumber daya umum global, terbuka, dan bisa di akses semua orang,” ujarnya di Jakarta, Kamis (7/11)

Dengan jumlah pengguna di dunia hingga 320 juta, peluncuran Firefox Quantum dan Firefox Rocket bertujuan untuk membangun alternatif untuk category killer, Microsoft Explorer. Disamping itu, menyediakan fitur yang memberikan keamanan, personalisasi dan kecepatan, serta membangun jalur untuk kompetisi dan inovasi.

“Indonesia merupakan pasar internet ke 5 terbesar d dunia. Disisi lain, Mozilla sendiri memiliki komunitas kuat di Jakarta, yakni MozSpace JKT,” lanjut pria yang sebelumnya pernah bekerja di Flixlab.

Sementara itu, Joe Cheng, Product Manager Android Browser, mengatakan, “Dengan browser cepat dan ringan, pengguna bisa menghemat data dan penyimpanan pada ponsel. Firefox Rocket khusus dibuat untuk Indonesia dan kami beirkan fitur turbo mode.

Ukuran aplikasi ini 2 terbilang kecil, hanya 2,39 MB, terkecil diantara browser utama Opera (42 MB), Opera Mini (6,65 MB), UC Browser (28,41 MB), UC Mini (2,58 MB), dan Chrome (44,55 MB).

Ada satu kekurangan untuk Firefox Rocket, yaitu tidak bisa menambah tab baru. Saat disinggung mengenai hal itu, Joe menyatakan bahwa untuk new tab sedang di-review, karena base from research Mozilla menemukan pengguna jarang menggunakan tab baru, melainkan hanya single tab.

Adapun fitur utama Firefox Rocket antara lain, Turbo Mode, Screenshot, Clear Cache, Storage Control, dan Block Images.

Firefox Rocket kini tersedia sekarang hanya di Indonesia, sementara Firefox Quantum akan dirilis pada 14 November mendatang.

Tags: , , ,


COMMENTS