August 11, 2017

Super Cab: Mengenal Dua Mini Pickup DFSK Penantang Gran Max dan Mega Carry

Penulis: Iwan RS
Super Cab: Mengenal Dua Mini Pickup DFSK Penantang Gran Max dan Mega Carry  

MOBITEKNO – Setelah sempat diperkenalkan di Jakarta Fair Kemayoran 2017, dua mobil pickup baru PT. Sokonindo Automobile (Sokon), DFSK Super Cab akhirnya dipamerkan juga di salah satu pameran otomotif terbesar di Asia Tenggara, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 di ICE, BSD City, Tangerang, Banten (10/8/2017).

Kedua pickup DFSK untuk pasar Indonesia tersebut adalah Super Cab bermesin bensin (gasoline) 1.500 cc (1.5L) dan Super Cab bermesi Turbo Diesel 1.300 cc (1.3L). DFSK Super Cab bermesin bensin akan dibanderol seharga Rp 119.990.000 sedangkan Super Cab bermesin Turbo Diesel 1.3L akan dibanderol seharga RP 167.000.000. Kedua pickup ini akan dirakit Sokonindo Automobile di pabrik Serang, Banten yang rencanaya akan memiliki kapasitas produksi hingga 50 ribu unit per tahun.

""

Sebagai mobil pickup 3-seat, Super Cab akan berhadapan dengan dua pemain utama pasar pickup di Indonesia, yaitu Daihatsu  dan Mitsubishi. Daihatsu dengan pickup Grand Max, sedangkan Mitsubishi dengan lini Mega Carry. Selain dua pickup asal Jepang tersebut, DFSK Super Cab juga akan berhadapan juga dengan produsen dari India, Tata Motors, dengan produk pickup-nya, Tata Super Ace.

Mesin Super Cab 1.5L (DK15 Dual VVT) dirancang untuk dapat mengahsilkan output torsi melimpah pada putaran bawah (torsi maksimum 140 Nm pada 4.000 rpm). Tenaga yang disemburkannya sendiri mencapai 73,9 dk (102 ps) pada 6.000 rpm.

Yang menarik adalah Super Cab varian mesin turbo Diesel 1.3L. Dengan mesin SFD Diesel engine yang diusungnya, Super Cab ini mampu menghadirkan daya hinggsa 54.5 dk (75 ps) pada 4.000 rpm dan torsi besar pada putaran bawah (190 Nm/1.750 rpm).

Menurut Dedra Aryudya Koesoemo, Sales Manager Sokonindo Automobile, mesin SFD Diesel engine merupakan lisensi dari mesin diesel FPT (Fiat Power Train) yang sudah mendapat penghargaan karena performanya yang sangat baik sekaligus hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. Sejauh ini, mesin diesel SFD dengan teknologi Fiat ini telah terjual lebih dari tujuh juta unit mulai dari periode 2012 hingga 2016.

Ada selain performa mesin yang andal, ada empat aspek 'Super' lainnya yang diandalkan Super Cab dibandingkan pickup kompetitor lainnya. Ketiganya adalah Super Appearrance, Super Space, Super Loading, dan Super Realibitly.

Salah satu aspek yang penting dalam sebuah pickup adalah Super Loading. Dengan desain sasis 9 horizointal dan 2 longitudinal beam membuat Super Cab  menjadi lebih stabil dan kuat saat membawa beban tinggi. Desain upper-mount leaf spring membuat graound clearance-nya juga lebih tinggi. Menurut spesifikasi, daya angkut maksimum Super Cab mencapai 1,399 kg.

""

""

Tags: , , , , , , , , ,


COMMENTS